Manfaat Daun Kemangi


Daun Kemangi dikenal bahasa latinnya "Ocimum basilicum" 
Daun kemangi khas baunya, agak menyengat kuat dan sering dimakan sebagai lalapan bersama timun, selada, sambal, irisan kol dan ayam/ikan goreng. Daun kemangi juga sebagai obat tradisional yang khasiatnya cukup bagus. Dibelakang rumah saya, dedaunan herbal ini banyak tumbuh dan langsung petik jika ingin dilahap saat Ibu masak terasi. Justru saya heran mengapa daun ini enak dimakan dan popular dilingkungan tempat saya tinggal. Tak jarang jika tetangga pesta, syukuran atau acara lainnya selalu menyajikan makanan lalapan, tentunya daun yang satu ini tak ketinggalan. Nah karena itu, saya mencoba untuk mengupas manfaat daun kemangi dan rahasia dibalik baunya yang sungguh fenomena ini. 

Daun kemangi ini mudah tumbuh dimana saja, malahan saya kira daun ini merupakan tumbuhan liar seperti rerumputan yang menyemak lingkungan rumah. hehe. Jujur saja, diantara semua lalapan saya lebih menyukai daun selada atau pun jengki. Jadi bagi anda yang berniat main kerumah saya, besok saya oleh-olehkan daun kemangi dibelakang rumah saya ya - sekarung :D

 Ketinggian tumbuhan ini tidak terlalu tinggi, tidak  juga pendek kali. kurang lebih sekitar 100 cm. daunnya kecil imut-imut, memiliki bunga yang tersusun diujung cabang. Banyak tumbuh di Negara Asia dan Amerika. Kalo di Indonesia, saya rasa dimana ada perkebunan-sawah-ladang pasti kalian menjumpai tanaman ini, haha



Kandungan Daun kemangi 

Dikutip dari berbagai sumber, daun ini memiliki banyak kandungan. yaitu :
1. Beta karoten
2. Fosfor Magnesium
3. Karbohidrat
4. Lemak
5. Besi
6. Protein
7. Kalsium
8. Boron
9. Anetol
10. Plavonoid
11. Arginin 
12. Vit A-B-C

Manfaat Daun Kemangi

1. Magnesium melancarakan peredaran darah - membuat pembuluh darah dan jantung menjadi relaks. 
2. Mencegah adanya kemandulan, zat arginin meningkatkan kualitas hidup sperma semakin kuat
3. Daun kemangi membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang karena adanya fosfor dan protein
4. Senyawa anetol dan boron menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita
5. Mencegah bau badan, bau mulut, memperlancar ASI, dan mengatasi perut kembung- masuk angin
6. Senyawa Beta Karoten mampu menjaga stamina, kekebalan tubuh, fungsi penglihatan dan memperbaiki sel-sel yang rusak 
7. Kemangi sebagai antioksidan. Antioksidan berupa plavonoidnya mampu menekan pertumbuhan virus dalam tubuh
8. Mengobati panu, luka kulit dengan cara menggosokkan daun kemangi yang dihaluskan pada area panu/terkena luka
9. Vit. A nya melindungi kanker paru-paru dan kanker rongga mulut
10. Kandungan zat besinya menjadi komponen dari hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah 
11. Manfaat lainnya, daun kemangi dijadikan ramuan herbal mengatasi kulit kepala, rambut rontok dan beruban, jerawat, mengurangi komedo atau infeksi kulit lainnya

Karena sudah tau kandungan positif dan manfaatnya, maka selayaknya tanaman kemangi ini dibudidayakan dengan baik. karena pada hakikatnya, semua yang hidup di bumi ini juga tak ada yang sia-sia diciptakan-Nya. 
Yuk dicoba lalap daun kemangi, manatau bisa awet muda dan penuh aroma wangi pada tubuh anda. 

28 comments

Ini mantapnya dibuat lalapan ya mbak :D

iya mas..enaknya ngelalap pas makan pecel lele, ayam penyet :D

Daun kemangi punya prospek yang bagus kalau dijadikan bisnis/diperdagangkan,,, biasanya daun tersebut suka jadi pelngekapan dilab-laban,, kalau urang sunda menyebutnya sebagai dau surawung

Beh itumah lalapan kesukaan saya mbak enak di cocol kana sambel mbak ...

Ternyata banyak juga ya mbak manfaat dari daun kemangi ini, saya sampai gak sadar bahwa manfaat dari daun kemangi ini sangat banyak padahal hampir setiap hari saya sering bertemu dengan daun ini.

Kayanya enak juga nih di buat lalap sama sambal :D tapi sayangnya daun kemangi ini jarang banget di daerah saya. kalau daun singkong sih masih banyak .hhe

Hmm banyak sekali ya mbak manfaat dari daun kemangi ini, jadi tambah suka saya tapi sebanrnya saya tidak suka sih kalau memakannya, ahi hi hi.

Dulu, pertama kali lihat teman makan dengan lalapan daun kemangi, berasa aneh. Risih. Sekalinya mencoba, ternyata enak... apalagi kalau ada sambelnya. Maknyuss.. :)

sptnya mas ahmad ini jiwa pengusaha yaa..hehe
wah saya bru dnger dan tau nama bahasa sundanya daun kemangi itu ya, daun surawung :D hehe

saya lbh suka daun selada sm timun aja deh mas, hehe

saya ad bibitnya diblakang rumah mas, ntr dikirim ya ke alamat :D
wwkw

kirain jd tambah suka krena emng suka daun kemangi kang :P

saya nyoba sekali rasanya getir gimana gtu om, ehehe. lebih suka daun selada sih sbg lalapan. orgtua yg sering ngelalap daun kemangi..ehhe

Hampir di semua daerah di Indonesia banyak tumbuh tanaman kemangi. saya hampir tiap hari mengkonsumsi lalapan yang satu ini. selain banyak manfaafnya untuk kesehatan, daun kemangi juga mudah di dapat termasuk di perkotaan

dan harganya jg murah meriah.. berbeda dgn selada ya mas, mahall :D

Orang Sunda paling seneng nih makan kemangi. Pengecualian saya. Hihi. Ngga doyan makan lalapan.

Wah bagus untuk kesuburan juga ternyata, saya suka nih lalap ini. Kadang biar wangi aja gitu,hehe

Jangan lupa mba SEKARUNG :D hha

maklum ya bun, soalnya daun kemangi agak getir ya kan..hehe

gak perlu beli parfum ya mbak deb jdnya :D

Hanya tahu sebagai teman makan pecel lele saya mah, non...
Makjleb aromanya...

aromanya nyegerr gtu ya kang ke hidung. tpi getirrnya aduhai klo di lidah :D

wah ternyata banyak faidahnya mantap mbak... gak salah makan kemangi hehe Taqoballahu Minnaa Waminkum, Shiyamanaa Washiyamakum, Kullu ‘Amin Wa Antum Bikhoirin, Waja’alanallahu Waiyyakum Minal Aidzin al Faizin… Amin….

Manfaatnya banyak banget ternyata. Aku sukanya buat lalapan aja. :D

iya mas, biar awet muda jg bisa kali yaa.
suka makan lalapan kemangi mas angki? wah bagus bagus..
Minal aidzin wal faidzin mas.. kembali fitri ya :))

memang sedapnya dibuat lalapan ya bun, wah favorit bunda jg yaa :))

wah banyak banget manfaat daun kemangi ya? sampai 11 manfaat gitu. Biasanya orang-orang pada gak suka kalau dibuat lalapan, katanya sih pait mbak

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!