9 Tips yang harus di Persiapkan sebelum Mudik

Mudik adalah Tradisi Tahunan bagi Masyarakat Indonesia menjelang Lebaran Ied Fitri. Mudik yang berarti Pulang ke Kampung Halaman dengan tujuan berkumpul dengan sanak saudara (keluarga) ataupun dengan Orangtua. Mudik berasal dari bahasa jawa yaitu Mulih dilik yang artinya Pulang Sebentar
Menyambut suasana Lebaran, pasti sebagian orang ingin berkumpul bersama dengan keluarganya bukan? Apakah termasuk anda? Tentu, Mudik menjadi moment yang sangat utama dan menyenangkan. Untuk itu, sebelum Mudik anda harus memiliki Persiapan penting sebelum dan saat berada di Perjalanan nanti. Baiklah, Berikut 9 Tips yang harus di Persiapkan sebelum Mudik bagi anda yang ingin melakukannya. 


1. Tentukan Berapa lama anda Mudik
Jika anda bekerja pada sebuah Perusahaan (PT) pasti waktu libur kerja selama Hari Raya dibatasi kan? biasanya hanya dapat cuti 10-12 hari. Nah, jika waktu demikian cukup untuk anda maka anda dapat mengatur berapa lama anda akan berada di kampung halaman dan berapa lama waktu selama di perjalanan. Bagi anda yang bekerja tidak terikat pada Perusahaan tentu sangat beruntung dan tidak dikejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tanggungjawab pekerjaan. 

2. Kendaraan Mudik
Untuk mencapai kampung halaman yang jaraknya cukup jauh, anda pasti membutuhkan kendaraan. baik itu kendaraan darat, laut atau udara. Nah, jika anda menggunakan kendaraan umum alangkah baiknya memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan agar murah, hemat dan tidak kehabisan tiket tentunya. Namun, bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi hal tersebut jauh lebih menyenangkan dan menguntungkan ya. 

3. Pastikan Anda Mudik dengan Siapa
Jika anda masih single atau sendiri yang bekerja di perantauan mungkin pilihan mudik dengan siapa hanya dengan teman kerja yang kebetulan satu tujuan, ya tidak? #nasibjomblo dan bagi anda yang sudah berkeluarga pastilah membopong istri, anak atau saudara dekat untuk mudik agar rame saat di kampung halaman, dengan memastikan siapa yang mudik bersama anda hal ini juga akan menambah semangat anda dalam perjalanan nanti (ada lawan bicara)

4. Biaya Perjalanan Mudik dan lain-lain
Mau Mudik? Butuh uang dong pasti. Berapa biaya perjalanan Mudik yang dibutuhkan, berapa biaya jajan untuk anak di perjalanan, entah habis bekal minum/makan, obat-obatan. dan biaya lainnya yang dibutuhkan dan tak terduga. Dan biaya saat Lebaran di kampung halaman misalnya; memberi THR kepada saudara, membeli baju baru atau membantu membeli kue lebaran. Untuk itu, maksimalkan anggaran biaya anda sesuai pengeluaran dan kebutuhan nanti. 

5. Membawa Bekal (Minum, Makanan, atau Obat)
Demi meminimalisirkan anggaran biaya mudik, alangkah baiknya anda sudah mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan nantinya dan dibawa/disediakan sebelum berangkat mudik. Contohnya : membawa bekal minum (1 galon), membawa makan (1 priok) atau membawa obat (1 papan). semua itu buat jaga-jaga, bukan? Jangan sampai, saat di perjalanan anda kehabisan bekal atau hal-hal yang tidak di inginkan.

6. Membawa Pakaian ganti
Berapa lama anda mudik? Misalnya 7 hari saja. Jangan lupa persiapkan baju/pakaian ganti sebagai kelengkapan utama dan ini perlu. sangat tidak wajar bukan? jika anda membeli baju baru hanya karena lupa tidak membawa baju. bisa gak pulang-pulang dong ya karena kehabisan budget! 

7. Istirahat dan Kesehatan yang Cukup
Sebelum Mudik/Bepergian, Kesehatan juga paling utama. Maka, pastikan stamina anda kuat dan anda tidak sedang sakit karena perjalanan yang cukup jauh banyak menguras kondisi tubuh, misalnya mabuk. Atau Istirahatkan badan anda secukupnya sehingga di Perjalanan tidak mengantuk berat atau lemas dan lain-lainnya.

8. Pastikan Rumah Anda Bersih dan Aman
Mudik bukan hanya persiapan uang, bekal, kendaraan dan lainnya. Apa yang anda tinggalkan saat mudik? Rumah kan? Nah, jangan lupa bersihkan rumah anda agar nanti sepulang dari mudik anda tidak setress melihat rumah berantakan, atau mana yang menurut anda tidak aman maka sebaiknya tingkatkan keamanan dirumah anda, entah mungkin sewa satpam buat jaga-jaga rumah anda 24 jam atau menitipkan keadaan sekeliling rumah kepada Tetangga (yang kebetulan tidak mudik) karena maling hingga sekarang masih ada, bhrroo...

