Ciri-ciri Pelanggan Warnet yang bandel

Bekerja menjadi seorang Operator Warnet memang lebih banyak duduk. Enaknya, bisa gratis browsing sepuasnya tanpa potongan gaji. Hanya fokus terhadap pelanggan yang datang, yang mau ngeprint, mengetik atau membantu kesulitan pelanggan dan sesekali mengecheck kerusakan atau kekurangan pada komputer yang mampu dikerjakan. Banyaknya pelanggan yang mengunjungi warnet adalah kepuasan tersendiri bagi pemilik warnet dan tentunya kenyamanan operator juga, berarti makin banyak pelanggan makin rame dan makin banyak dapat bonus di awal bulan. hehe
Tapi, gak semuanya menyenangkan. saya juga harus extra sabar dan kuat menghadapi karakter pelanggan yang menjengkelkan. apalagi bandelnya gak ketulungan. seperti inilah Ciri-ciri Pelanggan Warnet yang bandel! dan rasanya setiap warnet pasti pernah memiliki ciri-ciri pelanggan dibawah ini. jika anda sebagai operatornya, maka harus sabar-sabar dan pandai-pandai menyikapinya :)


1. Membuang sampah berlebihan
Wajar sih kalau cuma sampah permen dan batang rokok terkumpul jadi satu di asbak yang disediakan. Nah ini? Pelanggan yang bandel lebih sesuka hatinya saja, sampah di sana-sini di setiap sudut room ada dan memenuhi meja komputer client.

2. Suka Berteriak 
Apa untungnya coba berteriak dalam ruangan? mengganggu kenyamanan pelanggan lain dan pasti tetangga samping juga kena dampaknya. kalau teriaknya lembut gak masalah, ini suaranya sampe parau. hehe. cobalah bersikap sopan memanggil atau meminta bantuan orang lain. game ngelag? jaringan ngelag? sekali berteriak gak masalah, tapi jangan berkali-kali. biarkan operator mencari tau dulu apa penyebabnya. 

3. Berbicara kasar dan tidak sopan
Serunya bermain game terkadang membuat mereka tidak sadar akan ucapan yang terlontar dari mulut mereka. itu sangat mengganggu pendengaran orang sekitar dan pelanggan lainnya. bersikaplah tenang saat bermain dan browsing, agar kenyamanan yang lain tetap terjaga saat butuh konsentrasi saat mengetik atau menyelesaikan tugas. 

4. Berjalan-jalan kesana kemari
Pelanggan tidak hanya usia kalangan menengah dewasa atau tua, paling umum usia anak-anak dan remaja. mereka lebih suka berjalan-jalan kesana kemari, seluas apapun lingkungan warnet mereka akan telusuri. tentunya ini sangat mengganggu pandangan kan? merasa risih. belum lagi bocah kecil berjalan mengumpul satu atau lebih, suara tapakan kakinya juga kresah krisuh. menegur mereka adalah paling tepat. wooooyyy!! :D

5. Mengakses situs negatif
Mengakses situs atau browsing memang hak sepenuhnya pelanggan untuk berinternetan. tapi membiarkan mereka/pelanggan yang mengakses situs sembarangan itu adalah kesalahan. jika anda sebagai Operator yang mengetahui hal tersebut, segera melakukan tindakan. hehehe. kan jelas-jelas tuh pemerintah udah melarang dan memblock sites negatif, eh tetap aja di bobol pake anonymox. "kurangi Bandwidth (kuota transfer data) client tersebut, restart saja pc client dari server/billing, atau langsung send block sites yang mereka kunjungi" jika mereka bertanya, katakan saja "Maaf, mungkin mas/bapak tadi ada terklik virus tapi gak sadar, jadi komputernya bisa lelet dan restart sendiri mas/pak" Namun, jika kedapatan oleh anda pelanggan tersebut adalah anak bocah, anda perlu menegur secara langsung mendatangi meja client, biar efektif bhro!

6. Melepas, merusak, mencuri komponen Komputer
Kewajiban Operator tidak hanya fokus dengan layar billing (penjualan) tapi juga harus mengontrol keadaan isi ruangan warnet. Bergerak sedikit atau memperhatikan pelanggan, sekedar basi-basi memantau aktifitas mereka namun sambil mengamati komponen atau aksesoris komputer yang sedang offline (mati) maupun yang sedang online (hidup). bisa saja mereka khilaf melepas kabel tie yang mengikat kabel-kabel keyboard, headset atau kabel power dan lainnya. bisa saja ada sekelompok pengintai juga ingin menjual harta komputer, kan? semoga anda cermat dan hati-hati.

