Mengapa data saya hilang di Komputer Warnet? Ini jawabannya

Sering sekali user menyimpan atau meninggalkan file yang telah di unduh di komputer warnet karena lupa mengcopy paste datanya ke dalam media storage (flashdisk, hdd atau memory), kemudian datang kembali dan ingin mengambil semua unduhan tersebut - entah itu video, musik, dokument atau gambar yang di edit, saat dicari ternyata data tidak ada sama sekali. merasa kesal lalu marah-marah kepada operator warnet. 


Pelanggan : X
Operator : Y

X : Mbak, data saya kok hilang di komputer ini? kemarin saya menyimpan datanya disini (sambil menunjukkan lokasi data yang disimpan kemarin)

Y : hmmm... Maaff pak, datanya hilang setelah komputer di restart. mau berbentuk apapun file tersebut tidak akan tersimpan disini pak, termasuk history browsing bapak :) 

X : wah saya lupa kemarin membawa flashdisk, jadi saya sengaja menyimpan disini mbak

Y : hmm, begini pak. komputer kita menggunakan sistem restore pak. biar aman dari virus dan tangan jahil pak. hehe

Percakapan diatas hanya sebuah intermezzo. dan pertanyaan sering yang dilontarkan oleh pelanggan. jadi jawabannya adalah hampir semua warnet menggunakan keamanan sistem ini. paling banyak menggunakan aplikasi deep freeze, yaitu membekukan system sekaligus memproteksi komputer agar aman dari tangan usil user dan serangan virus maupun malware. bukankah mungkin seorang user akan mengklik web/situs sembarangan? kemudian mengunduh dan mencoba menjalankannya. tanpa sadar program.exe tersebut isinya palsu, dan sistem komputer menjadi berat dan hang. 

Dengan kehadiran Cyberindo  komputer tanpa aplikasi deep freeze juga bisa aman, karena cyberindo memiliki fungsi restore untuk mengamankan komputer dari adanya perubahan file/system yang tidak diinginkan. saat komputer digunakan user sebaiknya dalam keadaan restore enable dan saat komputer di update browser, game atau ingin menambah aplikasi harus dalam keadaan restore disable.
Demikian artikel ini saya bagikan, semoga menjadi titik terang buat sobat yang mengalami kejadian diatas. untuk mengantisipasi, sebaiknya ingatlah membawa media penyimpanan jika berniat mendownload data di komputer warnet. dan biasakan bertanya dahulu sebelum meninggalkan komputer yang telah digunakan jika dirasa ada yang diragukan. 

3 comments

Makanya aku jarang ke warnet. -,- Rentan banget hilangnya. Kalaupun ke warnet, bawa flashdisk aja.

yup bener bun. dan yg pnting jg jgn lupa bawa pulang lg flashdisk yg kita bawa ya bun, bisa-bisa raib digunakan pelanggan setelah kita..hehe :D

Gan komp sya jg gitu cara ngatasi nya gmna ya? Klo d restart data2 yg d save jg ilang

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!