9. Berdo'a sebelum Berangkat Mudik
Berdo'a lah sebelum melakukan perjalanan anda, memohon kepada Allah untuk senantiasa melindungi perjalanan dan keselamatan anda. Tetaplah yakin kepada-Nya bahwa Ia akan bersama Anda dimana pun. Karena dengan berdo'a maka sesuatunya akan lancar dan berkah. semogaa...

Selamat Mudik bagi anda yang melakukannya, semoga 9 Tips diatas bermanfaat bagi anda yang melakukan perjalanan. Mohon Maaf lahir dan bathin untuk semua sahabat blogger, Happy Mudik guys! Siapa nih yang mudik tahun ini? Salam Mudik Indonesia... semoga kita bertemu di hari raya nanti ya!

69 komentar:

  1. Alhamdulillah tahun ini Saya tidak merasakan mudik lagi karena sudah kembali ke kampung halaman. Kalau penulis sendiri mudik kemana nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa mudik kemana gan...?

      Hapus
    2. saya dong mudik ning Tegal :)

      Hapus
    3. Mas Dwi : emng tahun kemaren ngerantau tah mas? hehe, saya rencana mau mudik ke korea mas :D #$%^&@#*


      Hapus
    4. HAH...mudik ke Kore?....Koreanya di HOONGKOONG kan?

      Hapus
    5. deket pakdhe, kedip mata udh nyampe korea :D
      haha.
      ilmu khayal nyampe ke koreaaa mksudnya gituu :D

      Hapus
  2. Mudik saya mah deket sih jadi tidak terlalu repot-repot, seperlunya saja, yang penting bisa silaturahmi dgn keluarga di kampung sudah seneng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas, palingan saya bawa uang, hp dan rokok doank. :D

      Hapus
    2. gak bawa pasangan mas?

      Hapus
    3. Kang Maman : klo keluarga dan orgtua deket enak ya kang, gak perlu repot-repot mudik..hehe

      Kang Ifrod : bawa uang mau bagi-bagi THR tuh ya..:D

      Mas dwi : kang ifrod udh punya istri dan anak mas.., pasangan sehidup semati :)

      Hapus
  3. saya gak pernah mudik neng. lebaran palingan ke sanak family paling jauh 10 km ajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluarganya ngumpul satu daerah ya kang..

      Hapus
  4. ke sembilan tips di atas harus benar-benar diperhatikan yah nenk agar kegiatan mudik yang memang udah menjadi tradisi rutin tahunan menjadi lancar dan menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, biar mudik ke kampung halaman jd tenang dan aman.

      Hapus
  5. Maaf nih mba saya tidak repot seperti itu karena Rumah kakek nenek saya satu kampung dan gak ada keluarga yng jauh, jadi kalau mudik paling jalan kaki soalnya deket banget, bisa di katakan 1 kampung itu keluarga saya semua :) tapi kalau untuk masalah berdoa demi keselamatan sih pasti karena kan kita tidak tahu celaka itu bisa datang kapan saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak perlu minta maaff mas fen, saya jg gak mudik kok :)
      yup berdoa senantiasa selalu ya mas..

      Hapus
  6. kalau luar kota macam saya ini mudik jauh2 hari biar dapet tiket murah hee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiket murah itu yg pling dicari ya bun, asyiik! :D

      Hapus
  7. Maaf neng saya tahun ini gak mudik ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mas, tahun depan aja mudiknya. :) yg pting ttp komunikasi sm saudara dan keluarga jauh ^.^

      Hapus
  8. bagi saya betul dari beberapa tips diatas perlu diperhatikan neng sebelu berangkat mudik , mengingat kalau saya mudik sangat lah jauh bisa dibayangkan Makassar Semarang berapa hari di perjalanan lagi pula harus banyak duwit apa lagi bawa dua anak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh amat pertemuan binik dengan mas TP :D makassar - semarang.. iya mas disesuaikan sm kemampuan aja, klo ad kesempatan waktu panjang dan rezeki pasti bisa ke kampung semarang kan..

      Hapus
    2. Mamanya siih juga ada di makassar neng...yang bikin haru jika g mudik itu pas denger suara takbir ingat sama orang tua gak bisa sungkem...gitu neng...

      Hapus
    3. klo udh berkeluarga gtu ya rasanya mas, sedih ya.
      Alhamdulillah saya msh single msh berada dekat dgn orangtua, tiap sungkem jg selalu nangis tpi hbs itu ketawa :( ya ampunn :D

      Hapus
  9. saya nggak mudik, tapi tips di atas pasti bantgu banget buat yang mau mudik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah byk yg gak mudik ya rupanya, termasuk saya. :D

      Hapus
  10. Aku gak pernah mudik. Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluarga besarnya 1 kampung ya bun..?