7. Tidak bayar atau kabur
Ini mungkin bisa saja jarang terjadi, ada saatnya kita lengah terhadap pelanggan. disaat-saat kesibukan yang menuntut anda tidak sempat memantau gerak gerik dan sikap pelanggan. sehingga jika anda sering merasa lupa maka sebaiknya mencatat pc client nomor berapa yang belum bayar (tarif personal/bebas) atau pc client nomor berapa yang sedang online (aktif). jangan juga terlalu sibuk dengan urusan pribadi sehingga anda tidak sadar mereka telah kembali (pulang kerumah). jika hal tersebut terjadi, maka anda akan merugi sendiri. sungguh! :D

Demikianlah Ciri-ciri Pelanggan Warnet yang bandel yang perlu diketahui dan diperhatikan, jika anda bekerja di sebuah warnet. dimanapun tempatnya, kita cukup berlapang dada dan sabar menghadapinya. hehe :) Semoga ada manfaatnya untuk dibaca. Terimakasih, Salam Blogging!

85 comments

Saya pernah mbak waktu itu saya main di warnet dekat rumah saya dan saya niatnya mau main game eh penjaga bilingnya nyuruh bentar saya untuk jaga karena dia ada keperluan untungnya kenal kalau tidak saya makan deh.

Terus sehabis itu saya duduk diserver biling warnet saya kira cuman sebentar ternyata sampai berjam jam, dan pengalaman saya pertama kali jaga server dan kebetulan juga warnetnya dekat dengan universitas gitu ditempat saya dan pastilah saya akan sibuk.

Nah waktu saya lagi cek pelanggan melalui server yang sedang saya mainkan satu persatu saya cek mereka mengunjungi situs apa saja eh ternyata ada yang mengunjungi situs yang dilarang dan juga mau didownload segala ya udah kalau begitu saya kurangin saja koneksinya jadi koneksi yang lagi mengunjungi situs yang begituan jadi lelet deh dan akhirnya dia nyerah juga akhirnya keluar dari situs negatif tersebut dan beralih ke medsos biasa dan waktu ngasih uang dia merasa malu karena secara tidak langsung dia ketahuan mengunjungi situs yang dilarang untuk dikunjungi, hahah pasti malu tuh dia.

jangan teman makan teman, kang. jaga amanah kang nurull..wkwk
wuahah, kang nurul memergoki satu satu. jhiaah
bagus tuh kang, jd akhirnya dia maluu tuh.

Rahayy pernah ngalamin 7 point itu semua, ya? Kalau warnetnya berbilik, bbisa jadi akan tambah 1 point lagi kenakalan pelanggan, Hayy... :))

Eh, sempat ada pelanggan yang sampai berurusan sama polisi gak, Hayy? Misalnya mencuri.

hampir semuanya udh om, sedih kan :(
untuk kasus kehilangan perangkat komputer krena pencurian alhamdulillah enggk pernah, kasus tsb hilangnya di jam teman shift malam om.
ada om, skrg pelanggannya di penjara 5 th. :D

Hahaha ada juga ya teh yang sampai kabur kaya gtu ? bahkan miris banget ada yang sampai nyuri komponen komputer segala.
saya sebagai pelanggan warnet paling saya cume berteriak doang sama mondar mandir kesana kemari untuk ngprint atau sekedar meminjam flashdisk :)

hahah. ya begitulah mas fendi. :D
karakternya beda beda.

kalau saya jarang ke warnet, tapi klo sekali ke warnet pasti bising banget orng2 triak, dan juga kebersihan warnet nya gak terjaga, jadi males lgi deh balik ke sna

Saya termasuk yang najkal enggak ya mbak.... Saya sering download trailer film pake IDM.... Hehehe Idm nya bawa sendiri donk xi xixi jadi saya termasuk golongan yang mana ya mbak... Ditunggu jawabanya sesegera mungkin...

wah jawaban adek bisa buat post berikutnya nih ttg kenyamanan warnet bagi pelanggan. thankss yaah ^.^

wah iya nih kang, kang admin bandel. soalnya makek bandwidth over :D paling kang admin tiba" ngerasa ngeleg internet unduhannya jd makin lama, dikecilin tuh sm operatornya. xixixi

iya mba, soal nya siapa juga yg gk senang kalau datang ke warnet, trus warnet nya bersih. masa iya datang ke warnet malah kotor, banyak sampah2 makanan ringan dan yg lainnya

Warnet game tapi malah ada yg download. Ngeselin.

