Kulit Kepala gatal, atasi dengan cara berikut


Jika anda mempunyai rambut sudah pasti pernah mengalami gatal di kulit kepala. Meski hanya menggaruk sekedarnya saja atau semakin digaruk semakin enak. Gatal di kulit kepala sangat mengganggu aktifitas dan sangat menjengkelkan. Yang sering menyebabkan gatal kulit kepala adalah ketombe, rambut dan alergi. Oleh karena itu jangan menyepelekan masalah ini, segera atasi dengan cara berikut : 

1. Garam 
Garam yang digunakan untuk memasak ternyata bisa membantu anda menghilangkan rasa gatal kulit kepala. Ambil garam secukupnya, kemudian gosokkan perlahan pada kulit kepala yang terasa gatal atau boleh menyeluruh juga. lalu bilas dengan air bersih setelah beberapa menit.

2. Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya sangat banyak khasiatnya. salah satunya memperbaiki rambut. tak ada salahnya jika anda mencoba mengatasi kulit kepala dengan tanaman ini. dengan mengambil lendir pada daun lidah buaya dan ratakan pada kulit kepala. diamkan hingga kulit kepala anda terasa dingin dan adem. 

3. Baking soda
tak disangka bahwa banyak bahan-bahan disekitar lingkungan kita yang bermanfaat untuk diri kita. salah satunya baking soda untuk mengatasi gatal kulit kepala. pasalnya, baking soda mengandung anti inflamasi (anti peradangan) yang dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab gatal kulit kepala. caranya yaitu oleskan baking soda pada kulit kepala, diamkan kurang lebih 15 menit. bersihkan kulit kepala]

4. Madu dan Pisang
Perpaduan dua bahan ini biasanya digunakan sebagai masker. namun bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. lumatkan 1 buah pisang dan diadon dengan campuran madu secukupnya. lalu pijat kulit kepala dengan bahan tersebut selama 20 menit, cuci bersih kepala anda.

5. Jeruk nipis 
Pada saat kepala anda terasa gatal jangan digaruk, dikhawatirkan kulit kepala menjadi luka dan iritasi. untuk itu cepat atasi dengan jeruk nipis. cobalah untuk membelah jeruk nipis, peras airnya. oleskan secara rata perasan jeruk nipis pada kulit kepala. rasanya yang asam memang membuat perih kulit kepala. tahan dan diamkan selama 15 menit. bilas kepala hingga bersih. 

6. Minyak 
Banyak jenis minyak sangat bagus untuk rambut, salah satunya minyak zaitun - minyak kelapa - minyak almond - atau minyak pohon teh. mana yang menurut anda suka dan mudah dicari, cobalah untuk mengurangi rasa gatal kulit kepala anda dengan minyak tersebut. boleh juga dicampur dengan minyak sayur atau shampoo. atur secara rutin untuk keramas dengan bahan tersebut. 

7. Air dingin 
Hindari untuk mencuci rambut/kepala dengan air hangat atau air panas, makanya sering ada larangan jangan mandi keramas pada siang hari. karena air hangat dapat memicu iritasi pada kulit kepala dan perkembangbiakkan jamur atau bakteri. kulit kepala menjadi kering dan bisa terkelupas. 

Jika hal diatas belum mampu mengurangi rasa gatal kulit kepala, cobalah untuk datang ke dokter trichologist (spesialis rambut dan kulit). dan berhati-hatilah dalam penggunaan produk shampoo atau kondisioner. 

18 comments

Baru tahu kalau madu dan pisang bisa mngobati gatal2 pada kulit kepala, apa tidak takut lengket rambutnya, non? hehe..

lengket pasti mas,tapi kan bisa dibersihkan dengan cara keramas.
hehe

Wah ternyata ada banyak ya solusinya..
kadang kalau lupa kramas gatalnya minta ampun..

wah saya sampai sekarang masih suka mandi pakai air hangat, maklum di kota malang bagian selatan lumayan dingin. jadi itu yang bikin kepala saya terasa gatal selama ini

Tips mengatasi kulit kepalanya komplit banget, kalau saya seringnya pakai lidah buaya, kalau ndak ya pakai jeruk nipis, selaian kepala ndak gatal kulit kepala juga terasa sejuk.

Shinta pernah menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan rasa gatal kulit kepala Mbak

Wah... gitu ya...
Patut untuk dicoba salah satunya... :D
Terima kasih sudah berbagi...
Salam,

Sepertinya cara ini okeh juga nih.

Kalau memakai lidah buaya kayanya enggak deh mba karena dulu pernah saya pakai memang sih hasilnya efektif tapi lidah buaya membuat rambut saya kehilangan kelembutannya mba jadikan kapok untuk memakainya lagi :)

Ohh jadi itu ya mba jangan keramas pakai air hangat itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Mungkin ini kesalahan saya karena sering mandi dan keramas malam hari sewaktu pulang main futsal

Takut lengket dan lupa keramas lalu kebawa tidur, takutnya kepala saya di kerumunin semut :D

Baru baca judulnya saja, aku sudah merasa tertimpuk, Hayy.
"Kok pas banget sama momennya, ya, tulisan si Hayy ini," batinku.
Soalnya dari kemarin kulit kepala sudah gatal. Tadi malam beli sampo. Ee... td pagi lupa makai, karena terburu2 berangkat ke 'sawah'. :))

Xixixik, pas banget, beberapa hari ini aku ketombean

hahaha... itu yang saya kuatirkan kang, saya kan orangnya pelupa, hehe...

Iya mbak rosi, asal tidak lupa aja belum keramas terus tidur seperti yang kang fendi bilang... hehe..

hahaha. iya kang maman, mesti keramas dlu setelah luluran pisan dan madu pada rambut. bner kata mbak Rosi :)


keramasnya kudu berkali-kali jg kang. biar semut dan serangga tidak berdatangan ke rambut. bisa tambah gatel ntr, xixi :D

Tak nyoba salah satu dari ke 7 cara yg telah disebutkan diatas, dan bahan paling mudah didapat ditempatku lidah buaya.

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!