Tidak dapat memperbarui Aplikasi di Android? Coba cara ini

Hampir semua aplikasi di Android meminta update. Itu karena aplikasi nya merupakan aplikasi online yang harus dimanfaatkan dalam keadaan terhubung Internet. sehingga terkadang ada saatnya aplikasi android sobat harus di update. Pernah gak mengalami gagal pembaruan aplikasi di Android sob? pasti pernah ya. dan itu sangat menjengkelkan apalagi aplikasi tersebut adalah permainan online yang sangat kamu sukai. Yuk, coba cara dibawah ini.


  • Coba sobat perhatikan dulu koneksi internet android sobat, apakah dalam keadaan stabil? atau malah buruk? ini bisa juga menjadi salah satu faktor. jika melalui jaringan seluler lambat, sebaiknya coba jaringan wifi. hehe
  • Bagaimana dengan kuota Internet? apakah masih banyak atau sudah sedikit? karena paket android limited mungkin bisa jadi ini menyebabkan aplikasi tidak dapat diperbarui juga. 
  • Gimana dengan spek android sobat? apakah kinerja RAM nya masih bersisa banyak? atau sudah sempit? udah chek ruang penyimpanan (storage) internal juga belum? kita bisa melihat berapa banyak penggunaan dan sisa kapasitas penyimpanan tersebut, karena sempitnya ruang bebas dan banyaknya penggunaan RAM ini bisa mengakibatkan aplikasi di Android gagal diperbarui juga. cara cheknya : Buka di menu setting (pengaturan) > device (perangkat) > Apps (aplikasi) jika sempit ruang bebas maka cobalah kurangi aplikasi yang kurang/tidak penting di android. pilih uninstall apps tersebut. 

  • Jika cara sebelumnya tidak berpengaruh, coba sobat hapus akun google. kemungkinan akun google sobat belum work sepenuhnya. karena pengubahan sandi gmail misalnya. caranya begini : Settings (pengaturan) > Accounts (akun) > Google > Sync (Sinkronisasi) > remove account (hapus akun)

  • Jika masih menemui masalah  yang sama. langkah selanjutnya coba hapus data dan cache pada google playstore sobat. bisa jadi data dan cache sudah kepenuhan. caranya : klik menu setting (pengaturan) > device (perangkat) > Apps (aplikasi) > Google Playstore > clear data dan clear cache
  • Jika belum berhasil juga, cobalah untuk factory reset (mengembalikan ke sistem pabrikan). ini merupakan langkah paling akhir untuk solusinya. sebelum melakukan factory reset back-up dahulu data internal yang menurut sobat penting. 
Semoga cara ini dapat membantu sobat ya. bagikan artikel ini jika bermanfaat :) Terimakasih telah mengunjungi ke blogg ini. 
4 Komentar untuk "Tidak dapat memperbarui Aplikasi di Android? Coba cara ini"

Aku jarang memperbaharui, biasanya makin lemot.

Saya pernah sih gagal memperbarui aplikasi di android setelah di selidiki maka ketemulah penyebabnya yaitu kuota habis tapi untunglah ada wifi gratis di depan alfamart yang kebetulan engga pake kata sandi :)

wah bunda kebnyakan psng aplikasi nih atau jringan lg gak bersahabat saat itu bun..hhe

widih, enak bgt. baik amitt itu alpamatt nya mas fendii :D

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top