Manfaat mendengarkan Musik bagi Kesehatan

Kalo sobat pecinta aliran musik, gak dengerin musik sehari aja pasti hidupnya tragis. gak ngafalin lagu band kesayangannya berarti bukan fans. gak muterin lagu hits nya berarti gak kekinian. 
Musik banyak jenisnya : klasik, Jazz, Funk, Pop, rock, dangdut, sampe jenis musik metal pun ada. Tetapi, lain orang lain pula jenis musik yang di sukainya. kalo saya sih demennya musik pop, band band yang popular dan genre lagunya romantic dan slow. tapi saya bukan pecinta, mendengarkan musik untuk saat-saat tertentu aja. pas lagi ngambekan sama pacar dengerin musik, eh brebes. pas lagi nonton film dapet cuplikan lagu yang menyentuh, akhirnya dengerin. pas lagi ngumpul bareng sama temen-temen direkomendasiin lagu keren, ih suka; puterr. Nah, rupanya manfaat atau efek dari mendengarkan musik ada loh bagi kesehatan. Ini diaa Manfaat mendengarkan Musik bagi Kesehatan!
Sumber : www.cosmopolitan.com

1. Meningkatkan Mood 
Para Peneliti McGill di Universitas Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan dapat memicu Pelepasan Hormon Dopamin, yaitu hormon bahagia. bahagia adalah jenis mood (suasana hati) yang bagus. jadi sepakat ya kalau manfaat musik dapat meningkatkan mood seseorang/pribadi. contohnya : Tetangga saya pagi-pagi udah dengerin musik padahal dia saat itu lagi bersihkan halaman rumah, berarti musik yang di dengarkannya menambah semangat dirinya dalam membersihkan dan menata halaman rumah. terbukti loh, halaman rumahnya jadi bersih, hijau berseri dan bunganya wangi semerbak. 

2. Membantu lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu
Musik bisa membantu peran seseorang dalam fokus belajar, membaca atau menghitung. tapi tidak untuk semua orang, ada sebagian orang lebih memilih untuk belajar dalam keadaan tenang dan hening, contohnya saya sendiri. dulu waktu sekolah, jika saya belajar jangan ada 1 barang kecilpun terdengar mengganggu telinga saya. kalo ada, saya bakal mencari sumber suaranya!. 
Tetapi berbeda dengan teman sebelah bangku saya, dia mah enak enak aja belajar sambil nyanyi sambil dengerin musik, nilai tugasnya imbang-imbang saya :'( 

3. Melepaskan Stress (Penat)
Hampir banyak orang yang mengatakan mendengarkan musik saat stress menghadapi pekerjaan bisa melepaskan rasa stress (penat) tersebut. musik menjadi penyemangatnya, musik mengurangi beban masalahnya. Saya sering melihat teman saya saat lagi stress menghadapi editan gambarnya dia malah menjadi lebih rileks saat mendengarkan musik. katanya, musik bagi dia adalah teman setia. lagu favoritnya Adista - Mencoba Setia (ketahuan bukan stress sama kerjaan, tapi lagi stress sama pacarnya)

4. Kesehatan mental 
Bagi mereka yang mengalami kesehatan mental, mendengarkan musik menjadi pengobatan yang efektif dan positif. melalui terapi musik, musik yang di dengarkan menjadi sarana komunikasi dan ekspresi diri bagi penyembuhan kesehatan mental mereka. 
Saya jadi teringat pada sebuah film yang pernah saya tonton, tokoh dalam film tersebut mengalami gangguan mental dan saat mendengarkan musik ia tiba-tiba teringat pada suatu kejadian dan meneteskan air mata kemudian bercerita dan menyebut-nyebut sesuatu.

5. Meningkatkan kecerdasan (IQ), daya ingat dan percaya diri bagi anak kecil
Mengenalkan musik kepada anak anda merupakan solusi yang baik bagi perkembangan dirinya. tentunya musik yang baik, lembut dan mengandung nilai edukasi. kecerdasan anak kecil anda akan meningkat dan dia mudah menyanyikan sebuah lagu meski masih terbata-bata mengucapkannya, tentu karena musik juga memiliki peran meningkatkan daya ingat anak. selain itu, mendengarkan musik bagi anak akan merangsang bagian otak yang berhubungan dengan membaca, menghitung, dan perkembangan emosional (percaya diri) anak itu sendiri. 
Pernah kan menjumpai anak bisa bernyanyi sendiri? atau melanjutkan bernyanyi saat kita suruh? berarti musik adalah stimulus yang bagus terhadap anak kecil.

