8 Variasi Kolak sebagai Hidangan Buka Puasa Anda

Berbuka Puasa enaknya dengan yang manis-manis, apalagi segar. Salah satu Hidangan Buka Puasa yang manis ialah Kolak. You know Kolak, sob? ahh menu ini sudah sangat familiar yang dihidangkan oleh Masyarakat Indonesia. Kolak adalah Makanan khas Indonesia yang dibuat dengan cara direbus dengan campuran santan, gula merah, dan bahan utama seperti : Ubi, Pisang, Labu dsb. Hidangan Kolak tidak boleh dilewatkan selama Bulan Ramadhan, paling laris sebagai Hidangan Buka Puasa dan banyak dijual di pinggiran kota/daerah sebagai takjil dan jajanan untuk hidangan Buka Puasa. Nah, berikut saya kumpulkan 8 Variasi Kolak sebagai Hidangan Buka Puasa Anda, barangkali Anda ingin menambahkan daftar menu kolak di rumah. Tapi disini, saya bukan berbagi resepnya hanya mengumpulkan variasi kolak sebagai hidangan Buka Puasa yang dapat anda nikmati setelah waktunya berbuka puasa. 

1. Kolak Durian
Kolak Durian merupakan kolak yang dibuat dengan bahan dasar yaitu daging durian. Harga jual durian juga cukup mahal, namun rasa nikmat buah ini sangat menggoda dan wanginya tersebar kemana-mana. Jika anda memiliki kebun durian maka sangat menguntungkan, bisa dibuat kolak maupun dijual duriannya. Untuk membuat kolak durian Anda cukup merebus santan dan gula merah dengan air secukupnya dan di aduk hingga merata lalu di tambahkan daging durian, di aduk lagi hingga benar-benar lembut, pulen dan matang. 


2. Kolak Ubi kayu (singkong)
Kolak Ubi kayu atau yang dikenal kolak singkong ini juga cukup popular. karena memang harganya murah dan banyak serta mudah ditanam orang. cara membuatnya anda cukup menambahkan potongan ubi kayu yang telah dicuci bersih, direbus dengan campuran santan dan gula merah. 


3. Kolak Ubi Jalar
Ubi jalar atau ubi rambat juga tak boleh dilewatkan sebagai hidangan buka puasa anda, ubi nya lembut dan manis. variasi warna ubi jalar ada yang ungu, kuning atau putih, disesuaikan selera anda. dan olahan membuat kolak ubi jalar juga cepat matang karena teksturnya mudah lembut. biar wangi, anda bisa menambahkan daun pandan kedalam rebusan kolak. 



4. Kolak Kolang-kaling
Nah, Bulan Ramadhan kolang-kaling sangat banyak ditemukan. anda bisa membuat kolang-kaling untuk kolak sebagai hidangan buka puasa. cara membuat kolaknya sama, hanya anda tinggal menambahkan puing kolang-kaling kedalam rebusan kolak. biar makin enak, mungkin anda bisa menambahkan sedikit sagu mutiara dan mata ikan. 


5. Kolak Pisang
Buah pisang memang sangat andalan untuk soal makanan, biasanya dibuat keripik atau digoreng bersama tepung. Nah, agar Puasa anda terasa manis anda bisa mencoba membuat kolak dengan bahan dasar pisang. caranya cukup menambahkan irisan pisang kedalam rebusan kolak. cukup mudah kan?


6. Kolak Labu
Buah labu yang teksturnya juga lembut sangat cocok dijadikan kolak, apalagi dihidangkan sebagai menu Buka Puasa anda. dagingnya lembut dan manis bila dimasak dengan campuran santan dan air gula merah. sudah mencobanya sob? 


7. Kolak Candil
Candil yaitu adonan tepung kanji/tepung ketan dengan campuran gula merah yang berbentuk bulat. karena lembut dan kenyil maka makin enak dibuat kolak, bukan? anda cukup merebus santan dan air gula merah kemudian menambahkan candil agar kuahnya meresap. biar terasa segar anda bisa menambahkan es batu. 

