Sering Cegukan, Pertanda apa?

"Hik" suara yang sama berulang-ulang tanpa sebab dan musabab yang kita tau. Hal ini sering terjadi umumnya pada setiap orang tidak terbatas usia. Kita mengenalnya dengan sebutan "Cegukan". Rasanya sangat menyesakkan dada, nyeri dan sulit bernafas. mengapa bisa demikian? apa ada pertandanya sob? 

sumber : beritaprima.com

Cegukan dalam bahasa medisnya Hiccup atau Spasme dan ada juga yang menyebutnya Singultus. Cegukan ditandai adanya suara "Hik" yang mencekik, refleks terjadi dan berulang-ulang. Cegukan disebabkan oleh kontraksi sekat rongga dada (tubuh) atau daerah diafragma. kondisi ini menyebabkan adanya celah pada pita suara yang tertutup namun udara masih bisa lewat. sehingga mengakibatkan suara keluar "hik" dan berulang tanpa bisa dikendalikan. 

Mengapa bisa demikian?
salah satunya dibawah ini sob :
* Kurangnya asupan cairan tubuh (kurang minum). ini yang sering terjadi kan sob? makanya jangan males minum sob. 
* Makan tergesa-gesa. Jangan terburu-buru sob saat makan, hindarilah makan setelah lapar yang menyebabkan kamu makan jadi terburu-buru,
* Perubahan suhu tiba-tiba. Jangan makan atau memasukkan sesuatu kedalam mulut yang suhunya panas dan dingin secara bersamaan, nanti bisa cegukan sob. misal : sobat makan bakso yang masih panas, dan selang beberapa menit sobat juga minum es teh dingin. jangan!
* Penggunaan bumbu dan penyedap rasa makanan. Makanan yang pedas jangan dibantai sob, saat kamu kepedasan dan bernafas tergesah-gesah bisa cegukan loh. apalagi kalo makanannya terasa asin dan terasa asam. ini bisa mendorong saraf didalam dada berkelahi dengan otot antara tulang rusuk sob.

Bagaimana mengatasinya?
Cukup dengan minum segelas air putih secara perlahan hingga mengalir ke tenggorokan dan memulihkan keadaan diafragma sobat normal kembali. 
Jika belum? Cobalah untuk bernafas panjang, menghela sedikit dan menghembuskannya secara panjang. 
Belum juga? ambil gula dan kunyah-kunyah atau campur gula kedalam perasan jeruk nipis sedikit. jangan terlampau asam ya sob. 
Terakhir? pergilah ke dokter dan konsultasikan.

Lalu, pertanda apa?
menurut mitosnya :
Orang Jawa mengatakan Jika cegukan terjadi pada usia anak kecil, maka anak tersebut akan bertumbuh besar dan cepat tinggi
Orang India mengatakan ada seseorang yang mengingat mereka. entah itu menyebut namanya atau menceritakan sisi hidupnya
Orang Barat mengatakan mereka yang lebih modern karena seringnya minum alkohol atau kecanduan hingga mabuk berat menyebabkan cegukan. 

itu hanya mitos... hanya mitos...

Oke segini aja ya sob. kepanjangan yang dibahas kalo gak dibaca ya sama aja. semoga bermanfaat dan membuat hidupmu menjadi sehat dan teratur. perbanyak minum air putih biar gak cegukan dan biar tampil awet muda dan bugar. :)

10 comments

sering cegukan pertanda harus banyak minum air putih mbak :D

iya, memang seperti itu. hehe
jd perbanyaklah minum air putih.
yg cwok biar makin bugar dan makin ganteng. iya toh? :D

Xixixi, anakku sering banget cegukan. Aku bilang aja dia akan cepat besar. :v

Wahaha.
memang mau besar sih dedek kok ya kan bunda :)

Hmm saya kira bisa menyebabkan penyakit mbak kaget saya tapi saya lebih suka tuh mbak yang pertanda menurut india.

kalo sering bgt dan cegukan nya aneh sebaiknya penanganan ke dokter aja pakde :)
Iyah ya, hehe. unikan menurut india :D

Saya mah mbak kalo makan yang lada2 pasti cegukan mbak ngka tahu tuh mbak knp ya ?

lada kan pedes jg mas. jd mgkn waktu mas kepedesan mas nya sulit ngatur nafas, trus cegukan deh. itu wajar mas saya jg sring gitu kok. hehe

saya sering bngt tuh cegukan kalau kedinginan . ada yg bilang sih cara mengatasi nya dencan car bersiul sambil berjalan mundur :D lalu saya coba ternyata cegukan saya hilang . apa bener bisa dengan cara itu mba ?

wah bahaya itu mas, berjalan mundur bisa kesandung ntr :D malah cegukannya makin nambah. tpi kalo mas bilang bs hilang, berrti caranya mas efektif. jd mas bsok cegukan lgsg praktikkan lg. hehehe. disarankan sih mnum air jg mas biar lbh aman

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!