Sekarang sesuaikan musik pilihan anda sendiri, musik seperti apasih yang cocok dan anda sukai? jika anda peminat musik rock maka tidak akan mungkin mendengarkan musik klasik, dan bagi orang yang suka lagu pop belum tentu juga suka musik rock. atau lagu dangdut yang membangkitkan inspirasi dan semangat anda? 
Apapun jenis musik anda, anda pun menyukainya berarti musik itulah yang bermanfaat bagi kesehatan anda :)

42 comments

Kalo mendengarkan musik itu bawaannya pengen tidur aja mbak :D tapi kalo saya yang nyanyi dan mainin gitarnya itu lebih asik dan bermanfaat sekali mbak .. hehehe

Hahhh, yuupp! saya kalo istrahat jg kadang dger musik dulu biar bisa tidur.
wah keren bs main gitar sekaliguss nyanyi. mau dong dinyanyiin juga :D

Kalo istirahat tidur saya mah suka pusing mbak ...
Boleh .. boleh saja mbak mau lagu apa ya mbak ?

itu tidurnya mas lukman karna kelebihan kapasitas tuh, :p
judulnya "Everything I do" eeaakk :D

Sy paling benci dengerin musik pas lagi nyetir.. ngantuk bawaannya.
Masalahnya klau nd dengeri musik penumpang protes... serba salah.. jdi mesti di biasakn..

memang sih mas dngerin musik dalam perjalanan itu enak, tpi kalo membahayakan yg nyetir jg harus di waspadai. penumpang hrus mengerti. hehe

Satu lagi mbak bagi saya mendengarkan musik membuat saya banyak mendapatkan inspirasi... He he he salam kenal mbak

bagus, suka musik jg ya mas ^.^
Salam kenal kembali mas :)

saya nambah mbak, bagi saya dengerin musik bisa bernostalgia inget-inget mantan hehehe

waduh, banyakann mantan nih kang rohimm..
kang kalo dger lagu mantan jgn berebess yaah :D

tak ada musik dunia tidak berisik, itu menurut bang H. Rhoma, betullll
http://www.kangalip.com/

di tempat saya ada terapi musik neng,

itu tergantung musiknya juga mas, jika pake musik rock gimana

Kadang dari dengerin musik bisa juga muncul untuk membuat artikel.

Kalau saya penkmat semua jenis musik, apalagi kalau jenis musik etnik itu paling saya suka.

waduuuh....Adi emangnya nggak tengsin lu pasang link (mati) di kotak komentar blog cewe?

farah pisan ih

aiiih...kenapa saya mah baru ngeh kalau dengerin musik itu manfaatnya seperti yang dijabarkan diatas itu ya?....kmane aje kitanya selama ini. coba?

komentarnya modus banget iih

beuh....gayanya....
emang musik etnik ada grup band nya ya mang?

maksudnya sambil menawarkan diri...neng

(ngasih tau kalau mang A Said lagi jomblo...neng mau nggak)....gituh maksudnya

inspirasi....inspirasi dari hooongkoong keiless

emang kalau narik angkot suka serba salah sih

dengerin musik mah...dengerin ajah atuh, ngapain segala ada yang menggantungnya sih?

beuh...mang Ifrod ngikutin saya manggil NENG.....nengtet mereunan mah ah

semua udah diceletukin...pulang ah.


about, disclaimer dan contact nya kok nggak ada?
belum jadi ya?

@ kang Ifrod Maksum, kasihan kang ina bobonya sudah bobo jadi tidak bisa di ganggu, ganti sama lagu yang lainnya :D

meningkatkan mood, bener banget. Apalagi kalo musik EDM :D

musik is my life, asik gak tuh mbak :D

abis kaolo denger musik mamang tidur sih

betul bngt non, musik itu banyak sekali manfaatnya, apalagi saat menulis artikel blog, wah harus ada itu biar tambah sumriwing...

Aku jarang banget dengerin musik, malah gak bisa fokus -,-

kalau jenis musik yang saya dengarkan cuma satu yang jenis nasyid tanpa suara alat musik, akapela kalau ndak salah namanya, suara intonasi yang naik turun dan berirama bikin asyik apalagi kalau lagu2 religi, bikin iman naik terus... hehehe salam

Nambahin 1 mba Dengerin musik itu membuat kita menjadi lebih tenang dan damai terbebas dari masalah :)

musik memang buat nyaman saya kalau lagi di landa kesedihan heheh

Ehm ternyata musik berdampak juga ya mbak terhadap kesehatan, hmm seperti harus rajin lagi nih denger lagu, ahi hi hi.
Biar sehat.

Menurut analisa sayyaa.. musik itu teman sejati mau dibawa ke mana aja, kalau yang lain, belum tentu mau di ajak "kemana-mana"

wah kalo saya dah lama gak denget musik mbak hehe... mungkin kalo gak sengaja aja hehe....

banyak nya manfaat mendengar musik jadi pengen dengar musik mb :D

memnag dengar musik banyak manfaat nya, bisa jadi hilang kegalauan juga atuh neng :D

New comments are not allowed.