Cara membuat Es batu

Hangatnya Bulan Ramadhan masih dapat kita rasakan saat ini, menjalankan Ibadah puasa menahan diri dari berbagai godaan; makanan, minuman, amarah dan lainnya. tak terkecuali panas terik yang membakar tubuh dan kerongkongan. Nah, biasanya sebagian orang menyiapkan bukaan puasa pasti tidak ketinggalan dengan Es batu, kan? mungkin bisa saja membeli karena harganya murah dan memanfaatkan kulkas dirumah dengan membuatnya sendiri. Untuk itu, ada baiknya saya memberikan resep mudah Cara membuat Es batu sebagai kelengkapan berbuka puasa biar seger dan maknyus adem. Bagi yang belum pernah mempraktekkannya, silahkan ikuti tips resep di bawah ini :)

Bahan - bahan :
1. Air masak (Ingat, jangan ciduk air mentah dari sumur. alangkah baiknya dimasak/direbus dulu)
2. Kantong plastik putih (Ingat, kantong plastik bersih. jika ingin bekas plastik gula boleh juga tapi dicuci bersih dulu)
3. karet gelang sebagai ikatan bungkusan plastik
4. Kulkas/Lemari es (dicolok ke listrik ya sob)

Cara membuat :
1. Masukkan air dingin yang telah dimasak ke dalam kantong plastik.
2. Masukkan air hingga penuh atau selera anda
3. Kemudian ikat kencang ujung plastik dengan karet gelang
4. Masukkan ke kulkas/Lemari es, posisikan bungkusan air di freezer agar membeku
5. Tunggu hingga proses membeku kira-kira beberapa jam dan jadilah es batu.
6. Terakhir, Hidangkan Es batu bersama kawan-kawannya; bisa sirup, susu kental atau jus buah maupun potongan buah segar. dan sesuka sobat menyajikannya dengan apa. 

Cukup mudah dan sangat sederhana, bukan sob? yuk kreasikan juga dengan andalan resep anda :)


Berbuka puasa dengan yang segar memang enak, apalagi puasa seharian hawanya panas. namun ada baiknya berbuka puasa dengan mendahulukan air putih ya sob. dan jika ingin minum es disesuaikan kondisi tubuh, jangan berlebihan. Berbagi itu Indah, berbagi resep mudah Cara membuat Es batu untuk melengkapi hidangan buka puasa. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan, tetap semangat meski lelah dan banyak beraktifitas. 
Tag : Tips Trik
52 Komentar untuk "Cara membuat Es batu "

lebih baik memang buat sendiri aja, biar tidak waswas.
sampai saat ini saya masih tidak suka pake es batu yang dari pabrik karena saya sendiri tahu cara kerjanya neng. gak mau ah

wah sudah punya adsense nih neng, moga bisa PO.
hanya lebih baik unit iklannya taruh di dalam postingan (atas/bawah)

untuk bulan puasa gini, jangan banyak2 minum es, katanya sih waktu siang hari cepet haus

Wah memang buat sendiri harusnya ya, kalau beli sering air tak masak

adsensenya sudah muncul deh tuh di home...kenapa lazada yang mendominasi iklannya?

iya tuh...sepakat pisan.
cari tutorial cara pasangnya di kompi ajaib dot com

Bikin es batu kalau sendiri bisa menggunakan air yang sehat dan bersih ya Nang, jadi kita tahu air tersebut masuk dalam katagori aman dan sehat yang tidak mebuat kita was-was.

Memang sudah nyoba kang ? ha,, ha, ha,

Pasang apa Mang ? Pasang karet buat es batu sendiri gitu ya ?

itu ngncurinnya pakai serut apa di gepuk ms!

Udah ada adsensenya, benar-benar berkah ramadhan hehe apalagi bisa membuat es batu semakin mantab deh. eh gak nyambung ya? disambung-sambungin aja deh

Wah hal sekecil ini bisa dijadikan materi untuk blog hebat, tapi saya juga waktu mau bikin es pakai air matang mbak tapi gak dimasak dan semoga itu aman deh karena kalau saya lihat di tutorialnya harus dimasak dulu.

Es batu buatan sendiri lebih terjamin ya non, lebih aman dan gak bikin hati gak nyaman karena takut airnya gak bersih atau gak sehat...

Kalau es batu sih mending bikin sendiri ya, soalnya pengalaman sama liat di tv2 gitu banyak yg jual es batu tapi airnya enggak terjamin kebersihannya. Hiks...

Hehe tips yang handy dan useful. Salam kenal.

