Inilah Wisata Air Terjun di Riau yang membuat Anda tidak menyangka

Sobat Blogger, sudahkah mengenal Riau? Pernahkan anda berkunjung ke daerah kami ini? Mungkin sebagian sobat hanya mengenal Riau kaya akan minyak bumi dan sawit, Riau masih banyak memiliki lahan kosong dan hutan yang luas dan baru-baru tahun kemarin Riau terkena Kabut Asap hingga dampaknya merambah ke Negeri Tetangga. 
Kalau saya sebutkan daerah-daerah Riau yang memiliki Destinasi Wisata Air Terjun, Percaya gak sob? Pasti gak menyangka, kan? Soalnya kan Riau lebih banyak daratan ketimbang wilayah perairan, bahkan sebagian wilayah perairan warna airnya emas kecoklatan. Turis aja lebih banyak berkunjung ke Indonesia di daerah pulau Jawa, kan? hehe.
Tapi jangan salah, sobat. daerah kami juga banyak menyumbang devisa bagi Negeri Kita ini loh. eceilehh, Riau kuuu :) 
So, Inilah Wisata Air Terjun di Riau yang membuat Anda tidak menyangka mau tau dimana aja sob? Save yaah list Air Terjun disini sob, barangkali suatu saat nanti sobat akan berkunjung ke Riau dan kita bisa bersama-sama mengunjunginya. hehe

1.  Air Terjun Pangkalan Kapas
Air Terjun Pangkalan Kapas atau dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Lubuk Bigau karena berada di Desa Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu Kab. Kampar. Air Terjun ini paling Tertinggi di Riau memiliki ketinggian sekitar 150 Meter. Air terjun Pangkalan Kapas bersumber dari aliran sungai Sumatera Barat. Untuk menuju kesini anda harus melewati hutan yang masih alami, jalan setapak yang terjal dan sedikit memanjat tangga kayu. Di sekitar Air Terjun ini anda akan melihat dinding tebing yang tinggi dan bukitan pohon yang hijau sungguh alami. Tertarik untuk kesini, sob?



 2. Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua berada di Desa Tangun, Pasir Pangaraian, Kec. Bangun Purba Kab. Rokan Hulu. Air Terjun ini memiliki 3 Tingkatan, Tingkat Pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas sehingga bisa bermain-main dan mengambil gambar/photo disini. Tingkat Kedua memiliki kolam Air seluas 250 M² bisa digunakan berenang-renang, dan Air Terjun Tingkat Terakhir adalah amazing super wow karena hanya orang-orang tertentu yang bisa mencapai kesana, anda ahli memanjat tebing? Silahkan uji nyali dan kemampuan anda disini. 
karena Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan maka sering disebut Air Terjun Tangga Seribu. dan Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa Mandailing yang artinya Air Bertuah. 


3. Air Terjun 86
Nama Air Terjun ini cukup unik, mengapa? karena letaknya berada di Km. 86 Jalan Raya Lintas Sumatera sehingga disebut Air Terjun 86. Tepatnya di Selatan Desa Batu Ampar Kec. Kemuning Kab. Indragiri Hulu dan berada dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tiga puluh. Ketinggiannya hanya mencapai 50 Meter dan menuju kesini anda harus menggunakan sepeda motor karena jalannya masih tanah dan lumayan terjal. eh, sudah tersedia camping ground loh? mau sambil nginap kan? hihi


4. Air Terjun Guruh Gemurai
Nama Air Terjun Guruh Gemurai diberikan oleh warga sekitar/setempat yang memiliki arti Percikan air yang berserakan dan bergemuruh. Air Terjun ini berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh, perbatasan Sumatera Barat - Riau. Tepatnya di Desa Kasang, Kec. Kuantan Mudik (Lubuk Jambi) Kab. Kuantan Singingi. Untuk menuju tempat ini anda tidak perlu repot, karena sudah tersedia 2 akses jalan yaitu roda dua dan roda empat. Air Terjun ini memiliki ketinggian 20 Meter dan pengunjung bisa dimanjakan dengan panorama sekitar air terjun yang sejuk dan hijau. jika hari libur tempat ini ramai kunjungi karena cukup terjangkau dan sudah dekat dengan kota modern maupun pasar tradisional. 

5. Air Terjun Empunawan
Air Terjun ini sama dengan Air Terjun 86, yaitu sama-sama berada dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Riau. tepatnya di Desa Rantau Langsat Kec. Batang Gansal Kab. Indragiri Hulu. Tempatnya cukup eksotis, mempesona dan tentunya air terjun ini cantik untuk mengabadikan moment anda bersama keluarga dan pasangan. ketinggiannya hanya 31 Meter dan tepat dibawah air terjun anda bisa menikmati kolam air untuk mandi dan berenang. 


