Software penting untuk Komputer Warnet

Bagi anda yang memiliki jiwa pengusaha dan menginginkan bisnis usaha bagian IT (komputer) mungkin membuka jasa rental komputer dan internet yang dikenal Warnet adalah bisa sebagai solusi anda. mengingat kebutuhan Internet di masa kini terus berkembang dan sebagian daerah belum melek IT. khususnya di wilayah anda banyak membutuhkan jasa printing (percetakan) dan browsing untuk mencari tugas anak Sekolah maupun Mahasiswa, sangat tepat jika melokasikan warnet di dekat kampus maupun sekolah atau instansi lainnya. 
Untuk itu, mungkin postingan kali ini bisa berguna bagi anda jika bingung software apa saja yang harus dipasang (instalasi) dalam setiap komputer sebagai aplikasi yang ingin/penting dijalankan. tentunya memudahkan pelanggan/user dalam mengeksplor kebutuhannya dan terutama bagi owner (pemilik warnet) meringankan penghitungan penjualanan jasa internet, dan lain-lain hal. 


1. Software Billing (Penghitungan dan Penjualanan waktu)
Di dalam sebuah warnet harus ada komputer utama atau yang disebut komputer induk bisa juga komputer server atau lebih enaknya komputer billing. komputer billing yang dipantau dan dimonitoring oleh Operator tersebut adalah komputer yang menjualkan jasa internet sekaligus menghitung otomatis masing-masing komputer client penggunaannya berapa saja. dengan adanya software billing memudahkan operator menentukan harga pelanggan yang main bebas (personal) berapa, menambah waktu member, bermain tarif paket, menghitung pendapatan sehari sebulan berapa, dan lain-lain. Sofware ini wajib dipasang di komputer utama dan komputer client. Sebagai rekomendasi software billing anda bisa mencoba software Cyberindo, bahkan Cyberindo juga menyediakan updater server untuk memanage game di komputer gaming. 

2. Browser (Media penjelajah Internet)
Kebutuhan utama pelanggan bermain internet untuk ke dunia maya tentu harus memasuki gerbangnya, yaitu browser sebagai media penjelajah internet. software browser yang umum digunakan dan popular bagi komputer warnet adalah Google chrome dan Mozilla firefox, itu saja sudah cukup. agar user dapat menampilkan konten video ataupun flash game, maka anda perlu menginstall Adobe flash player juga. 

3. Microsoft Office (Pengolah data)
Banyaknya kebutuhan pelanggan yang ingin mencetak dokumen dan mengolah data pada lembar kerja office ini paling penting. anda wajib memasangkan software Micr.Office pada setiap komputer. yang paling sering digunakan biasanya oleh pelanggan .doc, .xls, .ppt jangan lupa tempatkan di desktop untuk  memudahkan user menemukannya. sebagai tambahan, software yang berhubungan dengan data juga dibutuhkan - dalam hal ini misalnya PDF viewer : bisa adobe reader atau foxit reader.

4. Antivirus (Keamanan)
Karena virus mudah berjalan dan hingga sekarang masih suka gentayangan apalagi di Internet, maka menginstal software antivirus sangat harus dan wajib, baik di komputer server maupun di komputer client. untuk mengamankan, mendeteksi dan menghapus adanya virus yang masuk. Terpenting, antivirus rajin di update secara rutin agar memperkuat sistem proteksi dan databasenya mampu mengenali jenis-jenis virus yang baru. untuk software antivirus banyak : Avira, Smadav, AVG, Avast dan lain-lain. meski menggunakan antivirus belum tentu bersih 100% dari virus. ehehe

5. Restore (kembali keadaan semula)
User yang suka kepo pasti menyukai download, memasang aplikasi atau mungkin lupa menghapus data dan riwayat kunjungannya pada browser. bahkan bukan tidak mungkin user juga akan merusak dan mengobrak-abrik isi komputer. untuk itu, mengamankan dengan sistem restore pada komputer tidak menyulitkan kita harus mengechek isi komputer apakah aman-aman saja. software restore yang umum digunakan ialah Deep freeze, tetapi dengan kehadiran Cyberindo anda tidak perlu menginstall deep freeze atau shadow defender lagi karena sudah tersedia paket restorenya. jadi setelah restart komputer pun tetap sedia kala atau kembali seperti semula.

6. Multimedia (Pemutar musik dan video)
Sebagai hiburan bagi pelanggan, maka dengan menyediakan pemutar musik dan video dapat memberikan kelengkapan rasa kenyamanannya. browsing sambil mendengarkan musik (tentunya menyediakan musik pilihan) atau misalnya pelanggan mengunduh video band setelah selesai membukanya juga dengan media. software multimedia misalnya : Winamp, AIMP, VLC, Media player, Gom player. 

