Penyebab Printer OFFLINE (rusak/mati)

Printer Offline menandakan printer sedang dalam keadaan mati (off) atau tidak terhubung ke komputer. bisa juga terdapat masalah pada printer maupun driver printer di komputer. Apakah Printer anda saat ini sedang mati atau tidak digunakan? Beginikah Penyebab Printer Sobat Offline? padahal semestinya sobat bisa menggunakan printer untuk urusan tugas sekolah dan pekerjaan. 

1. Kabel Power Printer rusak atau bermasalah
Penyebab Printer menjadi offline bisa karena kabel Power Printer. Printer yang sudah sering digunakan atau usia printer sudah tua kemungkinan besar menjadi masalah bagi kabel power. yang selama ini posisi kabel power terhimpit, terjepit, longgar membuat arus listrik pada kabel power tidak bekerja secara optimal. untuk itu sobat perlu mengganti kabel power printer dengan kabel baru (original) sesuai pabrikan printernya. 

2. Driver Printer belum terpasang dengan baik
Menghubungkan Printer dengan Komputer membutuhkan software atau yang dikenal driver printer. biasanya jika kita membeli printer baru akan tersedia kaset printer, itulah yang digunakan untuk menjalankan percetakan pada komputer ke printer. namun, terkadang kesalahan saat instalasi membuat printer tidak bekerja/working dengan sempurna. untuk itu menginstall/memasang driver printer ke komputer perlu memperhatikan buku petunjuk untuk panduan anda menginstall secara baik dan teratur. jangan lupa juga sambungkan kabel ke printer dan komputer agar bisa diproses.

3. Driver Printer tidak Kompatibel
Kesalahan memasang driver Printer yang tidak kompatible/support mengakibatkan tidak adanya keserasian atau kecocokan. untuk itu, meski kaset/cd driver printer anda hilang carilah driver printer sesuai jenis/merk printer anda. jangan mengunduh driver pada link yang tidak terpercaya, carilah link/website resmi pada produk printer anda. misalnya driver printer 

4. Kertas nyangkut (paper jam) dan tinta habis/kering
Saat akan mengeprint perlu diperhatikan posisi kertas dan jenis kertas bagaimana. posisi kertas yang salah dan kertas yang tidak mulus/berlipat-lipat bisa menyebabkan kertas nyangkut atau dikenal paper jam. akhirnya printer perlu di shut down untuk mengambil sisa kertas yang nyangkut. selain itu, perhatikan kesediaan tinta dalam tabung tinta. apakah sudah sedikit atau masih banyak? jika sudah sedikit segeralah isi ulang tinta, dan jangan juga menggunakan printer sedikit, minimal 1 hari anda ada ngeprint (mencetak). 

5. Printer terlalu banyak menerima beban kerja
Mencetak dokument dalam jumlah banyak juga harus berhati-hati. printer bisa saja lelah karena mesinnya dipaksa mencetak banyak dokument. printer yang kelebihan beban kerja juga bisa mengakibatkan printer berhenti atau tidak merespon. untuk itu istirahatkan dulu minimal 15 hingga 30 menit. 

6. Kerusakan pada Hardware Printer
Kondisi Printer yang sudah tua atau sering digunakan juga bisa menurunnya kualitas hardware pada printer. komponen hardware pada printer menjadi lemah dan kurang/lambat merespon. terlalu lama dibiarkan printer bisa rusak dan harus diservis yang memakan uang banyak (setengah harga membeli printer baru). 

Jika Printer anda tetap tidak mau menampil atau menyala sebaiknya periksa terlebih dulu menurut penggunaan anda, atau bertanya kepada orang yang berpengalaman. jika anda merasa ragu bisa langsung ke jasa service (layanan perbaikan) untuk dichek dan diteliti mana yang rusak. jika tidak dapat tertolong, maka solusinya ialah lembiru (lemvar, beli baru) hehe :)
Sekian yang dapat saya bagikan, Semoga Bermanfaat! Salam Blogging!
Tag : Printer
10 Komentar untuk "Penyebab Printer OFFLINE (rusak/mati)"

Kalau kita tidak teliti kemungkinan penyebab nomor 4 tuh pasti terjadi atau kita lalai dalam memperhatikan tinta yang habis dan lupa belum mengisi misalnya

iya ini yg sering tanpa sadar mas fendi.
pengalaman juga soalnya :D

printer saya masih normal neng, hanya tapi mau cetak si neng gak mau. :D

yang sering saya alami pada poin 5 neng, maklum lah namanya sekolahan. seperti tahu kemarin menjelang akreditasi, hadeh buanyak banget yang di cetak

hahaha.
iya jgn atuh kang, ntr printernya terbakar :D

byk job byk uang dong :D kerennn, hihi
akhir tahun yg membahagiakan menjelang awal tahun baru :D

saya mengingat-ingat kembali apa ya lagi yang menyebabkan printer offline, ternyata tidak ada lagi selain kabelnya belum di colokin hehe (kidding mba)

indikator 5. Printer terlalu banyak menerima beban kerja, itu terkadang yang susah di deteksi mba. pengalaman pribadi sih.
sapa tahu mba ayu bis mengetahui bagaimana menegetahui dengan perihal tsb diatas..

hahah, benar itu mas. saya pernah gak menyadari kok lampu indikator printer gak menyala padahal udh tekan tombol power printer, eh loh? rupanya teman ngelepas kabel power printernya. :3

kalo kelebihan beban kerja printer biasanya merespon lama mas, mesinnya bekerja penuh dan jd panas..

Kalau sayamah palingan tintanya kagak keluar mba,,

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top