6. Air Terjun Batu Dinding
Masih di daerah Kampar - Riau nih sob yaitu Air terjun Batu Dinding yang berada di Desa Tanjung Belit Kec. Kampar Kiri Hulu. untuk menuju kesini sobat melewati banyak pemandangan alam seperti: Kebun karet, sawah, sungai, kebun sawit dan pedesaan yang masih banyak memiliki hewan ternak yang berkeliaran, haha. kemudian menaiki rakit, pompong/sampan dan dilanjutkan dengan jembatan. di kawasan Air terjun batu dinding ini terdapat 3 atraksi alam sebagai objek wisata. 2 air terjun masih dangkal dan rendah, 1 lagi air terjun yang cukup tinggi digunakan sebagai tempat berselancar. disekitar air terjun memang banyak batuan yang berdinding dan bukit serta pohon-pohon pendek untuk berteduh. Cukup menyenangkan ya berlibur disini, sob :)


7. Air Terjun Alahan
Pesona Air Terjun Alahan yang satu ini cukup menantang jiwa Petualang sejatimu, sob. karena Air terjun ini banyak di arungin oleh wisatawan tentunya dengan Perahu karet khusus. daya tarik objek wisata yang satu ini memiliki keindahan dan kesegaran yang tak dapat di tepiskan. untuk Ketinggian Air Terjun ini mencapai 10 hingga 15 Meter. selain itu, kekayaan flora dan fauna yang khas di sekitar kawasan ini juga melengkapi lanskap kunjunganmu, sob. dimana lokasi ini tepatnya? yaitu di hulu Sungai Kampar Kec. Koto XIII Koto Kampar. 


8. Air Terjun Tujuh Tingkat 
Air Terjun yang satu ini gak kalah keren sob, tujuh tingkat loh alirannya. makanya dinamakan Air terjun Tujuh tingkat dan paling ramai saat menjelang ramadhan tiba, warga sekitar akan Mandi Balimau (Baca : Pembersihan diri) disini. Letaknya di Desa Lubuk Ambacang Kec. Hulu Kuantan Kab. Kuantan Singingi. Air Terjun ini mengalir dari tebing ke tebing yang bertingkat tujuh hingga ke Sungai Kuantan. Ketinggian masing-masing tingkatan cukup bervariasi sob. Tingkat pertama hingga keempat  mencapai 5 - 15 Meter. Selanjutnya, Tingkatan atas mencapai 30 Meter lebih. 


Bagaimana Sobat masih tidak menyangka, kah? Unik dan menarik kan Air Terjunnya? Ayo, kapan-kapan kesini ya. Semoga bermanfaat untuk pengetahuan liburan dan menjadi referensi sobat mengunjungi tempat alami di daerah Riau, Air Terjun ini salah satu destinasinya. Happy Blogging :) 

47 komentar:

  1. Sungguh indahnya pemandangan alam di Riau mbak, khususnya air terjunnya. Mengagumkan sekali, kita tidak oerlu jauh-jauh berlibur keliar negri jika destinasi wisata bumi pertiwi sangat indah dan mengagumkan seperti ini. Sungguh destinasi wisata yang patut kita syukuri atas kebesaran Allah SWT. Subhanallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas heri, puasin dulu berkunjung ke wisata di negeri sendiri. :)

      Hapus
  2. gak pernah ke riau sama sekali, kalau mau kesna pun sepertinya bakaln harus ngeluarin budget banyak buat ongkos jalannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung dulu ya biar kesini suatu nnti dek, hehe
      eh byk jg loh org jawa sana merantau disini dek.

      Hapus
  3. Banyak juga ya air terjun di riau ini. tapi kayanya saya tertarik sama air terjun tujuh tingkat nih soalnya engga ada disini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi klo ada 7 bidadari nya kan mas :D

      Hapus
  4. tahun 2003 cukup lama tinggal di pantai raja pengawasan perkebunan sawit, nggak pernah menyempatkan diri untuk singgah dan menikmati panorama air terjun itu semua...hadeuh

    betewe...kalau siang hari admin suka pake bedak putih tebal buat menahan sinar matahari katanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat si pakdhe biar betah kali

      Hapus
    2. Pakdhe : loh pakdhe prnh ke riau toh, di kuansing itu ya pakdhe. sini lgi dong pakdhe biar bisa ngunjungin wisata air terjunnya, hehe.
      terus ngapa pakdhe pindah ke jawa maning? :D

      hahaha, kata siapa pakdhe? wajah saya mah gak perlu di bedakkin udh alami warnanya :D

      Hapus
    3. dulu...tebang jadi kuli doang..ngawasin perkebunan sawit.

      alami warnanya....item kan?

