Ternyata ini penyebab mengirim Email gagal (failure)


Hampir setiap kali saya mengirim berkas scanned atau dokumen lainnya via email selalu gagal. tak kalah pentingnya, data dan berkas tersebut adalah milik pelanggan yang ingin melamar pekerjaan di sebuah Perusahaan. hal ini membuat pelanggan biasanya sedikit kecewa karena kegagalan pengiriman tersebut. yang biasa saya lakukan adalah meminta pelanggan untuk memastikan alamat email tersebut atau mengkonfirmasi penerima bahwa alamat email tersebut valid (aktif dan benar). adapun ciri khas bentuk email yang gagal adalah masuknya pemberitahuan (notifikasi) dari Mail Delivery Subsystem (mailer-daemon@googlemail.com). usut punya selidik, saya penasaran dan akhirnya menemukan jawaban dari penyebab kegagalan mengirim email tersebut.  Nah, jika sobat percis mengalami hal serupa demikian, mari kita kupas penyebabnya. 

1. Ukuran Pesan melebihi batas
Ada loh ternyata sebuah email membatasi pengiriman lampiran. misal gak boleh lewat dari 2Mb atau 5Mb. jikalau melewati maksimum, maka email mental. ini kudu diperhatikan, seringnya email perusahaan atau instansi. kalo begini sebaiknya lampiran sobat di kompress dan di winrar. berikut contoh kegagalan karena terlampau batas.


2. Mailbox penuh
Kotak masuk email dibatasi. jika email seharinya menerima hingga ratusan atau ribuan dan sudah tidak bisa menampung lagi (penuh) sistem email secara otomatis mengembalikan email tadi (returned). inilah yang sering disebut server mereka mungkin lagi padat.

3. Rejected by system (ditolak sistem)
Email recipient (penerima) disetting kapan bisa menerima email masuk dan kapan menolak email masuk. biasanya email perusahaan dihari jam kerja aktif dan hari libur non-aktif. atau saat perusahaan tersebut membuka lowongan kerja, sistem email mereka diaktifkan dan jika gagal bisa jadi perusahaan mereka sudah menutup lowongan kerja tersebut.

4. Invalid address (salah alamat)
Wah ini kasus yang lumrah, kita terkadang tanpa sadar salah mengetik alamat. hati-hati loh kurang satu huruf/angka bisa menggagalkan pengiriman email. yang bahayanya begini : mengirim email dengan lampiran dokumen keuangan atau yang sifatnya privasi tingkat negara - kita salah ketik email tujuan tapi tetap terkirim dan sukses? loh ternyata pengguna email tersebut ada. kalo isinya disalahgunakan oleh pemilik email kan bahaya toh. jadi waspada di point ini ya sob.

5. Account disabled (akun email tidak aktif)
Jika akun penerima domain yahoo, apabila akun email tidak aktif selama kurun 6 bulan berturut-turut maka akun tersebut sedang non-aktif. sesungguhnya akun tersebut masih tersedia (belum dihapus) namun tidak berfungsi. sebaiknya pemilik akun yahoo tersebut mereset bantuan atau membuat email baru saja. hehe

Kita sudah mengenali penyebabnya dan itu hal umum yang sering terjadi. namun sebaiknya sebelum mencoba mengirim email saya berikan solusi cepat dan mudah memastikan bahwa akun email tersebut work dan lain-lain hal. silahkan go to the link tautan ini  kita akan tau jawabannya. masukkan alamat email dan klik verifikasi



Note : 
1. Struktur kalimat (sintaks) email sudah benar atau work
2. koneksi menuju pusat email bekerja/berjalan
3. secara keseluruhan, alamat email tersebut valid dan work

Demikianlah artikel "Ternyata ini penyebab mengirim Email gagal (failure)" semoga membantu memecahkan penasaran dan kebingungan sobat. kurang lebih demikian adanya point penyebab kegagalan pengiriman email. Terimakasih sudah berkunjung. 

10 komentar:

  1. Wah jadi begitu rupanya, pantes saja saya pernah gagal mengirim email, ternyata salah alamat nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saudara ayu tingting mas juhdi :D

      Hapus
  2. sangat membantu sekali gan artikel nya,, mksih gan info nya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoww sama sama gan jika bermanfaat :)

      Hapus
  3. Ohhh xixixi, belajar lagi. Soale aku sering gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu jg sring bun, akhirnya skrg mesti rajin memastikan ke pelanggan apakah emailnya sdh benarr..

      Hapus
  4. Info'a bagus nih... makasih buat info'a... saya paham skrang...

    Yg punya email saya boleh minta gaa.. buat percobaan kirim emai ke kalian yg aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas jika bermanfaat, semoga bisa diingat yaa.hhee
      obrak abrik aja isi blog saya mas, ntr ktemu kok alamat email saya..hehhe, cuma alamat rumah blum nih.. :D

      Hapus
  5. Kalau paling sering tuh salah alamat,,, kayaknya efek dari dengerin Ayu tingting yang judulnya alamat palsu,,, heheh,, Kalau file ukuranya besar biasanya aku ngandelin Google Drive atau ngedirect filenya menjadi link download,,, sehingga pas klik langsung download,,, rata - rata sih emang pada dibatasi,, di yahoo aja kek gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. nyanyi dong lagunya mas..

      aku males pke google drive klo untuk kepentingan ngelamar kerja, akhrnya compress aja deh..

      Hapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design