5 Tips Mudah Membuat Password Aman (Secure)

Menentukan password (kata sandi) dalam sebuah akun memang sangat mudah. namun dengan kemudahannya terkadang mudah pula di bajak, di reset, atau di hack oleh pengguna lain yang usil. apapun jenis akunnya pasti selalu minta password (kata sandi) demi keamanan akun tersebut. sekarang sudah banyak media sosial dan situs yang bermunculan hingga popular digunakan. maka mencoba mendaftar untuk menikmati sosial media tersebut adalah hal yang pertama dilakukan. Jika anda doyan mendaftar banyak akun dan berbeda jenisnya, mari pertimbangkan password yang ingin dibuat dengan tips berikut agar mudah di ingat dan aman dari jangkauan siapapun. karena password adalah privasi setiap individu yang tidak boleh diketahui publik. chekidot!

Sumber : www.bisnisday.com

1. Hindari membuat password umum
ah, buat password "12345" aja deh. mudah di ingat kok!
hmm, password nya nama saya aja mbak "putridewi123"
dek, buat passwordnya nomor hp saya ya "082384512311"
Begitulah kira-kira serentetan password yang diajukan pelanggan saya untuk membuat email dan facebook baru. mudah kan? benar, namun semuanya tidak aman dan itu sudah sangat umum diketahui dan bisa ditebak-tebak oleh pengguna yang jahil. So, don't use it! secure your account becarefully :)

2. Hindari membuat password terlalu panjang 
Sebenarnya semakin panjang memang semakin bagus dan menutup kemungkinan akun anda sulit dilacak informasi sandinya oleh sang hacker, tapi apakah tidak merepotkan? bisa saja kan salah ketik saat membuat/mengubah password, pas di log out untuk mengetest valid akun eh gak bisa login akun. katanya salah password. pusing juga kan. tapi untuk trik password panjang cobalah untuk pelan-pelan dan berhati-hati mengetikkan password tersebut. lihat orang disekeliling, jangan terlalu pelan mereka bisa saja mengeja tombol yang kamu ketik. 

3. Kombinasikan password dengan sesuatu
Sesuatu maksudnya tentang hal-hal yang kamu sukai, atau hal-hal yang kamu istimewakan. sesuatu yang kamu anggap amazing, super atau penyemangat mu. mungkin nama pujaan hati, idola, tokoh, bintang ternama, band favorit atau apalah-apalah. kemudian kamu kombinasikan dengan sesuatu yang lain, entah tentang dirimu, keluarga, kelahiranmu, zodiak mu, warna-makanan-minuman semuanya deh. misalnya : tukiyem suka marmut, zodiaknya pisces, lahirnya malam minggu jam 00.00 =>> iyempisces00, kiyemmut00, malming00kiyem, pisceskiyem00, maryem00pisces. Nah tuh, banyak kan kombinasinya. Terserah kamu deh sesuatunya apaan, yang penting di kombinasi, dikolaborasi, dimodifikasi, di zigzag atau di random. kemudian perhatikan acuan situs akun tersebut, biasanya akan muncul tanda : Merah (Lemah), Kuning (Medium), Hijau (Kuat)

 4. Jangan sembarang mencatat
Jika akun anda tidak ingin diretas, maka privasi kan dengan aman. jangan sembarang mencatat di tempat yang bisa dijangkau oleh orang lain. misalnya anda mencatat di buku dan berada di halaman yang mudah dibaca teman, mencatat di secarik kertas kemudian membuangnya tanpa menyobek/menghancurkannya, mencatat di telapak tangan tanpa sadar terhapus malah jadi lupa karena belum menyalin ke tempat yang paling aman. dan yang paling penting saat log in jangan cheklist biarkan masuk/tetap masuk pada gadget maupun perangkat anda karena bisa saja pengguna lain masuk ke akun anda secara otomatis dan  mereka meretas akun kesayangan anda. 

