Jadilah Pelanggan yang baik dan sopan saat di Warnet

Dimanapun tempatnya etika dan moral harus dijaga dengan baik. karena sifat dan sikap seseorang yang baik menunjukkan cermin diri yang baik pula bagi dirinya dimata orang lain. 

Kita sering mendengar "Dimana Bumi dipijak, disitu langit dijunjung" jadi dimanapun kita berada, hormatilah/hargailah daerah, wilayah, kawasan tersebut - berusaha menjaga tata krama, sopan santun, ramah dan mudah senyum akan membuat lingkungan sekitar anda menjadi senang dan merespect anda. 

Begitu juga saat anda berada di warnet, Jadilah Pelanggan yang baik dan sopan agar sekeliling anda merasa aman dan nyaman serta tidak merasa terganggu dengan kehadiran diri anda. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat anda berada di warnet, keep calm sobat :)

Sumber
1. Say Hello saat memasuki pintu warnet
Saat memasuki rumah atau jika bertamu pun kita semestinya mengucapkan salam atau mengetuk pintu jika rumah tersebut dalam keadaan tertutup atau tidak mendapat jawaban salam. demikian jika anda memasuki warnet, anda akan bertemu dengan operator/penjaga warnet. dengan tujuan misalnya anda ingin bermain (browsing) atau sekedar mengeprint tugas, ucapkanlah kata penanda "Say Hello" (mengawali pembicaraan, basi-basi) dengan senyum manis menggoda kepada Operator/Penjaga warnet, "Mas/Mbak, ada komputer/room yang kosong? Mas/Mbak, disini bisa sekaligus ngeprint?" jangan main nyelonong aja sob, masuk dengan gaya petentengan dan duduk santai tanpa memberi kode apapun, jadi usahakan saling bertegur sapa atau sekedar say hello. 

2. Kendalikan suaramu jika asyik bermain 
Bukan larangan bagi anda bersuara didalam ruangan, saling mengobrol dengan sesama teman, tertawa karena lucu. namun, kendalikan suara anda normal saja, jangan terlalu berlebihan. jangan berteriak karena kesal saat kalah bermain game, jangan tertawa keras saat menonton video/film yang benar-benar lucu, jangan juga berbicara kasar dan tidak sopan kepada komputer/game lagi-lagi karena kalah saat war. perhatikan sekeliling anda sob, mereka juga ingin hening dan fokus pada tujuan mereka, kasihan kan tetangga sebelah yang sedang mencari tugas dan menyelesaikan laporan kerjaannya menjadi terganggu karena suara anda.

3. Jangan usil dan merusak barang warnet 
Hindari menggangu teman yang lain saat bermain, jangan usil dan mengusik teman tersebut. bisa saja teman anda tersebut membalas kekesalannya dengan memukul atau berkata kasar. jadi tetaplah stay cool saat bermain atau sedang menunggu komputer yang selesai digunakan, bahkan yang paling penting jangan sekali-kali merusak barang atau isi warnet karena mengakibatkan kerugian pada pemilik warnet.
Misalnya : mencoret-coret layar monitor, sengaja menumpahkan air ke keyboard, membanting mouse karena emosi, melepas kabel tie yang mengikat pada kabel-kabel sambungan komputer, dan yang parahnya menyembunyikan/menghilangkan headset komputer. Stopp usil!

4. Jangan modus dan membiasakan berhutang 
Sebagai pelanggan dan bertujuan main ke warnet tentu sudah mempersiapkan uang, bukan? nanti saya akan mengeprint, nanti saya akan bermain game, nanti saya akan browsing. sudah pasti juga bermain ke warnet menyesuaikan isi kantong (kemampuan membayar). bukan malah modus (modal dusta) kepada sang operator "Mas/Mbak, saya lupa membawa uang, boleh hutang dulu?" atau "Mas/Mbak, saya boleh pulang dulu nanti saya kesini lagi membayar internetnya berapa?" dan paling merugikan pelanggan yang tidak tau diuntung nekad mengaburkan diri tanpa berpamitan kepada operator warnet. 