Eahahaha yang ada banwidth nya tak lebihin donk mbak.! Abisnya yang main lebih berpengalaman daripada operatornya mbak xixiixixi.... Nah besok tak bikinin tutornya ya mbak xixiixixi

Harus ada solusinya mbak, misalnya diberi peraturan. nah memanfaatkan cctv kayaknya bagus tuh

ih kang admin nyuri bandwidth kompt lain,hahaha.
bukan gnti ip client kan kang?, awas loh kang ntr kepergok sm op nya di billing. :D

Haha. mas BP pengalaman nih kselnya saat main game ngelag..

smentara ini hny dbuat tulisan warning di tempel dinding aja kang. klo psng cctv blum ad kbijakan dri ownernya. hehe

kalau negatif di warnet sih banyak banget, terutama bicara kasar. banyak banget tuh gamer2 di warnet yang ngomong gak pake etika. kalau warnetnya bagus sih biasanya jarang yang kayak gitu, tapi kalau warnetnya warnet baisa... nah itu banyak

Saya juga pernah kerja jadi Operator warnet mbak. Dan semua ciri-ciri pelanggan warnet di atas udah saya temui. Yang bikin kesel itu bocah kecil kalo lagi main game. Mulutnya nggak bisa diem. Nyrocos mulu :D

aduh jeevv..
iya bgt sih,hehe.
warnet bagus biasanya khusus browsing aja deh, nah klo yg gtu emng iya mgkn sdkit karakter org bandel diatas. hehe

Huuhm bener mas def.
bocil itu lbh byk nyerocos spt beo. haha :D percis lg di kelas pelajaran onarnya macem macem, bahkan bs spt pasar mreka buat. sesak negur ngelarangnya. mkanya aku gk mau jd guru kmren. wkwkw :(

Wah ada satu lagi mungkin ini mbak, datang dari pengguna warnet yang berpasangan, biasanya anak sekolah, nyarinya warnet yang ada biliknya buat pacaran disana..parah kalau udah kaya gt mbak..huhu

Wah ada satu lagi mungkin ini mbak, datang dari pengguna warnet yang berpasangan, biasanya anak sekolah, nyarinya warnet yang ada biliknya buat pacaran disana..parah kalau udah kaya gt mbak..huhu

Saya juga mikir sih kalo pengen buka usaha Warnet (warung internet) pasti ada pelanggan yang bikin gaduh nantinya.. Apa lagi anak-anak yang suka teriak kalo sudah kalah main game, bisa-bisa dapet di banting juga tuh mouse sama keyboard. Disuruh ganti ngk mungkin juga, namanya anak-anak.

Adanya malah rugi ntar. hehehe

Ko mbak rahayu tahu semuanya, apa jangan2 mbak rahayu penjaga warnetnya .. wkwkwkwk

wuiih... pelanggan2 nya mba
profesor2 cilik semua tuh, kalo dilihat dari gambar diatas...

yang disebutkan tidak ada tipe saya neng.
jika saya ke warnet untuk men donlod film action ala dunia barat.
biasanya saya bawa aplikasi yang bisa mempercepat akses, sehingga yang lain bisa mampet loadingnya. hehe

harus dibuatkan neng, di desa saya aja warnet pake cctv berjalan

Aduh kalau kang bos mainnya diwarnet tempat saya dan kebetulan saya lagi main disana saya kasih uang deh kang bosnya supaya berhenti downloadnya. Ahi hi hi.

Kang Nurul Mah begitu, Katanya sahabat kok gak du belain sih lang.! hehehr ganti IP kan bisa palai Anonymox mbak hehhehe

Jadi si Non kerja di warnet toh, enak atuh bisa seharian internetan gratis, hehe...

