Bolehkah ngechas Smartphone dengan charger lain?


Semakin banyaknya keluaran smartphone sekarang dengan port data dan charging yang umum membuat para pengguna satu dengan yang lain bisa saling meminjam dan menghubungkannya. beda dengan dulu yang bentuk pin, port dan ukurannya bervariasi. misalnya kehilangan charger bawaan membuat kita mengakali smartphone dichas dengan charger smartphone lain, kita pinjam charger punya teman. kelupaan bawa charger pada saat kerja membuat kita juga terpaksa mengechas smartphone dengan komputer atau laptop. atau charger asli rusak dan mahal untuk membeli yang baru kita menggunakan charger kodok untuk mengechasnya. dan banyak faktor lain yang mengakibatkan kita mengecharge smartphone dengan charger lain. Bolehkah hal demikian sob? apakah ada bahayanya? 

Boleh boleh saja. asalkann...

Perhatikan daya dan kemampuan smartphone kamu sob. jika kemampuan arus smartphone sobat hanya 1 Ampere (1000 mA) dipake dengan charger yang dibawah itu tentu lama pengisiannya (tidak seimbang) dan membuat batrei agak panas, apalagi dicharge sambil dimainkan.
Tapi jangan khawatir sob, karena pada umumnya charger smartphone sekarang besar outputnya sebesar 5 volt. jadi aman-aman saja :)
Sedangkan pada port usb PC/Laptop itu hanya mengeluarkan arus sebesar 0,5 Ampere saja. jika hanya penggunaan sebatas koneksi data dari pc ke smartphone atau sebaliknya tidak masalah, asal jangan berlama-lama. jika sering akan mempengaruhi usia baterai smartphone sobat atau bisa mempengaruhi keadaan laptop/pc juga.
gimana dengan Powerbank? boleh saja. namun powerbank hanyalah alat bantu yang digunakan pada saat tertentu saja (urgent/darurat). 
Lalu, Charger kodok? lumayan level bahaya, efek buruknya bisa mengakibatkan baterai bocor dan parahnya bisa meledak atau terbakar. 
Yang terpenting, setidaknya dalam seminggu sekali smartphone dicharge benar-benar penuh dengan charger bawaan sob. dan mengusahakan mengechas tidak sambil di operasikan ya. dan jika sobat ragu atau ingin mengetahui besaran tegangan dan arus dari sebuah charger, port usb di laptop/Pc dan powerbank coba menggunakan alat bantu yaitu usb detector/charger doctor. 

Demikian penjelasan singkat mengenai "Bolehkah ngechas Smartphone dengan charger lain?" semoga ada manfaatnya. dan kita termasuk orang yang peduli dalam memperhatikan kondisi barang milik pribadi, yaitu smartphone :)
7 Komentar untuk "Bolehkah ngechas Smartphone dengan charger lain?"

boleh kan mbak?

asal pas aja slotnya :D

hahaha :D
iya boleh. kalo gak pas ya dia gak mau :p

boleh yang penting slot dan ampernya sama.

Saya sering tuh mbak melakukannya yang penting casannya cocok mbak :D

iya mas, klo udh urgent pada akhirnya boleh juga :)

Kasus yang saya alami, setelah ngecas pake casan lain, Hp jd panas dan lama fullnya mungkin salah satu penyebabnya karena dayanya beda itu y mbak. Hadeh g lagi2 dah..

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top