Pusing tiba-tiba saat berdiri setelah duduk, pernah mengalaminya?



Tiba-tiba terasa pusing saat berdiri setelah duduk - diikuti badan sempoyongan, mata kunang-kunang dan rasa ingin jatuh. pernah mengalaminya? jika sering ini terjadi pada diri anda segera kenali penyebabnya dan pengobatannya. Berikut diantara penyebabnya :

1. Tekanan darah rendah (Hipotensi)

Tekanan darah yang rendah biasanya ditandai dengan tubuh merasa lesu dan lemah. akibat adanya pasokan oksigen penting ke otak terhambat karena berbagai hal, seperti : kurang tidur, kurang minum air putih serta menstruasi  yang tidak normal. apabila hal ini sering terjadi dan anda mengabaikan begitu saja, maka kemungkinan darah akan mencapai titik terendah yaitu 90/60 mmHg. Menurut salah seorang spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah mengatakan " Pusing setelah duduk lama terjadi karena ketika duduk dan tiba-tiba berdiri, banyak darah yang turun ke kaki. Sehingga pada saat ingin berdiri kepala jadi pusing”
Cara mengatasinya yaitu dengan menjaga pola makanan, minum air putih 8-10 gelas perhari, berolahraga pagi selama 30 menit secara rutin dan konsumsi obat/vitamin yang dapat meningkatkan darah.

2. Kurang darah (Anemia)

Gejala lainnya yaitu adalah berkurangnya jumlah hemoglobin atau sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh.
Penderita Anemia sering ditandai dengan berbagai macam keluhan seperti mudah lelah, sering merasa mual, dada terasa sesak, denyut jantung kurang teratur serta pusing kepala.
Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung zat besi, folat, vitamin seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta daging dan susu.

3. Penyakit gula (Diabetes)

Penyakit diabetes yang tidak diobati atau tidak terkontrol dengan baik bisa menyebabkan dehidrasi akibat sering buang air kecil. Selain itu, diabetes juga bisa merusak saraf yang berfungsi mengirim sinyal dan membantu pengaturan tekanan darah. Untuk itu, cobalah periksa kadar gula Anda, apakah masih dalam keadaan stabil atau mengalami peningkatan. Selain menyebabkan rasa pusing saat berdiri setelah duduk, diabetes yang tidak terkontrol sangat berisiko menimbulkan komplikasi berbagai penyakit.
Bagi anda penderita penyakit ini sebaiknya mengobati dan menguranginya dengan minum ekstrak buah mengkudu, minum rebusan kunyit, atau rebusan tanaman mahkota dewa. Konsumsi secara rutin pagi, siang dan malam.

4. Kurang minum (Dehidrasi)

Kondisi tubuh yang demam, muntah, tidak mengonsumsi cairan yang cukup, diare dan olahraga berat bisa menyebabkan dehidrasi. Bila seseorang mengalami dehidrasi, maka tubuh akan kehilangan banyak air dan juga natrium dibandingkan yang masuk sehingga menyebabkan kelemahan, pusing dan kelelahan. Gangguan kesehatan lainnya juga mengakibatkan tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguna pencernaan, kulit menjadi kusam dan kering. Maka perbanyaklah minum air putih 8-10 gelas perhari.

5. Aliran darah tidak lancar

 Salah satu gejala yang mudah Anda rasakan adalah kesemutan. Biasanya terjadi saat Anda duduk atau tidur dalam waktu agak lama tanpa berubah posisi. Hal ini disebabkan aliran darah dalam tubuh tidak mengalir dengan lancar. Bila tetap dipaksakan untuk berdiri saat kondisi belum kembali normal, Anda akan merasakan pusing kepala dan bahkan sangat mungkin bisa membuat Anda jatuh. Cobalah dengan minuman kesehatan yang mengandung tanaman sirsak, manggis atau bisa juga tanaman mahkota dewa.

Demikianlah Artikel ini, semoga bermanfaat untuk diketahui. jika anda pernah mengalami gejala demikian maka segera atasi dengan pengobatan yang mudah atau bisa konsultasikan ke dokter langsung. Terimakasih telah membaca artikel ini.   

10 komentar:

  1. Kalau masalah pusing ketika hendak berdiri mah bukan pernah mba tapi sering. setiap saya duduk atau sekedar tiduran lalu berdiri mendadak suka pusing serta kepala terasa berat. pas di cek ke Dokter ternyata darah saya rendah :( maka dari itu saya mencoba menyetabilkannya dengan makanan bergizi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya juga. ini memang rentan kpd org yg darah rendah, mas:(

      Hapus
    2. Ohm jadi yang buat artikel nya juga darah nya rendah ya ? Kirain sehat-sehat aja mba :)

      Hapus
  2. Pernah liat video edukasi yang membahas soal setelah jongkok lama tiba-tiba berdiri bikin kepala pusing, katanya karena darah kurang lancar.Kalau nggak salah sih gitu jawabanya. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas. saat kita jongkok aliran darah mampet. :D jd berdiri sdkit sempoyongan. darah kurang lancar sbaiknya byk rajin konsumsi air putih kan, mas :)

      Hapus
  3. Gue pernah ngalamin nich Yu...
    Eh.. pas dicek kurang darah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang rentan gitu, bhro.. klo udh kurang darah byk makan sayur gih :) hehe

      Hapus
  4. Dulu waktu badan saya kurang sehat saya sering mbak ngalamin gejala gejala seperti yang mbak sebutin, tapi alhamdulillah saya sekarang sudah tidak lagi karena saya suka menjalankan pola hidup sehat dan lama kelamaan makin berkurang dan hilang deh.

    BalasHapus
  5. Aku sering banget nih, ternyata kena anemia

    BalasHapus
  6. saya kurang darah... kalau nunduk tiba2 kepala terasa sakit itu apa ya mbk?

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design