Lakukan hal penting ini sebelum Anda meninggalkan Warnet

Tanpa sadar terkadang kita merugi sendiri akibat kelalaian kita. setelah sadar ternyata kita kehilangan sesuatu. misalnya saja saat pergi ke warnet membawa flashdisk dan pulang tanpa membawanya. Mungkin kalau ruginya flashdisk bisa dibeli yang baru (kalo banyak duit) lah kalo datanya penting bisa disulap ada? apalagi datanya dibutuhkan saat itu juga. ini sangat fatal. Nah, untuk menghindari hal-hal demikian selain dari kejadian tersebut cobalah untuk melakukan hal penting dibawah ini sebelum Anda meninggalkan warnet. 

1. Jika membuka akun sosial media jangan lupa sign out (keluar)
Jika sobat pergi ke warnet dan menggunakan tarif paket 1 jam misalnya. Perhatikan penggunaan waktu yang tertampil di billing client, biasanya di desktop ada menu tersebut. Jika ragu tanya saja ke operatornya "mbak/mas, sisa waktu paket saya berapa lagi ya?" jangan sampai waktu habis akun facebook, email sobat dibajak (kendalikan) oleh tangan yang tidak bertanggungjawab. jadi, segeralah untuk sign out (keluar) jika sobat telah bosan menggunakan internet (sosial media) tersebut. 

2. Clear history browser (hapus semua riwayat penjelajahan)
Setelah keluar akun saja tidak cukup sob, barangkali setelah sobat menggunakan komputer tersebut, user lain menangkap link history sobat dan mulailah di utak atik. jadi pastikan browser (mozilla, google chrome) yang sobat gunakan sudah bersih dari riwayat kunjungan. lakukan jalan pintas dengan menekan "ctrl+shif+del" pada laman browser dan tekan "clear browsing data" 

3. Cobalah untuk cheki-cheki file/data unduhan, ketikan, editing dan recycle bin 
Periksa dulu lokasi-lokasi di komputer yang digunakan barusan. apa kita meninggalkan berkas dokument tugas? meninggalkan unduhan video, musik? meninggalkan hasil editan gambar? udah capek-capek download, ngetik tugas bejibun, ngedit photo eh malah lupa copas ke flashdisk. percuma dong ngunjungin warnet. jadi sebaiknya jika data penting segeralah arsip ke flashdisk, jika tidak berguna hapus permanent (tekan shift+del) jangan nyangkut ke tongsampah komputer. 

4. Bawa kembali apa yang tadi dibawa
Jika datang ke warnet membawa flashdisk, bawa card reader, bawa laptop, bawa tas atau bawa benda-benda penting dan berharga lainnya pastikan saat hendak pulang barang tersebut dibawa kembali. chek di cpu sob, apa flashdisk masih kecolok? kabel data masih gantung? atau meletakkan hp dan dompet diatas meja? jangan terburu-buru saat hendak keluar. Tetap tenang dan santai meski sebenarnya dikejar sesuatu. hhehe

5. Jangan lupa membayar 
Semua gak ada yang gratis sob, kalo pun ada yang gratis itu juga butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mendapatkannya meski usaha kecil. ya toh?.
Wajib sekali membayar, jangan sampe merugikan operator warnet. kasihan kan kalau operator yang menanggung biaya penggunaan internet dan komputer sobat. tadi beli minum apa di warnet? tadi ngeprint apa di warnet? tadi ngisi pulsa juga eggk? bayar dong sob. jangan main kabur aja :) 

Demikianlah point penting yang perlu dilakukan sebelum Anda meninggalkan Warnet. Tetap ingat dan jangan merugikan diri sendiri ataupun oranglain. jangan biasakan kelalaian menempel pada diri kita. jangan pula jadikan hal sepele menghantui diri kita karena lalai. Terimakasih atas kunjungannya, salam blogging :)

6 komentar:

  1. Xixixi, banyak yang lupa nih hal pentingnya. :D

    BalasHapus
  2. Betul sekali, sering kali kalau lagi perlu ke warnet, sering saya lihat pemakai sebelumnya lupa untuk sign out dari emailnya. Untung ketemunya sama saya...xixixi..apa coba. Kalau saya memang agak paranoid, jadi selain saya sign out saya clear semua browsing history termasuk password, sapa tahu saya ngga sengaja klik untul menyimpan password saat buka account. Dan saya ngga pernah lupa bayar..xixixi. inget kalau utang maaaah...
    salam kenal Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gak sadar yg makek komputer sebelumnya itu yaa mbak :D
      mbak nya baik bgt smpe bersihin riwayat browsing pemain sbelumnya..
      Salam kenal juga mbak :) salam dari Riau

      Hapus
  3. Wah iya mbak tuh yang menghapus riwayat untuk saya suka ngelakuinnya jadi aman dan saya selalu mereset komputernya biar data dan hidtory yang tadi kita kunjungi juga hilang jadi merasa tenang deh kalau sudah direstar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hrus gitu kang nurul biar aman...hehe

      Hapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design