Cara paling mudah jadikan Flashdisk menjadi bootable windows tanpa software

Sungguh paling menjengkelkan jika laptop/komputer terpaksa install ulang karena hal-hal yang menyebalkan, salah satunya virus. Dan belum tentu semua laptop/komputer memiliki dvd room, tentu ini menjadi faktor kekurangan sobat yang ingin melakukan instalasi sendiri. Lalu, apakah ada cara lain yang paling mudah untuk proses install windows tanpa bootable dvd room(internal/external)? Yup, jawabannya ada dan paling mudah. Menginstall windows dengan bantuan USB Flashdisk dan menjadikan bootable windows tanpa software apapun. Bagaimana caranya? Berikut langkah praktisnya yang telah saya coba dan berhasil tanpa langkah yang rumit. 

Yang terpenting kita harus menyediakan flashdisk (minimal 4 GB) sebagai medianya dan windows.iso sebagai installernya. disini saya menggunakan windows installer nya adalah windows 7 ultimate ver.64 bit  (baca cara download windows). Sebelum melakukan proses bootable sebaiknya flashdisk dalam keadaan kosong atau anda back up dahulu agar data tidak hilang

1. Colokkan flashdisk ke komputer hingga terdeteksi
2. Melalui cmd (command prompt) caranya : tekan windows+run dan ketik diskpart - Enter


3. Pada cmd diskpart ketikkan : list disk + Enter (untuk melihat daftar disk yang terdeteksi pada komputer)

4. Setelah muncul detail disk, ketikkan lagi : select disk 1 + Enter (jika usb sobat pada urutan 1, maka ketiklah select disk 1. cara mengenali flashdisk sobat bisa melihat size pada detailnya)

5. ketik lagi clean + Enter hingga muncul tulisan Diskpart succeeded in cleaning the disk. Dengan tujuan membersihkan seluruh isi file atau system yang tersimpan dalam flashdisk tersebut. Cara ini dapat menghilangkan data anda, maka sebaiknya jangan lupa untuk memback-up terlebih dahulu dalam flashdisk.

6. ketik lagi creat partition primary + Enter hingga muncul tulisan Diskpart succeeded in creating the specified partition

7. Setelah pembuatan partisi dalam usb berhasil, maka kita harus mengaktifkannya agar bisa bootable. ketik lagi active + Enter


8. Setelah dipastikan aktif, maka sekarang buat format flashdisk dengan ketikkan : format fs=fat32 label=rahayeureka + Enter (Untuk label bisa sesuka hati sobat membuat nama flashdisknya apa)

saat proses format partisi, harap sabar menunggu persentasenya berjalan ya.

Setelah 100% completed dan sukses kini sobat bisa menutup dialog box cmd diskpart dan melanjutkan pengisian windows installer ke usb flashdisk. Berikut langkahnya :

1. klik kanan pilih Extract here pada windows 7 64 bit.iso 


2. Copy dan paste folder windowsnya yang telah diekstrak kedalam flashdisk tadi. cara copasnya sama seperti saat sobat copas data dari komputer ke flashdisk. Tunggu selesai. dan kini lihat icon flashdisk berubah menjadi icon installer windows. 

Selamat sobat :) sekarang flashdisk anda telah bootable windows 7 dan siap digunakan untuk instalasi windows komputer/laptop. Mudah bukan? Tanpa bantuan software anda bisa menjadikan usb flashdisk menjadi bootable windows.  Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat ya :)

21 comments

Untuk windows xp apakah bisa menggunakan cara ini ?
mohon solusinya ... :)

belum membuktikan sndiri sih mas. tpi saya rasa support cara diatas. krena cara diatas hny mnjdikan flashdisk bootable aja, selnjutnya tinggal copas 'windows installer' ke media usb nya. :D

Wah berhubung saya kurang ahli nih ya sama masalah instal ulang jadi saya serahkan aja ke mba deh yang ahlinya.. Jangan minta bayaran tapi ya cukup bakso aja :-D wkwk

Kok tau sih klo saya sukanya bakso mas?

Kan saya tukang baksonya :-D wkwk

Saya yang tukang dorongnya.

Kalau untuk yang satu ini sih mbak waktu pertama kali mencoba di dampingin sama yang ahli dan ternyata alhamdulillah sekarang sudah bisa.

dan terjadi lagii....., kisah lama yang terulang kembali...., hehehehe......., savar bak... :)

Iya tutup mata aja klo bkin pusing mas..hehe

Kisah yg memilukan.
Makasih mas, ini jg cemungut

kang nurul jadi bakso nya aja gimana??

kebetulan saya itu orangnya sedikit gaptek mba jadi saya kudu sambil bolak-balik ke artikel ini kalo mau jadikan flashdisk buat dijadiin bootable window :)

terimakasih sekali mbak

Hahaha..
saya makan bakso aja yaa..

saya jg masih bolak balek kok mas ngeliat caranya, lupa perintahnya apaan.. mkanya arsip ini perlu..hehe

hehe, kirain kalo mba udah ga perlu bolak balik ke artikel ternyata masih bolak balik juga ya kayak saya :D

soalnya rada panjang juga sih tutornya hehe

Haha..
itulah penting jg ternyata mesti konsumsi suplemen SEA QUILL ya mas.. biar gak lupa tutor diatas..haha

wkwkwk, bisa aja nih, masalahnya emang bukan bidangnya sih mba jadi bolak balik kalo yang udah biasa dibidang ini kan udah ga perlu lagi tutor kayak gini hehe

Wah suaminya mbak rahayu g usah pusing dah masalah tekno hehe

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!