Kenali Manfaat dan Kerugian mengunyah Permen Karet

Masih ingat kan mengunyah permen karet bagaimana asyiknya saat jaman Sekolah dulu? permen karet yang rasanya kenyal, manis dan mudah di gelembungkan adalah makanan cemilan kesukaan sebagian orang, terutama anak kecil. Permen karet itu semakin dikunyah, semakin terasa manis, semakin mengunyah lagi semakin pahit. hmm...apakah semasa kecil sobat blogger menggemari mengunyah permen karet? lalu, adakah "Manfaat dan Kerugian mengunyah Permen Karet" tersebut? Yuk kita bahas, chek this point!


*. Manfaat mengunyah Permen Karet

1. Mencegah bau mulut
Saat ini, permen karet sudah banyak jenisnya. dibuat dengan berbagai bentuk dan aneka rasa. tentunya mengubah bau mulut dan memberikan kesegaran pada pernafasan anda. jadi sebagian orang justru mengunyah permen karet adalah menghindari adanya bau mulut. 

2. Cemilan, Mencegah rasa lapar
Jika anda salah satu doyan ngemeal makanan dan sulit mengurangi asupan makanan, mungkin sebaiknya sering-sering mengunyah permen karet. semakin banyak mengunyah dapat mengurangi rasa lapar dan membantu program diet anda, coba lakukan ya! hehe

3. Meningkatkan konsentrasi dan otak menjadi lebih aktif
Selama proses pengunyahan permen karet terus menerus, otak menjadi lebih aktif dan kegiatan berkonsentrasi menjadi lebih meningkat. hal ini menghindari anda dari "diam dan bengong" karena mengunyah secara langsung telah menstimulus otak dan otot mulut anda menjadi bekerja. sebuah tinjauan penelitian membuktikan bahwa mengunyah permen dapat memperbaiki area kognitif (kesadaran, pemahaman), seperti memory episodik (ingatan masa lalu), memory kerja dan kecepatan mengolah persepsi. 

4. Memperlancar Pencernaan  
Semakin banyak mengunyah tentu banyak menghasilkan air liur. untuk itu air liur yang dihasilkan membantu peran pencernaan dalam diri anda. sehingga produksi air liur yang turun ke perut mencegah terjadinya asam lambung.

5. Mengurangi beban dan stress
Bagaimana rasanya saat anda memiliki masalah (beban dan stress) kemudian sambil mengunyah permen karet? memang, sebenarnya masalah tanpa diatasi tidak akan selesai, namun dengan mengunyah permen karet otot anda tidak tegang lagi, tensi emosional anda berkurang dan setidaknya mengurangi sekelumit beban fikiran anda. perasaan anda menjadi enjoy, rileks dan tenang

6. Mengencangkan kulit wajah
Seorang Peneliti Amerika membuktikan bahwa mengunyah permen karet selama 15 menit dapat mengencangkan kulit wajah karena saat mengunyah otot-otot wajah kita ikut bergerak dan bekerja. kemudian memperlancar aliran darah di bagian wajah. sehingga juga dapat memperlambat keriput pada wajah atau penuaan. mau cantik? silahkan coba!

Setelah mengenali manfaat diatas, lalu apa saja kerugian mengunyah Permen Karet? Berikut rangkumannya, sob!

*. Kerugian mengunyah Permen Karet

1. Kerusakan pada Gigi
Karena Permen mengandung glukosa (rasa manis dan gula) mengakibatkan kunyahan permen karet meninggalkan rasa manis pada gigi anda. rasa manis yang tertinggal akan menjadi bakteri dan berubah menjadi asam yang mengurai ke kalsium gigi (email gigi) dan mengakibatkan gigi menjadi rusak, biasanya menjadi berlubang.

2. Sakit kembung dan diare
Mengunyah permen karet saat menggelembungkan di udara tentunya menyebabkan udara banyak tertelan, hal tersebut mengakibatkan anda terserang Irritable bowel syndrome (Sakit perut kembung). dan kandungan pemanis buatan pada Permen karet yaitu sorbitol dan manitol bisa membuat anda menjadi diare jika mengkonsumsinya secara banyak atau berlebihan.

3. Bahaya tertelan
Hal yang harus di waspadai saat mengunyah permen karet adalah menelan sisa permen karet atau tertelan tidak sengaja. karena tertelannya permen karet bisa membuat kerongkongan anda menjadi tertutup sehingga tersedak. sering menelan permen karet dengan sengaja pun bisa menyebabkan penyakit : gangguan pencernaan, sembelit, berat badan meningkat, penyakit chron (penyempitan usus), dan terakhir kematian.

4. Mudah lengket dan mengganggu
Kita tahu bahwa permen karet itu mudah lengket. maka tak jarang terkadang banyak anak usil dan jahil melakukan sesuatu terhadap orang lain dengan sengaja meletakkan dan membuang sembarangan sisa permen karet. lengketnya jika sudah kering sangat mengganggu dan merusak sesuatu. tentu kita merasa terganggu dan merasa jijik, bukan?