5. Ubah password secara berkala
Pernah gak sob email/akun memberitahukan "baru baru ini akun anda telah digunakan, akun anda terdeteksi digunakan di bla bla bla, ada yang mencoba membobol akun anda" berarti akun kita udah ada pengintai, anggap saja dia ngefans kita. jadi segeralah ubah password (kata sandi) dan biar aman ubah (reset, ganti) secara berkala, 1 bulan kah, 4 minggu sekali kah? eh satu bulan 4 minggu ya. dan paling penting rajin mengunjungi akun tersebut. tapi jika anda lebih banyak offline, lebih baik amankan lagi akun anda. 

Semoga Tips diatas membantu dan mengutamakan keamanan privasi agar tidak dapat diketahui oleh siapapun, akun aman kita pun merasa tenang. Be Happy! Salam blogging :) 
17 Komentar untuk "5 Tips Mudah Membuat Password Aman (Secure)"

maaf mbak, saya kira tips nomor lima berkala itu, tidak ada alasan tapo secara terjadwal diganti, eh ternyata ketika nu laporan itu ta. saya setuju saja deh

Duuuh, aku kalau bikin password kadang yang enak dihafal gitu mbak wkwk jadi kurang begitu aman ._.

kalau ganti secara berkala, kok susah ya dilakuin ._.

Alhamdulillah mbak password saya mah, aman2 saja :)

Iya bener tuh mbak ganti password secara berkala saya belum nyobain tuh mbak ..

hehehe, makasih mas kalo setuju. :D

enak dihafal yg penting kekuatan passwordnya hijau (strong) juga mas..
susahnya gimana mas?

Alhamdulillah.
asal jgn keseringan ganti password ya mas, ntr mlah lupa passwordnya apa ya yg udh dirubah :D

Hmm iya mbak betul kalau membuat pasword itu tidak boleh yang umum dan kalau pasword begitu gampang banget untuk dilacak oleh orang lain.

Kalau saya sih dalam memilih pasword itu sama semua mbak jadi tidak akan lupa, ahi hi hi.

iya mas, jadi harus hati-hati mengamankan akun juga.
wuahaha, saya banget tuh - password semua akun hampir sama.

Hmm iya sih mbak kalau paswordnya samaan semua jadi gampang buat kita tau dan tidak lagi pusing memikirkan pasword yang lain kan enak kalo semua akun kita dan paswordnya cuman satu jadi tidak usah bingung lagi mengingatnya nanti bisa cepat tua, ahi hi hi.

wkwkw, betul mas.
tapi gak kebayang ya mas klo semua akun pass nya sama kebobolan sm hacker akhirnya gak selamat semua akun tsb. :D ah jangan sampe. yg penting akun terkunci dengan email dan no hp yg aktf jd bs di reset.

Hmm biasanya sih mbak kalau banyak akun gak bakalan semuanya kena hacker karenakan gak semua akun bisa diketahui juga oleh mereka. Iya mbak biasanya saya juga pake tambahan pengaman seperti email dan nomor hp supaya lebih muantappp gitu.

iya kang, hehe. mungkin karena hacker nya gak tau kita pake akun apa aja :D
yoi kang mas, mantebb ngono :)

Iya semoga saja dia kebingungan.
Ahi hi hi apa itu artinya ?

No 3 itulah yg saya lakukan namun kenapa no.4 juga saya lakukan.. sadar akan hal yg tidak di inginkan, tetapi begitu banyak dari berbagai layanan/penyelian yg sy ikuti membuat kerepotan juga.
Btw, artikelnya bisa dijadikan pengingat diri..

bagus mas.. yg terpenting kita harus hati-hati juga :)

point no 3 tuh yg saya lakukan mengkombinasikan dengan sesuatu . nama pacar di tambah tanggal jadian mungkin :) atau nama mba aja biar selalu tetap di ingat :D

iya kombinasi nama pacar bagus juga. syaratnya ya hrus pny pacar :D

New comments are not allowed.
Back To Top