      #cling...menghilang takut tutup panci melayang

      Hapus
    4. wih keren jd pengawas, thn 2003 mah saya msh kelas 3SD pakdhe, msh imut-imutnya :D

      gak item, tapi sawo matang pakdhe :( jhiaah

      tenang pakdhe, saya lembut orgnya. wkwkw

      Hapus
  5. foto si neng yang mana ya? yang kerudung ungu itu tah neng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mana aja boyeeh, kang :D

      Hapus
    2. bukan mang..itu tuh, yang pake kaos singlet putih..naek getek...ya kan neng.

      #garuk-garuk idung blaga bloon

      Hapus
    3. aihh pakdhe, masa' saya teh disamakan sm cwok :(

      Hapus
  6. keindahan alam tak seindah si neng ayu, yang merupakan anugerah tak terhingga untuk semua. harus dipelihara dan dirawat dengan baik supaya untuk generasi yang akan datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn majass atuh, haha :D

      Hapus
    2. modus tingkat dewa euy..c mang ifrod teh geuningan nyak..heheuydeuh

      Hapus
  7. wih ada slogan komen nih gak boleh nyepam!
    menurut si pakdhe-nya si neng. spam itu tidak hanya link, tapi komennya orang tak dikenal alias baru dateng (belum akrab gitu) main nyosor aja pake komen basi; nice post, betul sangat bermanfaat, dll tanpa baca artikel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. budayakan membaca, kang :D ahaha
      makasih kang :)

      Hapus
    2. ih..c mamang doyan banget modusin...sgala jual saya pulak, pakdhe nya...huh

      #sambil melayangkan bogem mentah

      Hapus
    3. ahaha, kaciian kang ifrod.
      dia maunya jd publisher cilembu, pakdhe. :D

      Hapus
  8. Banyak juga ya mbak Rahayu tempat wisata air terjun di Riau. Semoga nanti bisa berkunjung kesana. Kalo di tempat saya ada juga air terjun mbak, namanya air terjun gunung bintan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh, mas defi anak kepri yaaa? eh seriusan? ih, kita anak riaau yaa #jabattangan :D

      Hapus
    2. sbrodo ah...emang saya nanyain air terjun gunung bintan gituh...wew

      Hapus
  9. Air terjunnya boleh juga nih mbak rahayu untuk di kunjungi, tapi sayangnya tempatnya jauh bgt mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kejauhan ya, mas nya di ujung - riau nya di ujung jg :D

      Hapus
    2. kalau diujung kumis saya...apaan, coba?

      Hapus
    3. Kalo dari tasikmalaya sampai ke sana naik apa ya mbak ?

      Hapus
    4. pakdhe : enggk jawab ah, gak tauu :D


      mas lukman : iuhh, pertinyiinmu mas. haha
      saya sarankan sih terbang aja mas, biar cpet nyampe.

      Hapus
  10. Saya pernah liburan main sampai ke Riau Neng, tapi belum bernah blusukan di daerah sana di tempat wisata alamnya yang indah seperti air terjun tersebut di atas. Keren dan indah banegt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemana liburannya pakdhe? Siak? Kampar? Pekanbaru?
      monggo pakdhe liburan kesini lagi..hehe

      Hapus
    2. Riau..neng...Riau....tapi lewat acara Pesona Indonesia di RCTI....gituh ujar mang Indra sambil clingukan..takut ketauan saya

      Hapus
    3. Riau kan punya byk kecamatan dan kabupaten juga pakdhe, hehe.
      riau gituuu looohh :D
      haha, malu pakdhe indra yah ngeliat Riau lwt tv jd clingukan ngmongnya gituuh :3

      Hapus
  11. cukup kiranya men-celetuki komentarnya...sambil ngloyor...pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum disuguhin makanan kok udh bablas pulang toh, pakdhe. :(

      Hapus
  12. gw taunya air terjun pangkalan kapas. ternyata banyak air terjun yang keren yang harus di ekslpore di riau :D

    BalasHapus
  13. Selalu ngiler sama air terjun mbak :-O

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih, tukangjalan-jalan datang. :D ayolah masbro potret air terjun riau kesini..

      Hapus
  14. bagus ya air terjun nya yang ada di riau,, kapan-kapan maen ke riau ahh,, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. barengan yah, ngajakin akuu mas :)

      Hapus
    2. gx ckup ongkos nya klw ber2,, :D

      Hapus
    3. halah, pelit bingitt sih. :(

      Hapus
  15. wuhhh bikin ngiler bikin foto keren mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih keren lg datang masss, jauh lebih keren ntr jepretannya mas angkiss yg suka potret" perjalanan.

      Hapus
  16. Dari ke 8 air terjuan yang disebutkan diatas air jerjun Pangkalan Kapas dan Tuhuh tingkat yang paling asyik yah, terlihat exsotis banget.

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design