Biar Hemat, lakukan hal berikut jika pergi ke Warnet

Banyak uang tidak menjadi masalah jika sobat ingin berlama-lama bermain dan browsing di komputer Warnet. tapi apakah hal tersebut menguntungkan diri sobat? setiap uang habis selalu minta jajan dan alasan lain ke Orangtua. modusnya "Pak/Bu, minta uang mau cari tugas di Internet" dosanya dapat, ruginya dapat juga - kalo ngabisin waktu hanya sekedar main game. Terlalu sering main game bisa kecanduan loh. apalagi bagi anak-anak dibawah usia. Tentu ini mengganggu fokus belajar dan pendidikannya. Jadi buat sobat yang berniat ke Warnet perhatikan hal berikut jika ingin hemat. :)
sumber : peluangusaha.kontan.co.id


1. Buat notelist yang ingin dikerjakan di komputer warnet 
Pastikan tujuan sobat ke warnet itu apaan. jika benar adanya mencari tugas sekolah, atau tugas kuliah misalnya. catatlah apa yang ingin dicari dan dikerjakan. jangan sampai lupa tiba di warnet mau ngerjakan apa. 

2. Menentukan tarif paket jangan personal 
Jika sobat adalah type lupa waktu sebaiknya meminta kepada Operator warnet membuat tarif paket (paket 1 jam, 2 jam) jangan tarif personal. karena tanpa sadar dan keasyikan cari tugas sobat bisa saja lupa mengendalikan waktu bermain. bahkan pada umumnya, tarif paket jauh lebih hemat dibandingkan tarif personal di setiap komputer warnet. 

3. Jangan menggunakan sosial media. stop dan fokus!
Wah ini point yang harus dihindari. tangan itu rasanya gatel kalo gak buka sosial media, contohnya facebook. jangan sekalipun mengetik "Facebook" di google, bisa bisa sobat hilang kendali. lagi baca artikel tugas biologi, eh tab disamping nongol pesan dari tetangga sebelah - bales ah, ih asyik rupanya chatting, ah bentar lagi ngerjakan tugasnya, makin asyik balesin koment status, hmm nyontek teman ajalah tugasnya. Ini patut diwaspadai sob, jika kamu adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. fokuslah pada tugas sekolah dan stop menggunakan sosial media sementara.

4. Usahakan membaca singkat, cepat dan tepat
Tentukan keyword tugas di google yang pas dan tepat biar hasil penelurusan cepat dan sesuai. bukalah sumber yang direkomendasikan google, baca isi artikel dari point penting dan sub pokok. jangan membuka tab browser terlalu banyak nanti sobat bisa pusing dan kebingungan sendiri. jika sudah klik yang pas dan ingin dicetak pastikan berapa halaman dan irit halaman kertas sehingga sobat bisa menghemat pengeluaran di warnet. 

5. Jangan jajan dan ngemeal saat duduk di warnet
Membeli jajan justru menambah uang, uang dan uang. jika lapar dan haus sediakan bekal dari rumah aja sob. jika dirasa perlu, makan dahulu sebelum pergi ke warnet. sehingga sobat bisa menghemat biaya saat berada di warnet, bukan? selain itu, jajan sembarangan diluar juga tidak bagus bagi kesehatan. 

6. Bermain paket happy hour (begadang) 
Sebagian warnet masih ada loh yang menggunakan dan menyediakan paket happy hour (begadang). warnet yang full time, operasinya 24 jam mungkin bisa membantu mu untuk menghemat pengeluaran bermain internet. Paket begadang biasanya dimulai pada pukul 00.00 hingga 06.00 pagi. jadi selama 6 jam kamu puas berinternetan atau mendownload movie dengan harga yang relatif, biasanya paket begadang hanya Rp.10.000, pengguna paket ini rentan kaum laki-laki karena mereka sanggup menahan rasa ngantuk.

Demikian artikel mengenai Tips dan Trik untuk menghemat pengeluaran saat bermain di warnet. semoga artikel ini dapat mengingatkan sobat dan pembaca lainnya agar menggunakan internet dapat hemat dan seperlunya saja :) jika ada tambahan tips dan point, silakan berkomentar dibawah. Terimakasih :)

19 komentar:

  1. Sip tips2x mb. Ini tips ala anak kost kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya jg baru menyadari nih mas,, lebih intens ke anak kost ya biar bisa hemat :D

      Hapus
  2. Sip tips2x mb. Ini tips ala anak kost kali ya?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah mbak saya tidak suka pergi ke warnet, lebih suka pergi ke masjid mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah, religius sekali mas lukman ini. sesuai dengan namanya, salam kenal mas lukman :)

      Hapus
  4. Hmm kalau saya main kewarnet sih mbak biasanya sudah punya tujuan yaitu mengerjakan tugas dan sudah dijadwal tapi pas sudah ada di warnet bawaannya pengen ke medsos gituh jadi susah deh ngatur jadwal itu mending nanti diwarnet, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. medsos itu memang rentan sih, hehe.
      asal jgn smpe kelupaan aja niat utama ngerjakan tugasnya kang,hihi

      Hapus
  5. terimakasih telah mengingatkan hingga delapan poin agar saat ke warnet bisa berhemat, kadang jika butuh koneksi cepat suka juga ke warnet

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh pakdhe, cuma 5 point diatas. hehe
      mkasih knjungannya pakde :)

      Hapus
    2. Pak Dhenya pake sistem cepat baca tuh.... ha,, ha, ha,

      Hapus
    3. wuahaha.. iya mas, terlampau cepet. ngejer keberangkatan kereta mgkn..xixi :D

      Hapus
  6. duh jadi ngingetin jaman masih labil, ke warnet ngabisin 10 jam cuma buat main game :')

    BalasHapus
  7. Kalau udah di warnet suka ngga sadar waktu yak. Tiba tiba beberapa jam sudah berlalu. Haha. Kerasa. Dulu waktu kuliah sering nih ngewarnet, dulu masih zaman chatting pake mirc apa yak...lupa. Jadi inget, pasti andalan chat, asl (age, sex, location) please...xixi. Sekarang ke warnet juga kadang-kadang, kalau perlu ngeprint, maklum print-an lagi rusak berat. Mau beli, sayang duit karena ngga tiap hari ngeprint rasanya. Tapi memang kalau ngga pengen boros tips-tips di atas berguna banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman ya bunda, hehe
      syng bgt printernya rusak bun, jarang dipke berarti ya bun.

      Hapus
  8. Tambah satu lagi mba, itu pun kalau masih banyak yang buka, ambil paket malam biasanya murah banget.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya bener mas, msh ada sih - warnet yg buka 24jam ada paket begadang :D
      Thanks mas, akan saya perbaharui ^.^

      Hapus
  9. artikel nya keren mba sangat membantu , apalagi yg nomor satu tuh mba good bngt. saya suka lupa kalau udh di wrnet . gak kepikiran sblm nya knpa saya ga catat aja dulu ya di rumah biar hemat waktu juga ngga mikirin yg lupa :) terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ini pngalaman jg sih, biar saya kudu inget. hehe
      Makasih mas jika membntu, semoga gk lupa catat lg ya, Terimakasih jg atas knjungannya mas effendi.

      Hapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design