      Hapus
  11. Kalau saya mah sejak lebaran kemarin gak mudik karena saudara saya yang rumahnya jauh sudah tidak ada, jadi mudiknya dibelakang rumah saja mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong kang, selangkah kebelakang udh ketemu rumah sodara ya :)

      Hapus
  12. wah, poin2 penting sebelum mudik semua udah dijelaskan diatas, tinggal dipraktekkan saja nih agar mudik jadi lancar dan nyaman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lancar, nyaman dan aman :) mudik mas idp tahun ini?

      Hapus
  13. Ya... saya gak mudik Mba...
    Tapi tips ini cocok bagi yang suka mudik...
    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn sedih kang, saya jg gak mudik kok. ini para blogger kegnya memang mudik nya di internet aja yak :D

      salam kembali kang..

      Hapus
  14. Balasan
    1. opo meneh iki? kalo ada mang lembu bakal ditalipak sia... kemana nie mang lembu? :D

      Hapus
  15. Bagi yang mudik maupun tidak semoga tetap sehat tanpa kurang suatu apapun. Terimakasih tips Mudiknya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, sehat itu nikmat yg besar ya mbak sin..
      sama-sama mbak shinta:)

      Hapus
  16. tips mengutamakan disaat mudik agar aman saat melakukan perjalanan yang sungguh bermanfaat untuk di perhatikan, mantap mb rahayu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mas, biar mudik jd aman, tenang, dan nyaman ya :)

      Hapus
  17. Kendaraan dan bekal harus menjadi perhatian utama. Kendaraan harus dalam kondisi fit dan lengkap. Bekal, nih ini harus menjadi perhatian, usahakan dompet terisi penuh dengan kertas warna merah. Tapi jika tidak punya duit jangan dipaksakan ikut mudik, kasihan yang dikampung yang mengharapkan kecipratan THR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasan yg mantab mas:)
      selain kesehatan kita, kendaraan jg hrus fit ya klo mudik pke kendaraan pribadi, klo kendaraan umum itu pihak agent nya ya.
      soal duit, lembar merah yg 0 nya byk itu hrus tebel :D boleh jg, biar saya kebagian THR dri mas DJB :)

      Hapus
  18. no 8 tuh yg biasanya sering kelewat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya bun. jgnkan mudik, mau ke pasar atau keluar sbentar aja kurang memperhatiin point itu ya. :D

      Hapus
  19. point yang paling penting no 9, berdoa sebelum berangkat.....,,, yang penting selamat ampe tujuan dan bertemu keluarga......, tips yang membantu mbak..., terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jgn sampe lupa mas memohon keselamatan, intinya doa sbg juru kunci yak :D

      Hapus
  20. Turut mengucapkan semoga yang mudik selamat sampai tujuan tak ada suatu musibah apapun, Kalau saya tahun ini tidak ada mudiknya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Jun : Amiiin :) gapapa gak mudik mas, yg ptng msh bisa ketemu lebaran insyAllah ya

      Hapus
  21. Ide artikel buat kamu Yu...

    "Daftar perusahaan yang menyediakan mudik artikel"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke thanks wahab :) ide cemerlang :)

      Hapus
  22. Yup betul Mbak, semuanya, poin-poinnya mesti dipersiapkan,,, apalagi yang JANGAN LUPA BERDOA... semoga selamat di perjalanan amiiinnn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin :) doa dan harapan semua pemudik ya mas.

      Hapus
  23. kenapa biografi gitaris korea nya kok 404 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masaa sih pakdhe? tpi itu ad yg bisa koment dan kunjungan jg loh, tpi emng aneh sih artikel itu dicari sesuai alamat blog gak nemu. :(

      Hapus
    2. nah ini di chek baru nemu :D ada kebenturan sptnya kmren.. hihi

      Hapus
  24. Mudiknya ditunda tahun berikutnya neng....abis tiketnya pada naik ....nyampai 700 ratusan padahal bukan pesawat claas VIP....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kudu beli jauh-jauh hari makanya kang, biar murah meriah :D

      Hapus
  25. Aku biasanya mudik lebaran hari ke-5, Hayy, sekalian agenda reuni teman-teman lama di pesantren tgl 6-7 syawal.
    Makasih bianget atas 9 tip-nya, ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asyik dong ya om klo lebarannya ngumpul dgn temen alumni, bisa nostalgiaan :D

      Hapus
  26. tips yang sangat bermanfaat nih buat yang mudik :D

    BalasHapus
  27. Waduh untung saya mah gak perlu repot mudik. Semuanya ada di Bandung, soalnya haha.

    Tapi......

    Kalo mudik perasaan sih, perlu...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudik perasaan? kemana tuhh? haha :D

      Hapus
  28. Bawa Duit Secukupnya... maksudnya jangan cash semua..... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar aman saat di perjalanan bawa scukupnya yg tunai mas, klo byk tkut ditilang penjahat :D sisanya simpan di atm yaah :D

      Hapus
  29. Lah akumah kagak mudik,,, lagian juga bingung mau mudik kemana,, wongudah tinggal di kampung halaman

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design