Tips Aman dalam Berkendara

Sumber
Mengemudikan kendaraan sudah hampir menjadi kebutuhan setiap individu, berbeda dengan zaman dahulu yang masih menggunakan sepeda atau berjalan menempuh suatu tujuan. dengan kehadiran inovasi alat kendaraan yang mumpuni, kita menjadi mudah dan cepat dalam melakukan suatu perjalanan, baik dekat maupun jauh. jika anda salah satu pengendara motor maupun mobil maka sebaiknya perhatikan hal-hal dibawah ini, semoga menjadi tips yang aman bagi anda saat berkendara, tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

1. Pastikan kondisi anda dalam keadaan sadar dan fit (sehat)
Jangan memaksakan diri untuk berkendara saat diri anda sedang dalam keadaan ngantuk, lelah, mabuk atau tidak sehat (sakit). namun jika anda mengutamakan tujuan anda, mintalah bantuan oranglain untuk mengantarkan anda atau sebaiknya mengurungkan diri saja setelah diri anda benar-benar sadar dan fit.

2. Pastikan kondisi kendaraan juga baik 
Coba chek dulu kondisi kendaraan anda, apakah benar-benar siap di operasikan atau ada sesuatu yang harus diperbaiki, jangan sampai terjadi masalah di perjalanan hingga merugikan anda. yang paling umum chek mesin, lampu send, kopling/gas/rem, kaca spion atau ban (roda) kendaraan dan bahan bakar kendaraan. gak lucu kan sob lagi jalan eh bannya keseleo, lagi jalan eh mogok rupanya BBM habis. 

3.  Bawalah alat tempur untuk menjaga keselamatan jiwa dan raga
Ibaratnya anda bertempur melawan musuh, apa yang dibutuhkan? tentu adalah senjata, ilmu beladiri yang kuat dan perlengkapan lainnya. begitu juga dengan berkendara, bawalah alat ini dan sediakan juga identitas diri anda: 
*. STNK/KTP/SIM, berjaga-jaga barangkali polisi lagi razia massal dan ini juga merupakan kewajiban bagi pengendara dimanapun, pasalnya kena tilang itu lebih pahit daripada diputusin pacar.
*. Gunakan helm (motor) dan sabuk pengaman (mobil) sebagai pelengkap dan melindungi diri anda dari bahaya kecelakaan lalulintas. 

4. Siapkan uang atau sekeping recehan
Perjalanan yang jauh sudah pasti membutuhkan bahan bakar yang banyak untuk meneruskan perjalanan anda. sekiranya anda harus bisa memprediksikan jarak tujuan dengan kapasitas bahan bakar kendaraan. untuk itu mempersiapkan uang adalah hal yang tepat. Tentukan saja berapa liter minyak yang dibutuhkan untuk tujuan sejauh 2 Km misalnya dengan harga minyak sekarang. sebagai tips tambahan, beli minyak di SPBU ya jangan di ketengan, biar apa? biar hemat. ^.^

5. Berdo'a dan Utamakan hati-hati serta keselamatan
Menginjakkan kaki selangkah saja keluar dari rumah itu ada do'anya loh, dan hampir segala sesuatu yang kita jalani kudu pake niat dan do'a - biar apa? biar Allah meridhoi dan melindungi diri kita dan InsyaAllah pekerjaan yang kita lakukan sempurna karena telah mengingat-Nya. So, berdo'a sangat penting (berdo'a sesuai agama, keyakinan dan ajaran masing-masing). 
Setelah itu utamakan hati-hati, siapa yang anda bawa? apa yang anda bawa? dan terpenting kendalikan kendaraan secara normal, jangan ngebut-ngebutan dan saling berlomba-lomba dengan pengendara lainnya, jangan salah kasih kode send. mau belok ke arah kanan - malah kasih lampu send kiri. sebaliknya, berjalan lurus pun lampu send tetap saja menyala. >_< aaa zett zettt zettt..

6. Stop pegang handphone dan headphone
Keselamatan diri anda nomor 1. Perhatikan resiko, akibat, sabab dan musababnya. aduh, fokus dulu deh ke pandangan jalan jangan ke pandangan handphone. Anda bisa kehilangan konsentrasi karena memegang handphone, apalagi mendengarkan musik melalui headphone. Jika memungkinkan anda menerima panggilan atau sms, sebaiknya berhenti sejenak untuk menjawab atau abaikan sementara jika keadaan tidak memungkinkan untuk berhenti. 

Demikianlah "Tips aman dalam berkendara" yang patut di lakukan dan perlu dihindari, utamakan keselamatan anda dan perhatikan orang-orang sekitar anda. jangan membuat mereka merasa kesal dengan kelalaian anda dalam berkendara. Semoga bermanfaat :)

Tag : Tips Trik
20 Komentar untuk "Tips Aman dalam Berkendara "

baru aja aku ngeost, cepet amat udah koment. :D
belum ah mas, msh template yg lama. susah ngatur widget dan page layout nya ntr :'(

Kata siapa nih mbak kena tilang itu lebih pahit daripada di putusin pacar, sepertinya ini pengalaman mbak pribadinya mbak :D xixixi

cermat banget sih bacanya mas lukman nih :D

Setuju mas... sy ngikut komen sampean aja... wkwkwkk..

hmmmm... (hening)

@Mas Rudi : itu ilustrasi aja mas, wkwkw

Saya sekomentar dengan Mas Iman Lukman saja ah... :) *Ehm ehm... :D

nomor 6 tuh banyak yg ngga peduli mas, fakta nya banyak bngt orang yg berkendara sambil pegang handphone ada yg nelpon/sms dan parah nya lagi saya pernah liat ada yg lagi selfie ketika dia berkendara . hadeuhhh parah

Wuahaha. narsis bgt tuu lg jalan potret potret. itu yg lg nyetir atau yg diboncengin mas? :D

7. kalo lagi bawa pacar naik motor di larang nengok kanan-kiri mbak harus fokus ( utk cowok ) :D

ckckc..
dan sepertinya itu pengalaman mas lukman ya, lg bawa pacar eh mas lukmannya malah tengok sana tengok sini :D

Hore score 1-1

saya sering itu salah kasih kode lampu send

tips aman dalam berkendara ini sangat mencerahkan sekali. terimakasih

nah stop pegang hape kalo nyetir sendiri itu penting mbak.... dan kalo capek istirahat dulu mbak....

Salah kasih kode lampu sign itu khas ibu-ibu banget, Mbak Debe. Di daerah saya kebanyakan ibu juga begitu. :)

Tips no 6 tuh yang mesti dihindari, jangan sampai gara-gara hp malah celaka.

Itu yang lagi nyetir mba :D ada juga sih yang lepas tangan terus di foto sama temennya dari motor depan :D terus udah gtu di upload ke medsos :D narsis banget kan ya ? wkwk

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top