Jangan melewatkan Oleh-oleh Khas Riau

Jalan-jalan atau liburan ke suatu daerah tanpa menjajali kuliner dan oleh-oleh khas suatu daerah rasanya belum lengkap. Lucu aja kan pulang liburan tanpa membawa buah tangan, hehe. makanya banyak orang sering banget menggunakan senjata ampuh kepada seseorang/kelompok yang bepergian dan berlibur "Jangan lupa bawa oleh-oleh ya" duh paling gak ketinggalan permintaan yang seperti itu. Dengan demikian kita juga harus mempersiapkan budget lebih untuk memberi oleh-oleh kepada teman dan saudara. Ingat, memberi harus ikhlas juga sob :)
Berhubung saya anak Riau, maka saya ingin mengulas tentang Oleh-oleh Khas Riau. Untuk itu, sobat yang berkunjung atau berlibur ke Riau jangan melewatkannya ya. 

1. Bolu Kemojo
Makanan merupakan paling popular sebagai oleh-oleh. biasanya sajian kering atau yang bisa bertahan lama. Untuk oleh-oleh yang satu ini 'Bolu Kemojo' dibuat dengan cara dikukus tentunya sama seperti anda membuat bolu/cake lainnya. bedanya hanya resep dan bahan-bahan pembuatannya. Bolu Kemojo rasanya kenyal, legit dan mengenyangkan. Saat ini Bolu Kemojo sudah dikembangkan dengan berbagai varian rasa. Ciri khas Bolu Kemojo yaitu warnanya hijau kecokelatan, soal rasa jangan ditanya. Ini merupakan oleh-oleh terkenal dan banyak tersedia di toko kue maupun sudut kota kecil dan ramai di Riau. Cocok untuk anda menikmatinya sambil menyeduh segelas teh hangat.


2. Lempuk Durian
Lempuk durian adalah dodol yang dibuat dengan bahan utamanya 'durian'. rasa duriannya nyentuh banget diujung lidah, kekenyalan lempuknya enak dan istimewa. Bagi anda pecinta durian sayang sekali jika melewatkan oleh-oleh satu ini. lempuk durian juga sudah dipasarkan ke mancanegara loh, anda bisa mudah mendapatkannya di Kota Bengkalis - Riau. Karena disana tempat Lempuk yang paling banyak dan paling enak. 


3. Kacang Pukul 
Mungkin kedengarannya sedikit aneh. Ya karena sebutan nama makanan ini adalah Kacang Pukul. Yup, kacang pukul dibuat dari bahan utama kacang dengan cara dipukul-pukul dengan alat khusus sehingga kacang mengembang dan terlihat mekar. mengolahnya dicampur dengan gula dan sedikit garam halus. makanan ini berasal dari Kota Bagansiapiapi, Rohil - Riau. Makanan ringan ini juga sudah mudah didapatkan di pusat Kota Pekanbaru sebagai oleh-oleh khas Riau. Harganya sekitar Rp.20.000/bungkus.


4. Keripik Nanas
Biasanya kita mengenal keripik singkong, keripik nangka dan keripik pisang. maka tak ada salahnya mencoba makanan satu ini yang lain dari biasanya. Keripik Nanas yaitu Nanas yang sudah matang dibuat dengan cara dikeringkan atau dijemur dibawah terik matahari. Prosesnya yang kreatif ini menjadikan rasa Keripik Nanas menjadi renyah, gurih dan enak. 


5. Kerupuk Atom
Kerupuk atom adalah Kerupuk yang berbentuk bulat dan kriuknya menggoda. bahan pembuatannya yaitu dari Ikan, tepung, telur, gula, garam dan minyak nabati. Rasa adonan Ikannya menjadikan enak dan gurih. Oleh-oleh satu ini cocok dinikmati sebagai cemilan saat makan nasi bisa juga sebagai pengganti lauk makan. Kerupuk atom yang paling terkenal yaitu Kerupuk Atom Hanafa.


6. Kue Bangkit
Kue bangkit merupakan khas suku Melayu - Riau. Kue berwarna putih kekuningan dengan noktah merah diatasnya. teksturnya halus dan mudah remuk di mulut. Kue Bangkit banyak ditemui di Toko-toko kue di sudut kota Riau. Makanan satu ini juga sering dibuat oleh Ibu-ibu rumahan tak terkecuali sebagai kue lebaran. Berbagai rasa varian dari Kue bangkit juga sudah tersedia; rasa durian, kelapa, kacang, jeruk purut, Vanilla, Cokelat, Jahe, Pandan dan lainnya.


Sebagai pelengkap anda bisa mengunjungi situs www.oleholehriau.com jika ingin memesan secara Online dan bagi anda yang diluar Riau berkeinginan menikmati oleh-oleh Riau. 

Selain Makanan ringan atau cemilan diatas, mungkin anda juga bisa memilih Oleh-oleh Khas Riau yang tidak hanya berupa makanan. Karena Makanan bisa mudah cepat habis dalam sekejap. hehe
7. Batik Corak Riau
Jika anda peminat fashion atau suka berbelanja dan mengoleksi baju, tak ada salahnya jika berbekal oleh-oleh Baju Batik ber-corak Riau. Corak batiknya tentu motif Melayu. Memang Batik yang melegenda adalah Batik yang berasal dari Pulau Jawa, ternyata Riau juga ada dan unik membuatnya. dibuat dengan cara eksklusif yaitu handmade dan lilin cair. Kualitasnya juga bagus dan tidak mudah luntur tentu dibuat oleh Perajin batik yang handal. Jika Anda berminat juga bisa langsung memesannya disini.