7. Tool Photos and Image (Pembuka gambar dan mengedit photo)
Untuk membuka gambar sudah tersedia bawaan dari micr.office yaitu office picture manager. mungkin sebagian orang ingin mempercantik atau mengedit, mengubah gambarnya. software photos and image juga perlu dipasang : Photoscape, Photoshop, Coreldraw dan banyak lagi. meski layanan pengedit gambar juga sudah tersedia secara online. 

8. Games (Permainan offline/online)


Menyediakan games juga bisa membuat pelanggan merasa terhibur. dengan adanya games membuat mereka bermain lama dan betah di warnet. ada games yang offline : GTA, Need for speed, game house, subway surf, football dan banyak lagi. ada juga games online (terhubung internet) : Pointblank garena, Blacksquad, Hon garena, Crossfire, Counterstrike, Idol street dan banyak lagi. tentunya masing-masing game ada sisi buruk dan baiknya. sekarang tergantung pelanggan menyikapi dirinya sendiri. heheu
Untuk layanan games online biasanya terdapat jadwal maintenance dari server gamesnya, hal yang merepotkan mungkin adalah updates game (pembaharuan) pada setiap komputer client, jika anda menyajikan komputer gaming (khusus game) tidak perlu repot-repot update games satu-satu pada komputer client, dengan adanya Cyberindo Updater pekerjaan anda menjadi mudah dan ringan. Tinggal tunggu server download menyelesaikan list update games kemudian anda pun bisa sekali mengupdate secara keseluruhan komputer client dengan mudah dan cepat. disesuaikan dengan penambahan ukuran/patch gamenya juga. 

9. Printing (Mencetak dokumen)
Membuka usaha warnet tanpa menyediakan printer rasanya kurang komplit loh. dengan memasang printer di warnet menjadi kemudahan dan keuntungan bagi anda sebagai ownernya. jadi, memasang (menginstall) driver printer pada setiap komputer client juga perlu agar user tidak repot-repot colok flashdisk copy data ke komputer server. tinggal print (mencetak) dari belakang, maka hasil cetakan pun akan selesai di komputer depan (komputer server). untuk software/driver printer disesuaikan dengan jenis printernya. 

Demikian 'Software penting untuk Komputer Warnet' secara garis besar dan umum digunakan. untuk tambahan lainnya, mungkin kembali pada kemampuan komputer anda dan kesesuaian anda sendiri sebagai pemilik warnet. jika ada kekurangan point diatas maupun terdapat kesalahfahaman penyampaian mohon dimaafkan dan segera diperbaiki. semoga bermanfaat ^.^ 
Tag : Warnet
47 Komentar untuk "Software penting untuk Komputer Warnet"

Bisa dicoba nih kalo nanti punya warnet :D

Kamu gak ingin ganti .com?

pengen sih bun, tapi msh banyak blum faham. takut keliru dan gimana-gimana :(

Semua nya sangat penting apalagi Browser sebagai alat pencari, namun harus di lengkapi dengan antivirus biar aman :)

software2 diatas sangat penting dimiliki jika ingin warnet nya tetap rame, terutama software untuk game dan beberapa peripheral lainnya seperti print, headset, dsb :D

aaaarrgghhh ini dulu mimpi bunda pengin punya warnet.
jadi semangatnya meletup lagi baca tulisan ini.
mantabz deh penjelasannya cukup detail.

betah di warnet yg bersih, adhem ada AC, tidak berisik.
jaringan rapi koneksi cepat :)

bakalan sukses deh yg punya bisnis warnet.

9 software yang emang sangat penting banget buat komputer yang ada diwarnet.

Apalagi antivirus tuh perlu banget buat komputer yang sering dipakaibanyak orang.

Tips yang sangat bermanfaat bagi yang ingin buka usaha warnet .

Wadaw warnetnya mbak ayu cyberindo pasti kenceng dong sinyal pbnya.

kalau menurut saya skrng mah yang lebih penting aplikasi browser dengan Game online :D soalnya aplikasi itu sering banget saya gunakan mba :D hehehe

wah klo gak ad browser kita gak bisa saling berkunjung yaa..

perangkat lain jg mendukung. oke lain waktu dibahas jg, thanks mas idp :)

wih warnet elit spt itu wenak tenan ya bun..
pengen jg bisa ngadem di warnet, syngnya gak ad ac dsni.. wkwk

iya mas rofi, tentunya hrus rjin update jg yaa kan..untung aja online..hehe

^.^ semogaa.. jika pun mereka tersesat dgn artikel ini. hehe

wah, asik banget mba, akses internet di san apasti kencang banget tuh, apalagi sofwer yang di pakainya oke semua.

iya pke cyberindo kang..
kenceng klo lg normal. klo server pb maintenance malah gak bisa. :P wkkww
#kabuuur

buat pelanggan yg nmor 1 memang browser dan game... ini jawaban seorang gamer sejati nampaknya :D

kenceng pakdhe, mau download wush wush..
saking kencengnya, user diblakang yg donlot gak kerasa ngelelet/lagnya :D

haha iya duh mungkin gak bakal ada artikel ini :D susah deh buat cari informasi

wuih banyak juga yah software yang harus dimiliki pengusaha warnet, dan gak gampang ternyata, berarti Non Rahayu harus menguasai semuanya dong, ajib dah... bisa bekerja sambil menambah ilmu dan wawasan.

