Panduan Lengkap menggunakan Twitter

Sosial media biasanya merupakan tempat tongkrongan online bagi para remaja bahkan orang dewasa. Sosial media juga banyak jenisnya dan hampir semua orang menyukainya saat terhubung internet. survey saya membuktikan bahwa dari 10 orang saat online 8 diantaranya membuka tab facebook, dan 2 diantaranya membuka tab twitter. bagaimana dengan kalian? apakah tertarik menggunakan sosial media? menjalin bisnis dengan pengguna lain? atau sekedar berinteraksi biar dianggap kekinian? Lalu bagaimana dengan sosmed "Twitter" apakah anda salah satu penggunanya? atau anda pemula ingin menggunakannya? hmm..bingung cara menggunakannya? Mari simak "Panduan Lengkap menggunakan Twitter" agar anda mengenalnya :) 

Daftar Twitter 
1. Masuk ke situs Twitter , klick "Daftar"

2. Lengkapi formulir pendaftaran, dan pastikan menggunakan email yang valid dan aktif untuk aktifasi link twitter anda atau jika anda lupa sandi anda bisa mereset ulang melalui email anda


3. Tambahkan nomor ponsel anda untuk verifikasi akun dan masukkan kode yang dikirimkan twitter. 

4. Ikuti saran 6 langkah dari Twitter dan lanjutkan Mulai. Namun, jika langkah tertentu anda ingin mengabaikannya, maka klik "Lewati langkah ini" 

5. Selesai. Anda akan menemukan "Selamat datang di Twitter"



Buat Tweet/Post Status 
1. klik kolom tweet pada ujung atas laman twitter, dan buatlah kalimat status yang ingin anda post. jika melewati dari 140 karakter, maka tweet tidak dapat dimunculkan. layaknya unggah photo di facebook, anda juga bisa langsung upload photo/video dalam kolom tweet.


2. sekarang chek timeline beranda anda. tweet anda sudah dapat dilihat. dan post tweet anda sudah terhitung 1 angka. 

Melengkapi Profil 
1. klik "Edit Profil" pada laman pojok kanan atas dibawah header. 
*Jika anda ingin memperbaharui header/sampul anda 
*Jika anda ingin mengganti avatar/photoprofil anda
*Jika anda ingin menambahkan biografi dan tentang diri anda 


Chatting/Direct Message  
Seperti halnya di facebook, Twitter juga menyediakan chatting untuk bertukar obrolan dengan pengguna lain. Anda bisa langsung melampirkan photo/video atau emoticon perasaan anda. klik kotak pesan dan cari teman yang ingin anda ajak mengobrol.


Follow/Tambah teman
Jika pertemanan kamu masih sedikit atau ingin mencari teman lain. temukan kolom pencaharian pada sudut atas bertanda kaca pembesar, ketikkan nama pengguna yang ingin kamu temui. misalnya "Radityadika" - lalu klik dan follow/ikuti akunnya jika ingin menambah. Unfollow jika tidak ingin mengikuti.


Lihat Notifikasi/Pemberitahuan
siapa sih yang menyukai status/tweet kita? siapa sih yang koment/reply tweet kita? siapa sih yang memfavoritkan tweet kita? siapa aja sih yang RT/mengutip ulang tweet kita? siapa ajasih yang followback/mengikuti kita? di menu notifikasi/pemberitahuan lah yang menginformasikan semuanya. Anda bisa melihatnya berdasarkan waktu juga. 


Retweet/mengutip ulang status post
Banyaknya pengguna akun yang membagikan tweet bijak, romantis dan lucu tentu membuat kamu ingin mengutip ulang tweet tersebut. caranya begitu mudah yaitu klik menu retweet pada tweet orang lain yang kamu sukai. sehingga RT tersebut akan muncul di akun anda. 

namun ada juga sebagian orang yang membuat RT secara manual. yaitu mengcopy tweet dan meletakkan pada kolom tweet, mention/menyebutkan akun yang membagikan tweet bijak. contohnya:

Membalas tweet/saling berkomentar
Berteman di twitter dengan pengguna lain jika tidak saling menyapa mungkin rasanya kurang afdhol. misalnya saja kita ngefans atau ingin mengenal sih doi. atau ada orang yang mereply tweet kita dan kita ingin melanjutkan percakapan tersebut. Ketikkan kalimat yang ingin anda komen dan tekan "Reply" serta "mention" pengguna tweet tersebut

atau bisa juga saling berkomentar dengan mengulang tweet/RT dengan tujuan tetap pada pokok pembahasan. 
Pembuat tweet : "Owalah jadi gitu toh cara bikin gif"
Pembalas tweet : "Piyeh carane mas pras??"

Mention akun lain dalam tweet
saat kita ingin mengucapkan terimakasih pada seseorang misalnya, dan dia adalah pengguna twitter juga. kita ingin menandai atau menyebutkan dirinya pada tweet kita. tekan tanda "@" pada kolom tweet. maka akan muncul ejaan berbagai akun yang saling berteman dengan akun kita. kemudian pilih akun tersebut dan secara langsung dia mendapati notifikasi dari kita.



Begitulah kira-kira Panduan Lengkap menggunakan Twitter versi saya. :D Mohon maaf atas segala kalimat yang kurang enak dibaca atau sulit difahami. dan jika ingin menambahkan cara lain, silakan coret coret dibawah ya. :)
6 Komentar untuk "Panduan Lengkap menggunakan Twitter"

Saya sebagai pengguna baru twitter jadi say sangat butuh sekali panduan seperti ini :)

jujur sampai sekarang gak begitu paham twitter, thanks ya Rahay bisa ubek2 disini diblog catatan9empat.com
difahami? atau dipahami?hehe

coba entar Saya cari dulu catatan 94 di twitter,, mau tak follow lah :D

sip mas fendi, sering" ngetwit tweet saya ntr yaa :D jaahaha

Makasih mbak udh ngubek-ngubek smpe ksini.
saya lebih suka di pahami mbak, ketimbang dicuekin :((
nyessss

langsung chek twitter ah klo gtu, apa beneran di follow :D wkwk

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top