Minuman Segar Khas Riau ini patut Anda coba!

Setelah sebelumnya Saya sempat mengulas beberapa objek wisata Riau, kemudian Kuliner dan Oleh-oleh Khas Riau. Maka kali ini, Saya ingin menuangkan kembali tentang Riau dengan segala keunikan dan cita rasa kulinernya. Tapi bukan makanan nih sob, melainkan 'Minuman Segar Khas Riau' biar sobat makin tau Kuliner Riau apa saja. Sengaja membahasnya sekarang nih biar awal bulan Puasa nanti sobat bisa mencoba menikmati minuman segar ini sebagai pembuka puasa, selain itu saya khawatir bakal tergoda puasanya jika membahasnya Bulan Ramadhan nanti. hehe. Nah, jika anda berniat berkunjung ke Riau minuman ini patut anda cobain ya sob!

1. Es Laksamana Mengamuk
Unik dan khas ya nama minuman ini. Yup, bagi anda yang pertama kali mendengarnya pasti di buat terheran dan bertanya-tanya makna dari sebutan minuman ini. Konon, Seorang Laksamana mengamuk di sebuah Kebun Kueni (mangga) lantaran istrinya di bawa kabur oleh Pemilik Kebun Kueni tersebut. Kemarahannya itu membuat mangga kueni berjatuhan dari pohonnya dan dipunguti oleh seorang gadis dan diolah menjadi minuman. Mangga tersebut dikupas, kemudian dicuci bersih dan dipotong dadu kecil-kecil lalu diberi santan dan gula merah dan gula putih. Saat ini minuman tersebut lebih unik dan berkreasi, sajiannya ditambah dengan irisan kelapa muda dan diberi buah selasih sebagai pelengkap rasa, agar makin segar ditambah es batu. Di Riau, minuman Laksamana Mengamuk merupakan minuman paling popular dan terlaris. ingin mencoba original rasanya? yuk, travelling ke Riau sob.


2. Es Air Mata Pengantin
Mengapa disebut Air Mata Pengantin? Karena Minuman ini awalnya disajikan untuk acara-acara Pernikahan Pengantin sebagai unsur kebahagian sekaligus simbol dari Air Mata Bahagia bagi Pasangan Pengantin. Minuman satu ini dibuat dengan bahan-bahan yang mudah yaitu : gula pasir, biji selasih, nata de coco, potongan buah blewah, agar-agar/jelly dan tambahan sirup serta serutan es batu. Minuman ini juga pas disajikan saat panas terik yang membakar tenggorokan, nah biar seger adem cobain deh minuman ini sob.

3. Es Lancang Kuning
Pasti anda bertanya lagi kok namanya bisa 'Lancang Kuning'? Yup, karena Minuman Lancang Kuning berbahan utama dari buah mangga. Buah Mangga dagingnya berwarna kuning ini menginspirasi nama minuman ini menjadi unik dengan menyebut Lancang Kuning, Lancang Kuning sendiri merupakan bagian simbol/lambang dari Riau yaitu Perahu yang memiliki 2 layar berwarna Kuning. Cara membuat minuman Es Lancang Kuning hampir mirip dengan anda membuat jus mangga, bedanya yaitu tambahan irisan buah mangga dan nata de coco menjadi lebih nikmat.


4. Air Tebu Nostalgia
Minuman ini dibuat dengan bahan utama Air Tebu. kemudian dicampur dengan jahe dan kacang tanah serta isi kelapa muda. Air tebu, jahe dan kacang tanah dipanaskan (direbus) secara terpisah setelah itu masukkan campuran kacang tanah dan kelapa muda atau bisa juga menambahkan biji selasih. Kenapa disebut Air Tebu Nostalgia? agar siapapun yang menikmatinya akan selalu teringat dan bisa bernostalgia dengan citarasanya.


5. Es Samudera
Minuman Es Samudera dibuat dengan campuran bahan Rumput laut, santan, durian dan ditambah dengan gula pasir, sirup serta roti tawar dan potongan es batu. Minuman yang super lengkap ini membuat anda merasa kenyang dan tentunya tenggorokan menjadi adem dan segar. Minuman ini cocok dinikmati di pinggiran pantai. anda bisa mengunjungi pantai di Riau misalnya : Pantai Selat baru (Bengkalis) atau Pantai Rupat (bertetangga dengan Malaysia).