Kerja warnet jadi tahu macam2 type pengunjung warnet yah, kalo gitu harus pandai2 jaga diri ya non menghadapi berbagai karakter orang...

poin nomer 5 dan 7 sudah pasti ada pada setiap warnet, tinggal operatornya saja yg mesti kudu teliti pada pelanggannya :D

yang paling sering itu berteriak sama ngomong gak sopan wkwkwkkw seriiing banget XD

ternyata rahayu wiandra operator warnet yah,hihi bisa deh numpang ol kapan - kapan
bandel sedikit sedikit gakpapalah mbak, negatif x negatif = positif kan :D
tapi ngomong2
"bah macam mana pulak bisa anak kecil semua yang diwarnet? tak dicarik mamaknya dia?" hehe

cctv jangan jalan, capek kang
naek ojek

kalau pengalaman saya malah operatornya yang buka begituan,hihihi
niat mau panggil seluruh penduduk warnet buat menghajar si operator, ehh rupanya isinya anak kecil semua
miris ya

nah iya dek, op aja risih ngeliatnya. sampah kok bertebaran dimana-mana :(

kang nurul : ahaha. kang bos dikasih duit ya malah ttep lanjut donlotnya kang, duitnya dipake buat nambah waktu paket pasti ntuh :D


kang admin : klo ganti ip nampak dari billing server mas disconnect, op yg peduli dgn client pasti bakal datangin kompt tsb dan memperbaiki kenapa kok terputus. wkwk.
klo pke anonymoux biasanya gak ngaruh bgt sih ke jaringan, asal jgn pke Netcut aj kang admin :(

kang ifrod : ih keren bgt tuh kang, msh status desa udh pke cctv. :D ya gimana yah kang, mesti ownernya deh yg hrus ambil kebijakan pasang cctv

Mbak debe : haha. mbak debe bisa aja

kalau anak sekolah biasanya suka datang pke seragam, saya sruh pulang dulu ganti baju. mereka kadang ngumpul" di 1 room (bilik) kan buat udara pengap di ruangan, saya sruh keluar. yg gak berkepentingan diluar aja :D kalau mau main spt temannya, sini bayar. #sadissayakan :D

bener, kalo kalah main game suka bgt banting mouse dan keyboard. itu tombol keyboard mulai ad yg bolong, mereka merusak. :D
ditegur udah, tapi besoknya lain org lagi. :(

mas iman lukman : bukan mas, saya penjaga sekolah :D haha

kang ifrod : empu tantularr??

kang nurul : kuncen? #googletranslatedulu haha

iya mas rudi. yg kecil itu malah susah diaturr. :(

weleh weleh kang ifrod. jurus andalannya dikeluarin, kasian atuh pelanggan lain :D

saking enaknya pusing kang depan layar terus, makanya saya sesekali mesti ke belakang depan :(
beda orang beda karakter kang, ngeselinn. :'(
iya kang, kudu kuat dan sabar mesti pandai" ngadepinnya :D

kemaren namanya aliando, sekarang nicolas. besok siapa ya masbhro? :D haaha

silahkan mbak, sini sini sekalian kita kopdaran yak :D
wkwkw, jgn pke rumus eksak mbak. bisa aj nih mbak debe. mereka mah ntr negatifnya kuadrat mbak :(

ada mbak, dicariin sampe ketemu telinganya di jewer trus ditabok. serem kan :3 anaknya bandel sikk :D

Yang paling bahaya tuh nyolong RAM atau nukerin processornya jahahah,,, tapi kalau admin lengah yah raip juga tuh komponennya... :D

Kalau ngatur bandwidth atau ngurangin dari billingnya cara kek gimana,, apa lewat pengaturan modem apa langsung dari billing,, kalau di mikrotik biasa suka ada pengaturan buat bandwidth masing - masing client,, nah kalau kasusnya kek diatas,,, cara ngurangin bandwidth secara langsung cara gimana,, apa billingnya emang udah ada pengaturan buat ngurangin bandwidth client

Yang No.7 gue gak pernah lakuain Yu,,, Kecuali kepepet...
Hahahaa....