Biar lengkap, baca juga : Cara membuat Es batu

8. Kolak Jagung
Variasi kolak memang banyak sob, sehingga apapun bahannya yang lembut memang enak dijadikan kolak. Nah, biasanya jagung cukup direbus atau dibakar. sesekali anda bisa mencoba menjadikannya kolak sebagai hidangan buka puasa. caranya; tiriskan biji jagung dan tambahkan kedalam rebusan kolak. biar terasa kaldu kolaknya anda juga bisa menambahkan tepung sedikit. atau sesuai kreasi anda. Hasil kolak jagung hampir mirip dengan bubur jagung ya sob. 


Bagaimana, siap mencoba 8 Variasi Kolak sebagai hidangan Buka Puasa nanti sob? biar nikmat dan segar boleh juga ya ditambah es batu. kalau gak mau ribet, langsung deh chapchus beli menu kolak diatas di pinggiran jalan sob. ^.^ Selamat Berpuasa, Sahabat Blogger!

54 komentar:

  1. haduh, jam 2 siang terik panas gini baca artikel aneka macam kolak, wuahahaha.... bikin ngileerr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan ilernya nggak bau mah...ih
      ileran kok bangga?

      Hapus
    2. Ilernya orang puasa mah wangi mang... gak percaya? cobain gih...

      Hapus
    3. Kang Maman : di tahan kang, tutup mata aja ngeliat gambarnya yaa :D

      Pakdhe : haduhh, illfeel deh bahas ileraaan pakdhe.. muaall euy :D

      Hapus
    4. bikin tak kuase la....haha

      Hapus
  2. Saya paling sering buat kolak, singkong tuh, dicampur dengan buah nagka rasanya semakin enak dan wangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kebayang-bayang neh kolak singkongnya, moga2 gak batal puasanya hehe...

      Hapus
    2. kalau ngbayangin kolak singkong mah nggak batal mang, yang batal itu kalau ngbayangin neng Alya

      Hapus
    3. biasanya mang lembu tuh yang suka begitu, hehe...

      Hapus
    4. Mang lembu sukanya yang begitu tambah kolak :)

      Hapus
    5. Bunda Alya : Klo nangka wanginya memang aduhai ya bun, tpi enaknya dibuat es nangka dengan cmpuran buah aja bun.. eh trgantung selera jg ya bun..hehe

      Kang Maman : jgn dibayangin kang.. lgsg catet buat menu masak dirumah bisikkan ke budhe..hehe

      Pakdeh : haihh T.T bunda alya digodain, awass loh ntr mas rofi maraah..wkwk

      Kang Maman : wuahaha, pakdhe jd kena bully. hayo hayoo jgn main sm bayang-bayangan..

      Mas Yono : kolaknya enak mas. monggo dicicipin buat buka puasa nanti :D

      Hapus
  3. Ya... ampunn... mana lagi haus gini...
    Cakep bener dah... Bisa tolong bungkusin gak, saya mau masing-masing satu bungkus ya...
    Haduh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar ya mas, antriii... :D

      Hapus
    2. Kang dedy : wah selera mata nih namanya kang. :D gak kebanyakan kang masing" 1 bungkus?

      Kang maman : wah laris ya saya jualan jdnya nih :D

      Hapus
  4. Mantap nih menggiurkan kalau dijual juga pasti laku karena memang peminatnya juga banyak. Makasih hidangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Adam : Manis lariss kan mas. usaha mendadak yg menjanjikan :D
      sama-sama mas, dibawa pulang yaa sama bungkusnya ^.^

      Hapus
  5. kalau sayamah lebih suka kombinasi antara pisang sama kolang kaling,,, hampir tiap hari ema selalu bikin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah delicious... :D
      emak sayang anak ya mas.

      Hapus
  6. HuĂ aaaaaa aku mau yang ada duriannya hihi
    Apalagi klo yang daingnya tebell

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal bun yg dagingnya tebel. sini bun ongkosnya biar tak buatinn :D wekekke

      Hapus
  7. Ternyata kolak ini banyak variasinya ya mba, tapi sayangnya saya belum ngerasain tuh apa itu kolak durian mba :( Ehh tapi kalau disini tidak ada kolak jagung mba ada nya jagung manis :) eh sama gak sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nikmatnya gak ketulungan mas kolak durian, yakinlah :D
      sama mas, cuma nyebutnya aja beda. rasanya ttep jagung dan kuah manisss.

      Hapus
  8. Kalau pilihanya kolak-kolak diatas saya sendiri juga bingung mau pilih yang mana, mantap semua :D Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih semua aja kal gitu mas :D

      Hapus
    2. wajib dipilih semuanya mas. biar gak kebawa mmpi :D
      di list aja mas kolak diatas masing-masing harinya yg enak kapan..

      kang marnes : ayo dipilih-dipilih...

