Penggunaan Listrik Prabayar dan Keunggulannya

Sejak awal November 2015 lalu, Warnet Multinet mulai menggunakan Listrik Sistem Prabayar demi menghemat penggunaan listrik dan sebagai rekomendasi Listrik Pintar dari Kantor Cabang PLN terdekat. Saya yang mulanya tidak pernah berurusan dengan listrik dan termasuk boros listrik (suka ngechas hp berkali-kali,ehehe) akhirnya saya harus mengenal Listrik Prabayar itu apa dan penggunaannya bagaimana sekaligus membeli token listrik agar nyawa warnet tetap berlanjut. hehehe

Meteran Prabayar 

Apa itu Listrik Prabayar?   
Listrik Prabayar berarti Pra (Sebelum) sedangkan Bayar (membeli/memberi uang) jadi Listrik Prabayar ialah membeli/membayar token listrik (saldo) dulu sebelum digunakan.
Listrik Prabayar sendiri merupakan terobosan PLN untuk mengendalikan setiap pelanggan dalam menggunakan listrik. Tujuannya biar hemat dan cerdas dalam menyikapi penggunaan listrik. ini kebijakan dari Pemerintah. Jadi, berbeda dengan yang umum yaitu Listrik Pascabayar, menggunakan listrik dulu ntar baru dibayar seberapa besar pemakaian energi listrik setiap bulannya.

Listrik Prabayar juga punya meteran khusus untuk menampilkan jumlah sisa kWh (kilowatt-hour) yang sedang berjalan, jadi, Pelanggan mudah memperkirakan kapan habisnya, kapan juga harus isi ulang tokennya. Untuk kesediaan token listrik prabayar pun mudah didapat, sekarang jangkauannya sudah meluas. Bisa membeli ke Indomaret/Alfamart terdekat, atau ke Loket Pembayaran PLN. Harganya bervariasi, ditentukan kebutuhan anda sendiri.

Dengan kemudahan bayar Tagihan/pembelian token melalui aplikasi BebasBayarkita gak perlu jauh-jauh datang ke Indomaret/Alfamart maupun loket Pembayaran PLN, tinggal Login pilih menu pembelian - listrik - pilih prabayar, beres deh. kemudian masukkan token listrik sebanyak 20 digit ke Meteran Prabayar (MPB).


Cara memasukkan token ke Meteran Prabayar pun mudah :
*. Anda perlu memanjat mencapai Meteran Prabayar
*. Tekan angka token sebanyak 20 digit di Meteran
*. Kemudian tekan enter (tombol merah)
*. Sekarang saldo kWh pun sudah bertambah


Apa saja keunggulan menggunakan sistem Listrik Prabayar?
Bagi Anda yang memiliki sewa kontrakan atau membuka Usaha bisnis tentu penggunaan listrik membutuhkan energi listrik yang besar, kan. Inilah kehadiran Listrik Prabayar sebagai solusinya.

Keunggulan :
*. Tentunya Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik
*. Bisa disesuaikan dengan anggaran belanja
*. Gak ada biaya keterlambatan seperti di listrik pascabayar,hehe
*. Gak ada lagi Petugas PLN mencatat meteran anda
*. Jaringan luas dalam pembelian Listrik prabayar, bisa dimana saja
*. Solusi tepat bagi pengelola usaha atau bisnis. bisa disesuaikan golongan loh.

Jadi apa manfaatnya bagi anda? anda bisa menghindari boros listrik. jikalau kWh/saldo listrik sudah habis maka listrik akan mati dengan sendirinya, sama saat anda kehabisan pulsa saat menelfon pacar langsung berbunyi "tuttt tuttt...tulilutt" namun, sebelum kwh listrik benar-benar habis biasanya akan terdengar suara alarm sebagai warning/pengingat anda. Terimakasih, Semoga bermanfaat :)

9 comments

Listrik di rumah masih menggunakan yang konvensional. Kalau di ganti prabayar kira kira kena biaya nggak ya?

Bayar administrasi aja mas untuk pengisian formulir dan materai.
ya paling kalau kita kasihan sm teknisi/petugas PLN nya untuk migrasi ke prabayar ksh uang keringat dia lah..hehe
gitu sih yg saya tauu.hhe

Kalausayamah masih pake listrik yang biasa mba...

saya dirumah juga msh pke biasa mas..hehe

Negatifnya kalau kita belum beli pulsa/saldo karena belum punya uang listrik prabayar akan berisik tutututut :D kalau di rumah saya masih pakai listrik jadul yaitu pascabayar. tetapi itu saja sudah untung daripada belum pasang listrik kan :D

haha. nasib desa saya dlu bgt mas, belum kebagian listrik PLN. pake mesin diesel. you know diesel mas? haha
atau pke lampu semprong,wkkw
sekarang udah enak bgt yaa kan

Di rumah saya juga pakai listrik prabayar mbak. Menurut saya lebih hemat dan mudah, karena kita bisa mengontrol sendiri penggunaan listriknya.

wah udh merata ya dsna listrik pintar mas def?

Alhamdulillah dirumah saya sudah pakai listrik prabayar mbak :)

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!