Demikian postingan kali ini yang dapat saya update, semoga anda menjadi pelanggan yang baik dan sopan saat bermain ke warnet atau menjadi pelanggan yang setia dan tidak pernah merugikan siapapun. hal-hal diatas bukan saja harus diterapkan di warnet, menjadi baik dan sopan bisa kita lakukan dimanapun kita berkunjung. Salam Semangat blogging :)
Tag : Tips Trik, Warnet
18 Komentar untuk "Jadilah Pelanggan yang baik dan sopan saat di Warnet"

Awal kenal internet sekitar thn 2000, ya di warnet. Itupun diajak teman, iseng2 bikin email dan Alhamdulillah semenjak itu saya jadi melek yang namanya dunia maya.

Tapi sekarang keberadaan warnet udah jarang ya, agak susah mencarinya..

Warnet lah yg pertama kali memperkenalkan internet ya mas di sekitar masyarakat. tpi skrg warnet memang udh jrng, mgkn krna byk nya pengguna smartphone dan sdh tersedia fasilitas internet di setiap rumah, pasang wifi atau modem.

iya begitulah, yang kuno tergerus sama yang modern..

ya begitulah kira-kira mas, hehe

Warnet udah mati di sini. Kalah ma smartphone. Apalagi komputer dan laptop pada banting harga. Dulu aku suka banget ke warnet, sampe nginep-nginep soale makai jam malam. :D

wah keren ya bun, masyarakat udh pegang smartphone semua.
enak dong bs beli kompt dan laptop ke jawa aja, hehe. tpi berat di ongkir ntr ya package nya :D

Di sini masih ada warnet, tapi sudah jauh lebih sepi daripada dulu. Sudah pada internetan sendiri-sendiri di rumah; pakai komputer atau hp. :)

Iya om disini juga, hanya beberapa saja yg menggunakan warnet untuk kepentingan tugas sekolah, kuliah dan ngeprint. soalnya printer lbh banyak tersedia di warnet. hehe

Kebangeten banget tuh kalau sampai ngutang :D.

OOT : Nah ini dia yang saya katakan tadi, tulislah apa yang kita alami, pasti akan enjoy. he..he...

etika di warnet memang harus dijaga. banyak banget anak2 game yang nggak beretika waktu main warnet. biasanya, nonton film biru lah.. ngomong kotor lah.. gangguin pengunjung lain lah. kalau udah ketemu orang2 kayak gitu, udah ribet deh. apalagi kalau ada yang hobi ngutang..

Alhamdulillah mbak sekarang saya sudah tidak mampir ke warnet lagi mbak :D
Saya pernah tuh mbak pergi ke warnet sudah 3 kali sendal saya hilang padahal itu sendal biasa bukan sendal yang bagus tapi tetep di embat mbak, jadi saya kapok pergi ke warnet lagi ...

Jadi inget jaman main di warnet. ha,, ha,, ha,,,

banget mas, bangett. paling sebel dgn mereka yg ngutang :D
artikel ditulis diambil dari pengalaman pribadi :(
bener mas, lebih enak menulis dari kejadian yg dialami. hehe

betul mas, saya udh ngelarang pun mereka msh aja suka usil. kalo ada yg nonton konten p*rn gitu saya kurangin limit bandwidthnya :D atau saya masukkan ke list block biar dia cepet pulang..wkwwk

Haduh ya ampun, kasiannya mas lukman. jadi pulang dari warnet nyeker yaah :D
sejak kejadian sendal sering hilang, akhirnya pelanggan diperbolehkan membawa sandal/alas kaki kedalam warnet, mas. hihi

ketawanya mas indra ada sesuatu yg disembunyikan dan seperti mengingat kejadian lucu yg tak bisa dilupakan. :D

nomor 2 tuh paling saya ngga suka mba . ada aja orang yang berisik bngt ga tau lagi ngapain, saya ngerasa keganggu bngt tuh pdhl saya lagi ngerjain tugas haru konsentrasi tapi ga bisa konsen karna ada orang kaya gitu . menurut mba saya harus bagaimana ? di marahin kasian anak orang lain :/

tegur aja mas, jangan dimarahin :D

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top