Apa alasan seseorang berhenti Bekerja?

Banyaknya orang meninggalkan pekerjaannya karena alasan-alasan tertentu. terkadang alasan yang realistis maupun alasan yang psimis. alasan berhenti bekerja itu adalah hak dan keinginan mereka, sebagai pimpinan maupun rekan kerja juga tidak dapat mencegah dan melarang mereka. namun sebaiknya, jika anda ingin meninggalkan pekerjaan atau berhenti bekerja harus benar-benar membulatkan tekad dan keyakinan yang pasti, karena mencari pekerjaan seperti halnya mencari jodoh. sepakat? 
Berikut rangkuman yang sering terjadi mengenai Apa alasan seseorang berhenti Bekerja? 

Sumber
1. Lingkungan Kerja tidak nyaman
Kenyamanan dalam bekerja memang terpenting. agar kita merasa betah dan tidak terhambat saat melakukan aktifitas kerja. lingkungan yang nyaman biasanya bersumber dari hubungan sesama rekan kerja, hubungan baik dengan atasan dan bawahan maupun kenyamanan pada ruangan kerja. 

2. Gaji yang tidak sesuai
Seringnya seseorang merasa kurang dan tidak sesuai dengan gaji yang diberikan. alasan tersebut karena tidak ada keseimbangan antara jam kerja, beban kerja maupun lain-lain hal. 

3. Job deskripsi tidak sesuai
Banyak sekali hal ini terjadi pada karyawan di Perusahaan atau dimanapun, terkadang jabatan dan profesinya apa lain pula beban pekerjaan yang harus dikerjakan dan dipikul. padahal saat interview dan tandatangan kontrak seseorang diposisikan bagian ini dan ini, setelah itu lama-lama malah diposisikan pekerjaan itu dan begitu. akhirnya tidak sesuai dan go out. 

4. Mendapatkan Tawaran kerja yang lebih baik
Adanya tawaran pekerjaan yang lebih baik memungkinkan alasan seseorang ingin berhenti pada perusahaan tersebut. tawaran kerja yang detailnya : gaji lebih dari sekarang, profesi dan jabatan pekerjaan lebih dari saat ini, atau sesuai dengan yang diharap-harapkan.

5. Ingin membuka atau mengembangkan Usaha
Banyak orang melakukan pekerjaan utama dibarengi dengan pekerjaan sampingan, misalnya membuka usaha dirumah atau punya bisnis yang menjanjikan dan modal untuk mengembangkan usaha sesuai kemampuannya. ketimbang terikat dengan waktu dan prinsip/peraturan dalam pekerjaan perusahaan tersebut.

6. Pindah Rumah (Tempat Tinggal)
Dulunya anda menetap di rumah kontrakan/sewa, selama bekerja giat menabung dan tercukupi membeli tanah dijadikan rumah, sehingga dengan alasan itulah anda memutuskan untuk mencari pekerjaan yang dekat dengan lokasi rumah agar dapat dijangkau.

7. Fokus pada Keluarga dan Anak 
Bagi sebagian wanita yang sudah berumah tangga terkadang membagi waktu untuk urusan kerja dan fokus pada keluarga maupun anak itu sangatlah susah, jadwal kerja yang padat sehingga banyak menyita waktu bersama keluarga apalagi larangan suami terhadap istri untuk bekerja biasanya ada. 

8. Tekanan dari Atasan/Pimpinan
Alasan ini merupakan paling umum melatarbelakangi seseorang berhenti bekerja. atasan yang suka memarahi, membebani atau berlaku kasar pada bawahan/karyawan sangat membuat mereka merasa tidak dihargai dan tidak betah.

9. Kondisi Fisik dan Kesehatan
Tidak semua orang sehat-sehat saja selama bekerja, biasanya malah mendapatkan kecelakaan kerja di lokasi pekerjaan dan ini menjadi gangguan/hambatan bagi dirinya. akhirnya tidak lagi mampu dan normal melakukan pekerjaan terpaksa berhenti. 

10. Mencoba Profesi baru
Berasa bosan dan jenuh bekerja dengan itu-itu saja, ketemu dengan itu saja. mencoba suasana dalam profesi baru untuk mendapatkan pengalaman dan kemampuan yang baru membuat seseorang memutuskan berhenti bekerja.