Es batu memang jadi favorit selama Ramadhan, ya, Hayy... Dulu aku juga memfavoritkannya. Tapi, entah kenapa, Ramadhan tahun ini lebih suka minum air hangat. :)

Semoga earning adsennya meningkat teruis ya mba

es batu itu emang krusial. dibuatnya gampang, dan perannya itu penting banget sebagai "penyegar". apalagi kalau buat minuman sekelas sirop dan kawan-kawannya, kurang seger kalau tanpa es batu :)

kebetulan saya dapet hadiah mba ketika beli kulkas, buat bikin es batu gitu mba hehehe

kalo bikin es batu di plastik harus pecahin dulu kecil-kecil nantinya :)
dan lebih enak pakai adonan atau lebih tepatnya sebuah barang buat bikin es batu gitu mba :)

Kalau di tempat gue namanya es kebo yu...

benturkan tembok aja mas,,,

nyobanya jangan sian sisng lho....

nyobanya jangan siang siang lho....ya...

Xixixi, bikin es batu ada tutorialnya juga :D

bener mas, mending buat sendiri kan..

itulah hebatnya seorang blogger, selalu ingin berbagi.. hehe..

kawan2-nya sirop siapa aja kang, hehehe...

Tapi konon cerita, jika air dimasak. Kurang bagus sewaktu menjadi es. Kurang sempurna.

Usul nih mba kenapa ya suka ada aja yang masukan air nya air mentah :p dalam artian air yang belum di masak

wah,, jarang2 lho ada yg bikin artikel tentang membuat es batu, biasanya kebanyakan artikel yg ngebahas minuman es,nya..

btw,, sekarang udah ada iklan adsensenya nih,, rezeki anak sholeh,, hehehe

Kang Ifrod : duh sptnya 10th lg kang baru bs PO :D hahaha

Pakdhe : udah dipsng skrg pakdhe, kmren seharian masanginnya ngobrek" sumber yg ccok :D hihi

Pakdeh indra : hahaha. bisa aja pakdhe indra...wwkwk

Kang Ifrod : Iya gak boleh byk" kang, hrus di batasin minumnya. bisa batul flu jg byk minum es kan :D

Pakdhe indra : dulu kecilnya kang ifrod suka minum jajanan es pakdhe, mkanya dia tauu :D hehe

Trik Pos : boleh siang klo gak bulan Ramadhan mas. haha

iya mbak deb, buat sendiri aja biar lebih nyaman dan gak khwatir sakit.

enggk tau pakdhe, ngikut aja dari sononya :( ntr klo udh byk faham ttg ads mgkn bru ngeh dan lgsg di perbaiki..

iya bener pakdhe. buat sendiri biar sehat, murah dan praktis :D

Mas dzaky : ditokok tokok aja mas pke paluuu :D

Trik News : jgn gtu mas, ntr es batunya pusing. :P

Nyambung kok kang. :D haha
Alhamdulillah kang, semoga berkahnya terus berlanjut.. :)

Iya mas, berbagi itu Indah kan. gapapa deh mesti materinya kecil dan ringan. haha :D semoga ad manfaatnya, krena yg memfokuskan sbenrnya hrus air masak dan jgn berlebihan mnum air es. :)

Iya kang, terjamin kesehatannya :)

yup bener mas jefry. byk org lain jd korban krena air gak dimasak kan :(

Hehe. semoga ad manfaatnya.
salam kenal kembali jg mas Son Agia :)

Iya om, favoritnya org yg berpuasa. bisa ditambah ke bubur, kolak, buah"an atau syrup kan. makin enak deh :)
Iya om, disesuaikan aja sm kesehatan kita - air hangat enaknya mgkn Teh hangat ya om..

Amiiin :) semoga mas dzaky.

tpi sejauh ini msh dibawah Rp.1000/harinya :D

I jev : Yup, gak seger klo gak ada Es.

Kang maman : banyak kawannya kang, mbah marjan salah satunya :D

Weh manteb dpt hadiah kulkas. berapa pintu mas? :D wkwk

iya mas, mana yg enak dan mudah aja wadahnya. tpi klo pke adonan gtu, gak puas mas sedikit :D haha

gueeh baru tauuu tuh namanya Es kebo. haha :D

cuma beda nyebutnya aja kan, hab?

Bunda Anisa : hahaha. keren kali postingan saya kali ini ya bun, kwkw

Kang maman : Berbagi meski kecil ya kang. :D

Mungkin freezernya rusak kang ..hhaha

dirumah pke air masak, hsilnya ttep Es batu kok kang :D

Ribet mgkn hrus masak air byk", mas. atau malesnya org beli air mas.
dan atau...lbh praktis dan hemat tenaga. entaah lah mas :(

Nah saya pemecah rekor ya bahas artikel buat es batu, wkwk.
Untuk minuman es nya lain waktu saya bahas, mas :D

Haha, anak sholeh :D
Alhamdulillah, tpi saya blum jitu sih gimana bisa meningkat dgn bagus earning ads nya mas.

Mudah juga yah cara buatnya,, Saya juga jadi pengen bikin es batu dicampur sama kolek biar lebih denger dan seger...

wah langsung eksekusi, ketimbang uda mau magrib tar kelupaan hihii

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top