Demikian Artikel mengenai Manfaat dan Kerugian mengunyah Permen Karet Semoga penjelasan diatas dapat membantu kita mengenali benda kecil tersebut dengan mengkonsumsi secara baik dan hati-hati. Terimakasih atas kesedian anda membaca, semoga bermanfaat. Salam blogging!
Tag : Kesehatan
31 Komentar untuk "Kenali Manfaat dan Kerugian mengunyah Permen Karet"

Waktu smk saya sering banget mbak ngunyah permen karet, tapi sekarang sudah enggak tapi manfaatnya okeh juga dan yang saya tidak suka kok ada kerugiannya ya mbak padahal premen karet bermanfaat juga untuk kesehatan.

tutup mata aja mas melihat kerugiannya, kan mas lukman makan permen karetnya dulu jaman SMK..hehe

Mbak itu bukan mas lukman tapi Kang Nurul Iman mbak, bedaaaa mbak :P

Ternyata mbak ini lucu juga ya ... hehehehe

pantesan kok sekarang keliatan kencang tuh kulitnya :D

kemarin dapet hadiah laangsung beliin permen karet ya wkwkwk
sering2 dapet hadiah ya mbak :)

owalah, iya baru sadar. hehe
saya susah bedain mana yg kakak mana yg adik, begini jadinya
#ehloh :D

jhiaahhhh mas hendry :D aduuh
mas hendry mau permen karet juga? msh banyak nih. hehe

ntah kenapa klo ngunyah permen karet jadi konsentrasi bertambah :D, jadi lebih fokus gituu hahaha

fokus maen game yaaah? fokus belajar? fokus ngeblog?

Kallau ngunya pastinya jadi tidak ngatuk, dan bisa senam mulut. ha,, ha, ha,

entah kenapa saya kurang suka dengan permen. mungkin karena lebih enak ngopi kali ya.

hahaa, bener tuh pakdhe indra :)

tapi kan kopi pahiiit, buun :(

ngunyah permen karet saat pesawat take off menambah ketinggian,

sangat terasa dapat mengatasi tekanan udara dalam pendengaran, dalam kuping jadi terasa plooooong. terimakasih permen karetnya wangiiiii :)

terakhir makan permen karet pas SMP, abis itu udah gak pernah lagi :(

baru tahu kalo permen karet berguna juga ih :p

Haduh si mbak ini, ngak bisa bedain mana yang ganteng mana yang cakep .. hahahaha :P
Mungkin mbak rahayu itu lagi butuh aqua mbak :P

jhiahaha :D itu mah sama aja ganteng cakkep
iyaa, saya butuh aqua,mass. ada AQUAAA??

haduh, saya belum pernh naek pesawat. saya mah takut ketinggian, prnh manjat menara kaki lgsg gemerinding :( hihi
mgkn klo bgitu, saya menutup mata sekejap aja bunda..
sama-sama bunda, bawa aja permen karetnya semua bun.. :D

hmm, jng" lupa lagi nih mas BP ngunyah permen karet gimana, gelembungin permen karet gimana :D
iya, saking bergunanya sring digunain buat ngerjain org :-/ ckckck

ngeblog sama nggame mba hehehe

ohh jadi bahaya ya mba klo permen karet nya tertelan ? saya malah suka nelan permen karet dengan sengaja, apa engga bahaya yuh mba kaya gtu ?

Teu aya mbak aya oge air cup :D

Iya bahaya mas fendi, bisa ngumpul di usus ntr, sakit chron :( seremm kan

Banyak juga ya mbak manfaat dari mengunyah permen karet. Tapi yang paling harus diingat jangan buang sembarangan sisa kunyahan permen karetnya itu. Bukan begitu mbak?

seimbang juga antara manfaat dan kerugiannya mas defi. tergantung yg makan..hehe
iya sebaiknya sisa kunyahan di buang ke tong sampah, jgn smpek ke injek sandal. lengkeett :D

Hmm sepertinya ada kemistri nih antara mbak sama kang iman lukman, ahi hi hi.

Kang Lukman : artinya naon yak? saya taunya kumaha doang :D
Kang Nurul : kemistri, serem juga mirip misteri gitu yaah :D wkwk

Ahi hi hi, bukan mbak kemistri itu hubungan atau kedekatan yang terjalin diantara you and you, ahi hi hi.

Dulu suka banget makan permen karet, sekarang mah enggak. :D

sama bun, saya juga.
mungkin faktor usia ya bun, ini kan jajanan anak kecil. hehe

Pembahasan mengenai permen karet jd keinget sama lupus mbak, yang identik dengan permen karetnya, hehe

Ternyata banyak juga manfaatnya, dah lama rasanya g ngunyah permen karet, mbak Rahayu bikin artikel jadi pengen beli permen karet. Iseng2 nulis blog sama ngunyah permen karet, sepertinya menambah inspirasi. Artikelnya menggugah semangat ini mbak..mantapp :)

wah aku belum prnh nnton film lupus atau baca bukunya. cuma tau gtu aja dari teman fb yg suka dgn dunia lupus.
kalau gak terbiasa ngunyah permen karet mgkn bs dgnti permen biasa mas heri indra.. :)

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top