      Hapus
  9. Banyak juga yah varian dari kolak, kalo saya mah semuanya suka kayaknya neng...tapi yang paling sering sih kolak pisang campur ubi jalar plus kolang kaling :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka kolak jg ya kang.. manteb tuh udh nyicipin 3 kolak

      Hapus
  10. bagi ih...kolak durennya
    tuker deh sama ubi cilembu plus plus...deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pake plus segala nih mang nya :D

      Hapus
    2. boleh pakdhe, kita barteran ya pakdhe.
      nti ubi cilembunya saya godok dan buat kolak..


      Mas CB : bonuss itu mas. enak kan dpt ubi cilembu..hehe

      Hapus
  11. Baru tahu ternyata ada kolak durian ama kolak jagung.. Enak gak ya..

    Kalo kolak itu ada gak Teh... KOLAKukan-apapun-untuk-membuatku-sengsara ??

    Nice info, Teteh Rahayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong mas son. cobain deh, dijamin nambahh :D

      sadiss kolak itu mas. gimana kalok gini : KOLAKukan apapun untuk membuatku bahagia ??

      sipp sama-sama mas son

      Hapus
  12. Mau dong, pesan seporsi Kolak Kolang-kaling nya buat berbuka puasa nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak san, ditunggu pesan selanjutnya yaa :)

      Hapus
  13. Wadaw kalau yang paling saya sukai yang pisang dan candil mbak, rasanya muantappp sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sesekali nyobain kang yg kolak lainnya tuh, biar makin lengkap :D

      Hapus
  14. Kolak durian kayanya lezat banget tuh, yang aneh kayanya kolak jagung gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. anehnya gimana mas dzaky? :D haha

      makanan enak kok dibilang aneh sih...wkekwk

      Hapus
  15. indonesia kaya akan boga dan kreasinya. dari kolak aja udah berapa banyak jenisnya. bisa icip 30 kolak untuk 30 hari nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh pecinta jalanjajan gak boleh ketinggalan ya mas eko. pasti stiap daerah udh mas cobain ya kuliner kolak..

      Hapus
  16. Apapun isi campurannya, yg nmanya kolak sy suka.

    Pertanyaannya, kolak berasl dari mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus mas, gak milih" jenis makanan yaa.
      kolak is makanan asli dan khas Indonesia mas rud. diatas ad saya singgung sekilas :D

      Hapus
  17. Aku lebih suka kolak biji salak mbak.... Eit, bukan biji salak sungguhan loh, kolak biji salak yang dibuat dari tepung kanji dan ubi, lebih siip pakai ubi Cilembu, kalau mau pesan tinggal kontak Mang Lembu di DESA CILEMBU .:) ... Jadii prosi mang Lembu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cara pembuatannya hampir mirip ya dgn candil mang.
      enak juga campur ubi cilembu tuh, boleh dicoba kapan" nih..

      Hapus
  18. Aku belum pernah mencoba kolak jagung. Kesukaan kolak singkong atau pisang. Terasa lebih menggigit lidah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kolak jagung nikmat bener mas e :D

      Hapus
    2. Panen dlu jagungnya ya mas, boleh dicoba mas kolak jagungnya mantab loh.
      awas sariawan mas klo kegigit lidahnya :D

      mas CB : udh prnh nyoba mas? gimana, ada perubahan mas?

      Hapus
  19. ada beberapa kolak yang belum saya coba tuch gan, Mungkin hingga bulan puasa berakhir saya sudah bisa mencoba semua itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp mas, coba semua biar gak ketinggalan rasaa yaa :D

      Hapus
  20. Baru tau ada kolak jagung. Jadi pingin bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, bikin sekarang aja mendingan :D ntr didinginkan ke kulkas biar mantabb

      Hapus
  21. wah, jadi pengen aja nih liat sepert ini di bulan ramdhan , emm kolak special kolak durian kolang kaling dan jagung sepertinya sedap betul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedaappnyaa semanis bulan Ramadhan mas. Hangatnya sajian kolak sehangat suasana Ramadhan bersama keluarga. :)

      Hapus
  22. durian enak tuh bikin endut lagi,heehe

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design