Balas dendam "Tidur" ini resikonya

Padatnya aktifitas anda terkadang menguras waktu dan tenaga. atau sulit tidur pada malam hari memaksakan anda begadang hingga pagi. Sehingga intensitas tidur anda menjadi sangat lama karena benar-benar mengantuk dan sangat lelah. Dan biasanya dimana hari libur aktifitas membuat kita "balas dendam" untuk tidur seharian. dengan keyakinan anda bahwa lelah bisa mengembalikan energi dan fresh kembali saat setelah tidur. Untuk itu mari kita perhatikan "Balas dendam tidur" ternyata bisa mengakibatkan resiko kesehatan bagi diri kita sendiri. apa saja resikonya? Simak penjelasan dibawah ini :



1. Sakit Kepala
Duduk berlama-lama saja bisa membuat anda sakit kepala, apalagi tidur berlama-lama. nah itu sudah gejala awal merupakan resiko kesehatan. Jika anda terbangun dari tidur yang panjang pasti mengharuskan anda duduk dan tenang dulu untuk mengurangi sakit kepala/pusing tersebut. Para peneliti percaya jika kebiasaan tidur terlalu lama dapat mengganggu neurotransmitter di otak, termasuk serotonin. 

2. Melemahkan fungsi otak
Faktanya daya ingat anda menjadi berkurang, sering lupa misalnya. kemudian konsentrasi anda mulai menurun - ini terjadi karena sel-sel otak tidak diaktifkan, sehingga Anda sulit fokus pada suatu hal. dan pada studi tahun 2012 menemukan bahwa diantara wanita usia lanjut, tidur terlalu lama memperburuk fungsi otak pada jangka waktu 6 tahun.

3. Meningkatkan resiko Depresi (tekanan)
Orang yang depresi cenderung ingin tidur lebih lama dan lebih sering. Hal ini justru membuat depresi itu makin menjadi-jadi. Depresi yang tidak teratasi pada akhirnya bisa memicu masalah fisik. dilanjut hasil Partisipan studi yang tidur selama tujuh sampai sembilan jam semalam terbukti mengalami 27 persen gejala depresi, sedangkan mereka yang tidur lebih dari sembilan jam mengalami 49 persen.

4. Sakit punggung
Punggung terasa nyeri saat Anda kebanyakan tidur. Hal ini dikarenakan badan tidak banyak beraktivitas. atau saat tidur, posisi tidur tidak ada berubah. 

5. Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang berkait dengan tingkat gula darah. Gula darah ini bisa naik atau turun bukan hanya karena dari makanan. Pola tidur ternyata juga bisa mengganggu kestabilan gula darah. Penelitian menunjukkan, orang yang kebanyakan tidur berpotensi meningkatkan gula darah yang menjadi pemicu diabetes.

6. Suasana Hati memburuk
Kebanyakan tidur akan membuat emosi Anda terganggu. Anda jadi mudah tersinggung karena hal-hal sepele atau perasaan sering cemas dan khawatir pada sesuatu.

7. Obesitas
Saat Anda tidur terlalu lama, lapisan lemak menumpuk di tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh tidak banyak bergerak saat tidur, sehingga lemak tidak terbakar dan akhirnya makin menumpuk. Menurut sebuah studi, orang-orang yang tidur berlebihan memiliki resiko obesitas 21 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur secukupnya.

8. Sakit Jantung
Sebuah penelitian dari Nurses Health Study mengatakan 72.000 perempuan yang tidur sembilan hingga sebelas jam perhari memiliki 38% risikio terkena penyakit jantung. Kebanyakan tidur juga bisa berpotensi terserang stroke.

9.  Susah hamil
Tahun 2013 lalu, sebuah tim riset asal Korea menganalisis kebiasaan tidur pada 650 wanita yang mengikuti perawatan kesuburan. Hasilnya, jumlah kehamilan tertinggi ditemukan pada kelompok wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan jam per malam, dan terendah pada kelompok wanita yang tidur lebih dari sembilan jam. Waktu tidur memang mempunyai pengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

10. Kematian 
Dirangkum dari 16 studi berbeda pada tahun 2010, riset menunjukkan ada peningkatan resiko kematian lebih awal, dari keseluruhan kasus, pada mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyakl. Tidur lebih dari 8 jam per malam diasosiasikan dengan 1,3 kalo resiko kematian lebih banyak diantara 1.382.999 partisipan.

Demikian Artikel mengenai dibalik resiko balas dendam tidur. semoga bermanfaat dan membuat kita lebih memperhatikan kesehatan. karena sesungguhnya balas dendam juga tidak baik menurut hukum islam. 

7 komentar:

  1. Memang tidur lama-lama itu sangat beresiko tinggi bagi kesehatan tapi saya baru tahu balas dendam tidur ini bisa menyebabkan susah hamil dan kematian mba. Takut juga yaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas nya ngapain takut susah hamil :D wuakaka

      Hapus
  2. Memang tidak baik mbak tidur terlalu lama, kan tidur juga ada batasnya, dan dalam islam pun mengajarkan tidur itu tidak boleh lebih dari 8 jam karena akan susah untuk menjalankan ibadahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mas. jadwal tidur hrus diatur dan diimbangi dengan ibadah jg ya mas.

      Hapus
  3. waddduuhh.... menakutkan ya.. untung saja q kalau tidr dijadwal. kalau blm pas 8 jam. tidurnya ya nambah..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun serem, gak kebayang kan. tidur nambah brapa jam tuh bun?

      Hapus
    2. ya kalau sehari saya tidur 7jam, saya nambah 1jam mbk. pokoknya sehari 8jam mbk..hehe
      kecuali udah sibuk banget baru degh gak bisa nambah tidurnya..hahahaha

      Hapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design