Tetap aja yang paling penting itu no.1 Yu...
Klo kagak ada bisa rugi bandar...

siip,, ditunggu ulasan tentang ilmu "ke-warnet-an"nya hehehe

Ya iyalah mbak kalau lagi menten susah masuk, kalau sekarang jadwal mentennya hari apa mbak jadi gak tau nih soalnya sudah lama tidak main lagi.

ganti .com dong mba biar kekinian :D
murah kok saya juga biasa bikin ke temen cuman 120an setahun :D
kalo dikalkulasi cuman 10rb sebulan ya itung2 beli bakso tumpah aja mbak :D

iya anti virusnya harus yang galak mba kalo diwarnet, paling malesin kalo ke warnet itu takut flashdisk kena virus mba, makanya cari aman aja untuk tidak ke warnet :D

kesini2 warnet kurang laku, sekarang dunia sudah ada pada genggaman :D

ajib kan?jagain warnet bisa, apalagi jagain hati abangnya tuh :D

Jadi teringat sama CEO Toko***dia, dulu juga beliau kerja sambilan jaga warnet sambil kuliah, karena raji, pinter dan kreatif sekarang udah jadi orang yang sangat sukses dah....

sori, maksudnya rajin... kurang satu huruf, hehe...

Kalau gitumah berarti Cyber indo keren yah,,, gak usah pasang defreze lagi,,,
pemutar video juga penting mba...

makanya jang cepet - cepet ngetiknya mas... :V

rncana awal bulan nti mas, moga aj kecapaian..hehe
wah asyik dong temennya dibikinin .com :)

hahha. wkwkw

pb mentennya stiap selasa skrg mas, klo lg menten urgent kamis atau sabtu..
wah biasanya gamer klo sehari aja gak main game bs frustasi loh,,ahaha

hahaha.
bisa aj mas hendry :D

wkwkw..gak jualan internet namanya, gak bs ngitung penggunaan user brpa. dulu semasa pke billing SB (smart billing) hampir sebagian org bobol di blkang ._. kalo sift malam pndapatn smpe dikit,, Alhamdulillah pke Cyberindo billing skrg aman, krena aplikasinya bner" strong protecting :D

betul mas, byk org sdh menggunakan internet via smartphone/android dan lainnya (hand held) itulah terkdng saya jg merasa keki klo ngepost artikel ttg warnet..ckckc

kang maman : duh hebat bener smpe bisa sesukses itu ya. teman saya jg ad yg dulunya kerja di warnet skrg bs jd teknisi di telkom. gajinya gedek ._.
saya mah krgnya pinter dan kreatif, mkanya gini" aja. hoho :3

mas ahmad : maklum kang maman ngetiknya smbil merem, mas..

yup keerenn mas, gak payah psng" DP lg. Cyberindo udh melengkapi semuanya buat kebutuhan member dan pelanggannya.
tapi trkadang user memanfaatkan pemutar video untuk hal-hal yg tdk baik ._. &$#^&*@$%#@

Soal antivirus itu aku punya kenangan tersendiri. Beberapa kali warnet, flashdisk-ku jadi penuh virus. Kayaknya ketularan dr warnetnya. :)

*Waahh, share-nya di samping sudah aktif. Mantebbb! Perjuangan yg tdk sia2. :)

Hihi, dulu saya jg om. penyakit yg pling dikenali diwarnet itu selalu virus ya :D
Alhamdulillah om berhasil jg dgn situs sharethis yg om ksh kmren.. meski oprek html :( itu yg buat lama nyari kodenya apaaan. >_<

bisa utk referensi warnetku nih ^_^b

menyenangkan jika bermanfaat. :) Terimakasih mas sinichi ats kunjungannya ;)

Sip, bisa dikatakan itu tools dasar untuk warnet, satu lagi juga mbak jangan lupa, jaringan internetnya tuh

untuk printer apa bagus instal di tiap client atau di server aja ya, takut nya kan anak2 suka main print aja atau ada masalah lain gitu kalo di server aja kan enak bisa di cek ulang juga, cman repot nya ya harus pake flasdick atau ambil data dari client
minta saran nya

iya jaringan jg perlu mas. tpi kelompoknya beda dgn software.

installnya harus semua komputer yg terhbung mas, jd klo client ngprint gak perlu copy data ke flahsdisk baru colok ke server itu malah repot. penginstallan drivernya bisa dilakukan lewat network atau kabel LAN (buka my compt) tpi kompt server/komp billing hrus shared dulu driver printernya mas.

sehingga ntr user bs langsung ngprint dri kompt client, dan hasilnya print nya lgsg keluar di kompt server/komp billing. begitu mas kira-kira. Terimakasih atas kunjungannya ya mas :)

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top