6. Jus Tiga Rasa
Jus Tiga rasa dibuat dengan varian buah tiga rasa yang di blender. Untuk pilihan buahnya yaitu buah pepaya, buah pisang, dan buah jambu klutuk (jambu biji). semua buah di blender secara terpisah dan ditambah dengan perasa jeruk lemon agar manis ditambah gula sesuai takaran buahnya dan diberi potogan es agar maknyus segar. kemudian dituang kedalam gelas dan uniknya minuman ini karena warnanya berbeda. siap mencobanya kesegarannya sob?


7. Es Sirup Mak Inang Sayang
Lagi lagi Minuman satu ini namanya juga cukup unik, bukan? mungkin terinspirasi dari tarian mak inang, Melayu - Riau. Adapun minuman ini berbahan dasar Sirup Jeruk, kemudian ditambahkan dengan potongan buah nenas, apel, agar-agar dan es batu. gimana kapan ke Riau sob? Jika anda ingin membuatnya sendiri bisa juga dengan tambahan buah lainnya sesuai selera. Silahkan dicoba!


Mumpung Ramadhan sebentar lagi, tak ada salahnya anda juga mencoba membuat sendiri minuman diatas sebagai pembuka puasa. Yuk, melipir ke Riau - kapan nih sobat? Ohya, Selamat menyambut Bulan Ramadhan, Semoga diberikan kelancaran dalam beribadah di Bulan suci. Salam Blogging!

24 comments

no 1 namanya kocak dan ada cerita di balik nama sebuah Es raja mengamuk itu
no 4 bener juga ya di sebut Es Tebu Nostalgia agar orang-rang mengingat kembali rasa khas dari Es tersebut
kalau saya ke Riau saya akan rasakan semua *ehh rakus banget ya :D maksudnya akan saya trasakan satu persatu. hihihi

ini cocok buat puasa nanti nih :D

Itu yang nomor satu unik banget namanya, pasti rasanya juga bisa ngamuk tuh dilidah.

Nama esnya itu kayanya keren banget pakai Laksamana Mengamuk, tai dari penampilannya kayanya bikin ngiler sih.

Ya ampuun lucu banget sih nama - nama minumannya. Bikin orang penasaran ajah. Tapi yg bener2 menarik hati ya itu Laksamana Mengamuk. Haha. Moga2 habis minum itu ngga ngamuk2. Xixi.

wkwkwk unik banget namanya laksamana mengamuk. wkwk penasaran saya sama rasanya :D

Namanya unik-unik banget, ya, Hayy... Bikin penasaran. :)

banyak yang enak2 juga yah mba :D

es laksamana mengamuk sama es samudera kayanya [paling ajib tuh :)

disana banyak wisata kuliner ya mbak?ditasik juga banyak wisata kuliner bahkan ada grup nya tapi sayang ga nemu minuman yang mirip sama laksamana mengamuk dan samudera :D

Kalau minuman kang nurul iman ganteng ada gak mbak kalau ada saya mau beli deh yang banyak biar muantappp rasanya, ahi hi hi.
Tapi jangan yang mengamuk ya takut soalnya masa saya dihajar oleh minuman kan gak seru.

siang2 gini baca artikel tentang minuman segar,, hmm.. jadi pengen kan >_<

wah penasaran sama es laksamana mengamuk non ayu, emm nak bagi la biar tau rasanya :D

hahaha, ga penasara kang hendry kan ?

haaaaaah, yang keren masa nama es kang indra, saya mah yang keren kan :D week

rasanya yang segar mungkin bisa "mengamuk" di lidah kita ya kang, hehe...

membaca artikel ini jadi lupa sama kerjaan, bayangannya sama yang seger-segerrrr, hehehehe...

Bener banget tu namanya unik-unik. Ada es air mata pengantin segala yah.

Selamat yah yang barusan costum domain ke TLD, moga tambah semangat ngeblognya.

Naama minumannya unik-unik ya mbak. Sepertinya rasanya pun juga enak dan mantap. Jadi pengen nyoba :)

Gue bingung Yu, itu jus yang tiga rasa gimana cara buatnya ya...

Oh iya,,TLD ya,nggak engeh...

Caranya cukup mudah kok kang tinggal ketik minuman spasi tiga rasa kirim ke blog saya saja.

wahahahaa, riau keren abis! selain namanya unik-unik, penampilannya pun menggoda. dan yang terpenting, ternyata beberapa minuman punya urban legendnya tersendiri. ini saya penasaran banget sama si laksamana mengamuk :))

es laksamana mengamuk dan air tebu nostalgia,haha
udah mengamuk bernostalgia lagi pulak dia

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!