#Kalimat_Di_Atas_Hanya_fiktif_Belaka

wah kalo nyolong RAM atau nuker processor sptnya tanggung mas, sekalian gendong cantik smua perangkatnya mas (CPU) haha. yg ada ketahuan sm op klo pelanggan lg nyongkel"/bobrok cpu nya.wkwk

hahha.
kepepet apa pura-pura lupa nih? :D

mbak debe : wah itu kalo op nya cowok sih mbak, mungkin yaa.. :D


mas ahmad : dari billing gk ad mas, dari mikrotik yg spt mas sebutkan.. yupp, mengurangi bandwidth masing" client yg ketahuan over download atau buka neg sites :D

oya, sama dong non, saya juga kerjanya ngadepin monitor komputer mulu tiap hari, sampe monitornya bosen kali liat wajah saya wkwkwk...

boleh, asal bayar mbak debe, hehe...

hahaha. monitornya pernah ngmong gtu ke kang maman? aduuh, kang maman bisa aja.. :D

Aduh mbak rahayu ini tau banget ya soal warnet apakah sekarang lagi jaga warnet ?
Ahi hi hi.

enggk tau banget kang, tau doang mah :D
iya nih lg jaga, besok bru off..hehe

Emang mbak kerjanya jaga ya, wih muantappp dong, ahi hi hi
Berarti itu yang diphoto di warnet yang dijaga mbak rahayu dong apakah seperti itu ?

haha, iya bentar lg jagain doi jg kang :D wkwk
photo yg mana nih kang? yg diatas sih itu sumber google. hihi

Kalau ditranslate gak bakalan ketemu mbak soalnya ini bahasa inggris terbaru jadi google tidak akan bisa menerjemahkannya.

Warnetnya khusus game atau untuk umum mbak.

hahaha.
yaudah bisikin aja artinya mas. :D

umum mas, tersedia game juga di belakang.
yg di depan khusus browsing..hehe

Sebenarnya saya juga tidak tau artinya apa, ahi hi hi.

Wis keren dong mbak ada point blanknya gak ?

ahaha.. ih sok pura" lupa mah kang nurul nih

ada dong. itu game nomor 1 disini mas.
wah mas nurul hobi maen game pb yah? :D

Iya mbak tapi sekarang sudah jarang tapi kadang seminggu sekali dan levelnya pun sudah lumayan tinggi, tapi saya baca di internet mau ditutup sama kpai jadi gak semangat lagi nih mbak mainnya.

Koneksinya bagus tidak mbak disana kalau untun pb ?

iya menurut kabar sih gitu, hehe. tpi itu cuma wacana doang :D
pemerintah akhirnya nyuruh ngeblock game berbahaya mas, salah satunya telkom ngeblock. minggu lalu main game pb sempat ngelag sampe akhirnya mau pasang vpn.
skrg udh normal lg sih.. saya gak tau pasti sih gmna ttg kabar itu, hhe

Wah sekarang sudah normal lagi mbak sinyalnya, seperti saya bisa main lagi dong, kalau mbak suka main pb juga ?

hehe, tergantung jringan di warnet nya loh ya.
di tempat saya sih kuenceng :D wkwk
gak hobi mas, males kena headshot teruss >_<

Saya ga pernah yang disebutkan diatas mbak...soalnya saya sangat jarang ke warnet. Bukan apa-apa ya, warnet di dekat tempat tinggalnya yang pelanggannya kebanyakan anak-anak yang main game. Berisik bingit :)

point nomor 6 ngeri banget ya, makanya kebanyakan warnet yang baru buka sengaja ngasih fasilitas seperti headphone dan mouse yang murah-murah biar kalo dicuri gak rugi-rugi banget gitu, heu.. tapi kalau warnet yang sudah bertahun-tahun agak lebih bagus sih fasilitasnya, mungkin mereka sudah pada pasang cctv

iya ketularan lingkungan dan pergaulan teman mereka tuh mas.. miriss

enak dong kalo spt mas pny modem drumah, apalagi sinyalnya mendukung.
iya warnet kebanyakan anak-anak emng berisik, rame spt pasar :3

iya bun, gak perlu yg mahal mahal ya klo pelanggannya doyan ngerusak :D
warnet sini blum byk psng cctv bun, bbrapa aja. hehe

klo saya pake P2Pover, mas. gak perlu install di client. bisa juga utk bagi2 bandwich, soalnya sering client2 abg klo buka youtube gak hanya 1 tab tp banyak tab. mereka juga klo download banyak sekaligus

paling susah klo ada client yg begitu selesai gak langsung bayar, mbak. tp masih nunggu teman2nya selesai dulu. pas bayar rame2 itulah yg sering bikin bingung.

ada juga yg lucu, bilangnya mau ngeprint eeehh kompinya malah dimatikan, alasannya krn dah selesai pake.. gimana bisa ambil data utk ngeprint... wkwkwk

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!