Beberapa Kuliner Riau yang Khas dan Popular

Menikmati suatu objek daerah tanpa mencicipi wisata kulinernya rasanya pasti tidak lengkap. apalagi saat tubuh merasa lelah dan lapar disitu kita butuh istirahat, makan, minum dan tentunya cemilan. Jadi alangkah baiknya mengenal suatu daerah tersebut juga mengenal kulinernya yang khas, bukan?mumpung lagi bahas kuliner nih, Saya ingin mengenalkan kepada Sahabat Blogger tentang Beberapa Kuliner Riau yang Khas dan Popular setelah kemarin kita sempat mengulik beberapa Wisata Air Terjun di Riau yang cukup mengunggah hasrat saya ingin mengunjunginya satu persatu.
Baiklah, bagi Sahabat Blogger dan Pembaca sekalian yang tertarik untuk berjalan-jalan ke Riau mari mengenal dulu Beberapa Kuliner Riau yang Khas dan Popular. Apa saja sobat? Berikut Catatannya :

1. Gulai Ikan Patin
Karena Pekanbaru - Riau kental dengan adat Melayu maka tak jarang keberadaan Ikan Patin lebih banyak di masak dengan cara di gulai. apalagi Ikan patin banyak ditemukan di beberapa sungai di Riau, seperti Sungai Rokan, Sungai Kampar, Sungai Siak, dan Sungai Indragiri. Kekentalan kuahnya yang bercorak warna kuning membuat resapan kaldunya terasa enak dan menggoda. Ciri khas masakan orang Riau biasanya terletak pada kuah, pedas, warna dan aromanya. untuk kuliner Gulai Ikan Patin yang satu ini sangat banyak ditemukan di Rumah makan lesehan dan Restoran. rekomendasi  untuk anda yang ingin menikmati Gulai Ikan Patin bisa ke tempat ini


2. Asam Pedas Ikan Baung
Ikan Baung adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Asam Pedas Ikan Baung di masak dengan bumbu serai, jahe, kunyit, cabai hijau dan merah, lengkuas, kemiri dan bumbu khas lainnya. kuahnya berwarna kuning kemerahan. tekstur ikan baung menjadi lembut dan gurih yang siap dinikmati. sudah pernah mencoba, sob? Untuk alamatnya, anda bisa mendatangi Pondok Asam Pedas Baung di Seberang Rumah Sakit Awal Bross.


3. Ikan Selais Asap
Ikan Selais yang di asapin adalah khas Riau yang banyak di gemari oleh suku melayu dan suku asli Riau. Olahan Ikan Selais biasanya dimakan bersama sambal merah yang pedas. Ikannya sedikit terasa asap, pahit dan renyah kerena ketipisan ikan selais tersebut. Bagaimana, unik dan khas kan? Jika anda penikmat ikan, cobalah ikan selais yang diasapin ini. Anda bisa menemuinya di pondok makanan sekitar pinggiran pantai atau sungai di Riau. karena pengolah Ikan selais banyak ditemukan di sekitar sungai dan pantai. 


4. Sup Tunjang
Sup Tunjang adalah Sup Tulang Sapi yang masih terbalut dengan dagingnya. Aromanya yang sedap, kuah sup nya yang segar dan kaldu bumbunya yang khas membuat anda ingin cepat menghabiskan kuliner ini. Dagingnya yang sudah lembut akan mudah dilepaskan dari tulangnya, rasanya benar-benar jawara! Sup Tunjang bisa bervariasi dengan tambahan kentang, wortel atau kol sebagai pelengkap. Sup Tunjang lebih sensasi saat dimakan masih hangat-hangatnya dan makin maknyus bersama sambal kecap.


