Tips Waktu Billing agar tidak berjalan saat mati lampu

Belakangan ini Listrik selalu mati dan bolak-balek mati. Sehari mati lampu bisa berkali-kali. Matinya sebentar kira-kira 15 menit namun 4 jam kemudian mati lagi. duuh, sialnya mati lampu saat warnet lagi rame dan penuh - belum lagi printer sedang beroperasi mencetak banyak dokumen. Sangat menjengkelkan dan kerepotan. Sebagai Operator, saya merasa gerah dan panikan kalo udah mati lampu. repotnya; harus mencatat laporan billing karena penggunaan waktu yang dikembalikan uangnya kepada pelanggan, gerahnya; saat mati lampu kipas terhenti, lalulalang pelanggan menuju meja operator antrii bhoook, paniknya; yaaah itu...printer lagi jalan halaman ke-9 dari 10 lembar eh kertasnya masih berada di mesin printer, nah gak mungkin kan saya paksakan kertasnya 'keluar' bisa rusak printer kesayangan. 
Sebagian masalah diatas diperparah saat zamannya masih menggunakan Smart Billing, Alhamdulillah sekarang sudah berkurang masalah tersebut dengan menggunakan Cyberindo Billing. karena di Cyberindo Billing waktu billing tidak akan berjalan meski lampu sedang mati. Berikut 'Tips Waktu Billing agar tidak berjalan saat mati lampu' pada Komputer Billing di Warnet jika anda menggunakan Aplikasi billing lainnya. 

Sumber

1. Menggunakan UPS (Un-interruptible Power Supply)
UPS (sebutan lain; baterei) dapat digunakan sebagai solusi untuk menyimpan dan menyambungkan daya listrik dari UPS ke Komputer Billing dan Komputer Server. Jadi saat listrik PLN dan komputer client mati, sementara Operator bisa mengutak-atik sebentar menghitung waktu billing user (pelanggan) yang akan di logout berapa, dan memperkirakan penggunaan waktu paket user berapa atau mengclose waktu member user. Selanjutnya, Operator bisa menutup aplikasi billing atau meng-init (mematikan) proxy dan lain-lainnya. kemudian baru mematikan tombol power UPS/baterei. Dengan dipasang UPS, komputer juga tidak akan cepat rusak. melainkan batereinya bisa jebol karena usia atau faktor penggunaan (menurut pengalaman)
Sumber

2. Melepas Kabel LAN Komputer Billing
Sebagian Warnet  mungkin ada yang tidak menggunakan UPS, jika kasusnya mati lampu tentu merepotkan sang operator. karena kehilangan daya listrik pada komputer server dan komputer billing. akhirnya tidak sempat menutup waktu member atau mengetahui pasti waktu user yang bermain personal. jika anda mencatat di buku mungkin bisa saja anda memperkirakan penggunaannya sudah berapa rupiah, atau anda menanyakan kepada pelanggan 'kira-kira udah berapa menit/jam ya mainnya mbak,bang?' kalau mereka jujur. hehe
Jadi, dengan melepas kabel LAN (Local area Network) dari colokan komputer billing dapat memutus koneksi komputer client ke komputer billing. Kemudian paling penting, saat listrik sudah menyala 'Jangan biarkan user/pelanggan menghidupkan komputer' lebih dahulu daripada komputer billing. Operator harus buru-buru menyalakan komputer > login billing > logout semua waktu billing. > pasang lagi kabel LAN. barulah anda mempersilakan user/pelanggan menyalakan komputer yang ingin digunakan. 

Semoga dengan kedua solusi diatas anda tidak pusing dan repot lebih banyak lagi. waktu member user pun akan aman tidak berkurang apalagi bertambah..hehe. 
Tag : Billing, Warnet
26 Komentar untuk "Tips Waktu Billing agar tidak berjalan saat mati lampu"

kalau begitu saya cabut LAN biar gak kehitung lagi gitu ya? hmm bisa dicoba nih

Boleh nih tips melepas kabel LAN agar waktu Billing tidak berjalan

Kalau pake UPS komputernya bisa tahan sampai berapa jam mba ?? pengen beli juga ... heheh, kalau pakai jenset bisa juga gak yah ?? :D

untuk operator aja mbak cabut kabel LAN nya.
jika kabel LAN dicabut di kompt client, saat listrik menyala komputer client beroperasi ntar gak koneksi internetnya mbak.

iya boleh mbak, khusus operator/owner net aja yg melepas kabel kompt billingnya untuk tips diatas. ^.^

Lau juragan warnet ya Yu...
Hehhehehhe...

menurut pengalaman sih mas bs dipke (memback-up daya listrik) selama 15-20 menit untk menyegerakan menutup aplikasi dan shut down kompt.
bisa sih, tpi lbh byk pengeluaran (beli bahan bakar jenset) ntr dripda pemasukan :D wkwkw

Amiiin :)
semoga suatu saat bs jd juragan net untuk usaha/lowongan kerja bagi org lain. kwkwkw :D

Ahi hi hi cara yang kedua muantappp banget tuh mbak keren kayaknya kalau tidak padam listriknya.

lebih bagus kalau pakai UPS , tapi denger2 katanya harga UPS tidak murah :3

iya setujuh nih sama pembahasan non rahayu :D

solusi yang aman dan mantap nih buat yang billing seperti warnet ya non, mantap deh :D

yang keren saya mah, masak cara nya :D week

Oh seperti itu ya okeh lah kalau itu yang ente mau.

tipsnya bagus dan bermanfaat. terima kasih nona rahayu. salam kenal

UPS adalah solusi yang paling tepat untuk berjaga-jaga bila lampu mati disaat komputer masih nyala.

tunjukkan kekerenan andaa..! wkwkw :D

betul mas, semakin tinggi angka volt nya mkin mahal hrganya ya. :(

mas cb : iya semoga aja artikel ini ketemu di pejwan bagi yg mencari solusinya dgn keyword apapun :D..wkwkw

Kang nurul : wah kenapa ini, kenapa?

Salam kenal kembali mas, makasih ya atas kunjungannya ^.^

Betul betul betul, mas rofi. :D

Gak mbak biasa nih akang ya diatas itu menginjak kaki saya ya sudah saya tegur deh habis nakal sih dia.

Saya hanya bisa lambaikan tangan saja deh kalau lampunya padam takut ada yang apa gituh.

Untuk emergence UPS bisa menjadi solusi ya mbak. Memang akhir-akhir ini sering banget mati lampu. Hampir semua tempat di Indonesia. kalau sudah mati lampu, kesel. Semuanya pada error, jaringan seluler, wifi. BT pokoknya

itulah mas klo mati lampu >_<
pengen gigit kunyah-kunyah telen PLN nya :D

jadi kalau kabel LAN nya gak di cabut, waktu billing trus berjalan ya Mba ,, ?

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top