Cara melihat lokasi File Download pada Browser

Mengunduh atau mendownload file di Internet pada browser biasanya kita kurang memperhatikan lokasi penyimpanan pada komputer. yang penting muncul kata perintah 'save' lalu klik 'ok' dan proses download bisa cepat kelar dan selesai. sementara saat file download telah selesai kita kadang kebingungan mencari sumber lokasinya dimana - tak jarang harus ngubek-ngubek isi komputer. Nah, sampe akhirnya mengulang unduhan baru lagi karena lupa nama filenya, lupa tempat penyimpanannya, bahkan mungkin ngerasa file unduhan gagal tiba-tiba karena ditinggal sebentar. jika ukuran file yang di download kecil mungkin tak masalah, kalo besar? kan ngabisin kuota internet ya. 
Mungkin sebagian sobat juga udah pada tau akan cara ini, tapi gak apalah ya namanya juga sharing. saya suka gitu mencatat hasil pengalaman dari kejadian di warnet, rasanya pengen ditulis cepet-cepet.
Jika sobat mengunduh langsung dari laman website tanpa bantuan tool downloader, maka bisa merujuk cara di bawah ini.

1. Pastikan file telah completed di unduh
2. Ctrl+J untuk membuka menu download pada browser, maka akan muncul ke tab baru.
3. klik saja 'Show in folder/Buka pada folder' (pada Google chrome) atau Open containing folder (pada Mozilla firefox) seperti gambar berikut.


4. Secara otomatis, file hasil unduhan akan tersimpan pada folder 'Download' di menu favorit pada komputer. Nah, sekarang sobat dapat menelusuri hasil unduhan dimana tempat penyimpanannya.


Cara diatas juga dapat dipraktekkan di browser lain, menunya hampir sama sob. Semoga bermanfaat!
Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design