5. Mie Lendir
Kuliner Mie Lendir bahan utamanya adalah Mie. Ya, namanya kedengaran sedikit aneh. Mengapa disebut Mie Lendir? Karena Kelendirannya terdapat pada Mie dan Kuahnya yang menciptakan kekentalan rasa begitu khas. sehingga sering disebut Mie Lendir. makanan ini sangat terkenal di Kepulauan Riau dan Batam, namun seiringnya penggemar yang banyak, Makanan ini  juga tersedia di Kota Pekanbaru, Riau. Bahan olahan Mie Lendir terdiri dari Mie, tauge, telur rebus, dan citarasa bumbunya yang mampu menggoyang-goyangkan lidah anda. Untuk mendapatkan makanan ini anda bisa datang ke sekitar Jln. Ahmad Yani - Pekanbaru. 


Semoga Beberapa Kuliner diatas bisa bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung ke Riau atau sekedar pengetahuan kuliner Nusantara yang harus diakui dan diturunkembangkan secara terus menerus agar tidak berkurang keragaman kuliner di tanah air indonesia khususnya di Tanah Melayu - Riau ini. Demikian Beberapa Kuliner Riau yang Khas dan Popular untuk dikenali dan wajib dinikmati. Salam Blogging!
22 Komentar untuk "Beberapa Kuliner Riau yang Khas dan Popular"

enak semua si kayaknya,, tpi sayangnya gx ada yang suka :(

ngerasa enaknya darimana coba? sampe akhirnya bilang gak suka. ih kamu mas :(

ini nihhh.. warga riau yg gak mengakui kuliner riau sendiri. ahahha :D
patut dicoba mas, saya aja udh nyoba semuanya..

Serba ikan ya...
Ikan selais itu ikan air payau ya...

yup, serba ikan. hehe
umumnya sih air tawar, hab.

Sup tunjang kayanya enak tuh ada sumsum nya yang sangat baik untuk kesehatan

mie lendir nih yang bikin perut saya tambah baper, eeh maksud saya tambah laper wkwkwkw

iya benar mas fendi, asal makannya jgn lupa bayar biar gak kena tunjang :D hahaha

hmm, anak abegeh nih kebanyakan bapeer :D
maklum ya ank kost lg laper, udh mau akhir bulan tah. xixix

uhhh kayaknya perlu ini icip" ke situ hehehe mantap

Paling ngiler sama sup tunjang,,, pasti enak tuh,, rasanya sama gak yah kayak soto babad ?? eheheh,,, kayaknya kuliner diatas bisa dijadikan inspirasi buat buka usaha dalam bidang kuliner..

boleh mas angkis, mana nih yg disuka. hehe
tukangjalan-jalan gak boleh melewatkan setiap citarasa kuliner dari masing-masing daerah. monggo ditunggu sama Riau :D

kaldunya beda kang, tapi enaknya 11 12 :D aku juga suka soto.
ehhm, jd laperr kan :D
iya kang ahmadbuka kuliner riau di jawa ya, hehe

Wah bikin menggugah selera aja tuh menunya, tapi yang paling buat saya ngiler adalah Sup Tunjangnya tuh. kayaknya enak banget.

Mbak tidak ada ikan hiu ya mbak, tadinya saya mau pesan ikan hiu mbak ... xixixi

kok byk yg suka sup tunjang yah dripada gulai patin..hehe
sup memang seger sih, apalagi sup buahh :D

ealah koment mu buat aku kesedak mas lukman.
ikan hiu dipelihara disini bakalan matii. krena air tawar bukan habitatnya. haha

Ini masakan melayu semua kan mbak Rahayu? Masakan melayu memang mantap dan nikmat ya. Saya paling suka sama mie lendir, makanan khas buat sarapan pagi

Namanya banyak yg baru dengar. Namanya mie lendir yak...glek. Duh mudah-mudahan kalau ada kesempatan ke Riau trus makan ini ngga kebayang lendir.

Sama juga yak untuk jenis makanan mirip Palembang, olahan ikan patin. kalau di Palembang khasnya pindang patin yak..

yup masakan melayu - Riau. heehe
Iya Mie Lendir enaknya sebagai makanan sarapan pagi. sering makan mie lendir di kepri ya, mas defi?

hanya sebutannya aja yg aneh bun,ehehe
tapi rasanya enak kok :D
ih jd pengen ke Palembang..

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top