8. Kaos Pekanbaru - Riau
Sama seperti daerah lainnya, Riau juga membuat oleh-oleh yang berbahan dasar kain/baju. Baju yang ringan digunakan dan simple yaitu Kaos. Kaos khas dari Riau tentu bermotif dan bertemakan Riau. Bisa daerah Pekanbaru, Siak, Bengkalis, atau secara umum Kota Riau, misalnya; 'I Love Riau' 'I Love Pekanbaru' 'I Love Bengkalis' I Love You' eheheh :D
Untuk harga sangat terjangkau dibandrol seharga Rp.25.000,- tergantung juga jenis dan kualitas bahan serta temanya. Silahkan ditawar-tawar jika anda menyukai penawaran. wkwk


Semoga ulasan tentang beberapa oleh-oleh khas diatas membuat anda tertarik untuk berkunjung ke Kota Riau. Tentunya, Jangan melewatkan Oleh-oleh Khas Riau ya. Semoga bermanfaat sebagai referensi anda :) Salam Blogging!

28 komentar:

  1. laperr wih dah lama gak makan kerupuk atom. disini ada jual tapi rata - rata amem

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak di medan or di riau sik? :D
      plastiknya gak rapet mgkn ya, jd sengit rasanya..

      Hapus
    2. saya di medan
      lah ya amem orang dari riau bawanya

      Hapus
  2. Oleh-oleh khas riaunya bikin menggugah selera.

    Batik riaunya bagus juga tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lempuk durian wajib dicoba mas rofi. enyak!
      hehe, org jawa pasti sngat suka batik :)

      Hapus
  3. Bolu kemojonya pasti rasanya enak banget tuh, ada resepnya nya mbak, bolu kemojonya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.resepnasional.com/cara-membuat-kue-bolu-kemojo-khas-pekanbaru-riau/ coba ini aja mbak, sumber googling :D
      buatkan saya bolu kemojonya ya mbak..ehehe

      Hapus
  4. sangat tertarik pengen nyobain kue bangkit... hmm,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar Semangat tetap BANGKIT ya mas idp! (y)

      Hapus
  5. Aku fokus ke kulinernya, Hayy... Sudah kebayang gimana rasanya buka puasa dengan camilan super lezat itu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) haha iya nih om, pas menghidangkan cemilan buat buka puasa yaah.

      Hapus
  6. haha Unik namanya kacang pukul :D kirain itu ada sejarahnya ehh gak tahunya cara pembuatannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. iya mas buatnya dipukul-pukul biar lembut dan mengembang kacangnya.

      Hapus
    2. Btw Bolu kumojo itu seperti wiwingka gak sih ? tau kan mba kue atau bolu wiwingka ?

      Hapus
  7. Keripik nanas pengen nyobain..soalnya baru dengar saya mbak...hehe PASTI enak tu

    Kalau untuk LEMPUK durian, sudah tidak aneh lagi. Sudah sering makan karena ibu saya sering bikin sendiri. nama makanannya pun sama dengan BATURAJA (sumsel). Kebetulan saya juga suku Ogan Baturaja campur Lampung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi nanas langka mas..

      wih enak dong makan tanpa bayar. ayo mas kirimin ksni buatan ibu, saya pengen coba dodol lampung gimana. :D

      Hapus
  8. BW pas abis subuh, lihat kacang pukul, bikin selera langsung ngumpul, full!
    Hahaha...
    Baru tahu kalau Riau banyak kuliner khas ya.
    Tahunya cuma pisang goreng Pontianak yang di jalan apa tuh... lupaa. Cuma ingat kalau beli kudu antri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, jgn tergoda bunda.. :)

      duuh pisang goreng byk kali memang bun di pinggiran kota, eh ad pisang goreng pontianak ya? belum eksplore bun :D pernah ke Riau kapan bun? ayodong sini lgi..hehe

      Hapus
  9. Mulai dari jenis makanan2 khas pulau Riau, bikin lidah bergoyang mbak. Lumer rasanya kalo bisa makan salahsatu atau nyobain semua kuliner makanan tsb :D

    BalasHapus
  10. Keripik Nanas? Aaaakh uniiiik hihihi

    tapi yang bikin ngiler kayaknya tetep kacang pukul deh :D bentuknya loooohh menggoda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buat sndiri keripik nanasnya feb :D

      yg lain jg menggoddaa febb... :D

      Hapus
  11. Kalau yang pernah saya coba sih mbak baru kue bangkit dan yang lain belum karena enak sih rasanya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue bangkit itu familiar bgt kan ya, lebaran byk org buat. hehe
      kok yg lain blum nyoba udh tau rasanya enak kang? :D bisaa aja :-/

      Hapus
  12. di Pangandaran semua yang disebutkan diatas belum Anda,, eh gak tau juga sih,, tapi emang kalau beda pulau udah beda lagi jenis makanannya...

    BalasHapus
  13. kacang pukulnya menarik buat dinikmatin kayaknya mbak hehehe... wah resepnya gimana tuh cara buatnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacangnya dipukul-pukul mas angki =))

      Hapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design