11. Lokasi Kerja jauh
Lokasi kerja yang jauh membuat terkadang seseorang terlambat bekerja akhirnya ditegur atasan, perkiraan uang untuk minyak dengan gaji yang tidak seimbang, belum lagi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di tengah jalan saat berangkat/pulang kerja. ujung-ujungnya mereka menjadikan alasan lokasi kerja jauh untuk berhenti bekerja pada perusahaan tersebut. 

12. Ingin Melanjutkan Kuliah
Niat bekerja dulunya untuk menabung (mengumpulkan uang) dan mencari pengalaman, setelah merasa cukup akhirnya memutuskan alasan berhenti pada suatu pekerjaan. biasanya karena memang ingin fokus pada kuliah atau karena keterbatasan dan manajemen waktu yang tidak bisa dipaksakan.

Jadi, saat anda ingin berhenti pada suatu pekerjaan apakah ada diantaranya alasan diatas? jika ada, sampaikanlah alasan resign (berhenti bekerja) anda terhadap pimpinan Perusahaan tersebut dengan baik, sopan dan etis. sekian - semoga kita menjadi orang yang cerdas dalam mengambil sebuah keputusan. Salam Blogging!
Tag : Lifestyle
15 Komentar untuk "Apa alasan seseorang berhenti Bekerja?"

12. Sudah terlalu banyak uang :D
tapi nomor 1 lebih penting sih mba kenyamanan harus di utamakan toh lagi pula buat apa bekerja dengan gajih yang sangat besar tetapi kia tidak nyaman menjalaninya buat apa coba :P

hahaha. betuull mas fendi
tpi bgusnya banyak uang dijadikan usaha/modal buat ladang pekerjaan kita, bukan gk mgkn usaha kita mnjd lowongan pekerjaan jg buat yg lain.

belum pernah ngerasain kerja yang bener2 kerja :D

bntr lagi adek magang ya kan, hehe. ntr jg ngerasain bener" kerja dek.

Dulu alasan utama saya resign di perusahaan adalah karena Keluarga..
Bagaimana tidak saya bekerja sendiri di kota orang (mutasi saat itu) jauh dengan anak istri, membuat pekerjaan pun tak maksimal.

tentu saja godaan-godaan begitu banyak, dengan mengucapkan bismillah dengan niat ingin berkumpul dengan keluarga saya pun berhenti bekerja.

Jadi no. 7 pilihan saya... hehehehe

Menurut pengalaman, alasan saya keluar dari pekerjaan adalah alasan no.1,2,7 dan 8. Lingkungan kerja yang udah gak nyaman, gaji yang sudah tidak sesuai, ingin lebih punya waktu dengan anak dan keluarga dan terakhir merasa tertekan dengan sikap pimpinan yang tidak lagi respek terhadap anak buah. Ya udah resign ajah...

Kalau sayamah ,, kalau udah keliatan seperti tidak dibutuhkan lagi,,, yah maka dengan sadar Saya mengundurkan diri... kalau memang sekira - kira bos-nya keliatan kagak respek sama kita yah,,, gue sih no,, mending cari kerjaan laen :D,, sekarang lagi banyak banget pengangguran,,, sebaiknya pikir - pikir dulu kalau mau rsign... :D

nomor 13 tu yang jelass nya...

Betul mas, jauh dari keluarga bisa gak fokus juga pada kerjaan. apalagi jaraknya yg cukup jauh.
jadi skrg kerjanya fokus pada ngeblog atau yg lain mas rud?

Benar kang, kalau hati tak lagi merasa nyaman sangat sulit untuk dilanjutkan.

right kang ahmad, fikir mateng-mateng dulu kalo mau resign. karena nyari kerja imbangtipis nyari jodoh. :D

haha, gak jelasss. mana ad yee nomor 13. :D

ada kq..
13. susah mengatur waktu antara kerja dan kuliah

itu yang nomer 13 :)
tdi kyk nya nomer '11' nya ada 2 deh,, xixixi

itu kan pilihan, mas.
sulitnya membagi waktu antara kerja dan kuliah.
akhirnya, kalau mas sudah memilih salah satu mas pasti akan memfokuskan satu pilihan tsb kan.
jadi, berhenti bekerja krna mau fokus kuliah toh? pointnya nomor. 12 :D
wkwkw

wah kalo saya gak pernah lamar" kerja mbak hehe pernah lamar sekali tapi ribet abis itu kapok abis itu dah deh gak pernah lamar" lagi hehe enak bebas deh,,,, freeman hehe pizz

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top