Obat Ampuh dan Mudah mengobati Sariawan

Sariawan (Stomatitis Aftosa) adalah gangguan kesehatan pada mulut yang ditandai luka pada bibir, lidah dan sekitar mulut sehingga terasa perih untuk berbicara, menelan makanan apalagi saat mengunyah. Masalah Sariawan yang sering terjadi juga bisa menandakan keadaan tidak stabil pada tubuh (demam) dan anda harus segera mengobatinya walaupun penyakit ini tidak dapat tertular. jangan remehkan masalah kecil meski hanya sariawan. Obat Ampuh dan Mudah mengobati Sariawan di bawah ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber yang cara pengobatannya secara herbal, tradisional dan mudah dilakukan. sebelum mengenali apa saja Obat Ampuh dan Mudah mengobat Sariawan, ada baiknya kita mengetahui Penyebab dan Gejalanya terlebih dahulu. 


Penyebab Sariawan :
* Mulut tergigit (secara tidak sengaja) saat asyik mengobrol atau terburu-buru makan
* Makan yang panas-panas dan dingin-dingin
* Kurangnya daya tahan tubuh/melemah
* Penggunaan kawat gigi dan gigi palsu
* Menginang (mengunyah tembakau), merokok
* Kebersihan mulut yang tidak terjaga
* Penggunaan obat-obatan dan antibiotik yang menurunkan produksi air liur
* Kekurangan gizi, vitamin dan zat besi 
* Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok/sering ganti-ganti
* Penyakit gusi, infeksi mulut

Gejala Sariawan :
* Lidah, bibir dan rongga mulut terasa terbakar, perih 
* Sulit mengunyah, menelan
* Rasa tidak nyaman pada mulut
* Gejala paling akut; demam tinggi, kanker mulut

Apakah anda mengalami sariawan? berikut Obat Ampuh dan Mudah mengobati Sariawan :

1. Madu
Madu yang rasanya manis selain bisa menambah kecantikan dan aura tubuh, anda juga bisa mengobati sariawan dengan madu. cukup oleskan madu pada luka sariawan, lakukan hingga sariawan mulai sembuh dan kering. 

2. Buah Pepaya
Buah Pepaya mengandung vitamin c, itu artinya bermanfaat untuk mengobati sariawan anda. konsumsi buah pepaya segar secara rutin, boleh juga dibuat rujak biar cepat sembuh. 

3. Jambu Air
Jambu air kaya akan vitamin c juga, kandungan serat dan airnya bisa mengobati sariawan anda. caranya; jambu air yang telah dicuci bersih dan peras airnya sebagai obat kumur-kumur. biar enak, buat saja jus jambu air.

4. Tomat
Selain membantu penyembuhan sakit mata, tomat juga bisa membantu meredakan sakit sariawan. iris tomat dan kunyah-kunyah, atau tumbuk tomat dengan gula putih bisa juga membuat jus tomat. 

5. Daun Jambu
Obati sariawan anda dengan daun jambu. cuci bersih daun jambu biji dan oleskan pada luka sariawan di mulut. daun jambu juga dipercaya sebagai solusi BAB yang sulit. 

6. Air Kelapa 
Kandungan air kelapa salah satunya zinc dan vitamin B3 dapat membantu mengatasi sariawan anda. Air kelapa yang segar langsung diminum atau sebagai kumur-kumur. Jika anda sedang mengalami sariawan di Bulan Ramadhan, ada baiknya berbuka puasa dengan Air Es Kelapa muda, bukan? 

Mau segar di Bulan Ramadhan? Baca juga : Sop Buah enak dan cocok untuk Buka Puasa?

7. Yogurt
Yogurt ialah olahan dari susu kaya akan vitamin dan mineral, tingkat keasamannya bisa membantu sariawan anda. konsumsi Yogurt 3x sehari setiap harinya.

8. Kunyit
Salah satu Kandungan kunyit yaitu zat besi dan vitamin C dipercaya dapat mengatasi sariawan. cuci bersih kunyit, iris/giling bisa juga parut dan oleskan pada mulut atau luka sariawan. buat anda yang suka kunyit, bisa mengonsumsinya dengan gular merah agar manis. 

9. Kulit Manggis
Kulit manggis kaya akan kandungan air sebanyak 62,05% dan vitamin yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas serta inflamasi (peradangan, nyeri dan bengkak kemerahan) sehingga dapat membantu menyembuhkan sariawan anda. cuci bersih kulit manggis, lalu rebus dan gunakan sebagai kumur-kumur. 

10. Garam
Garam ialah bahan masakan dapur yang juga bermanfaat mengatas sariawan. cara ini sangat cepat dan efektif, cukup oleskan garam halus pada luka sariawan di mulut, jika anda merasa risih dengan butiran garamnya bisa juga gunakan air garam (yang telah dilarut) sebagai obat kumur-kumur. 

11. Cabai/Cabe
Obat paling manjur dan paling efektif serta cepat salah satunya ialah cabe. cabe yang rasanya pedas dapat membantu menghilangkan sariawan, jangan takut makanan pedas yang mengandung cabe karena itu adalah obat bius paling mujarab, meski rasa pedasnya menggigit-gigit. 

Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami sariawan, jangan takut untuk mengobati okey? Selamat mencoba Obat Ampuh dan Mudah mengobati Sariawan, semoga sariawan saya kali ini cepat sembuh dan membantu solusi masalah sariawan anda juga. Salam Blogging!

29 comments

Sariawan memang sangat menggangu, apalagi pas puasa kayak gini.
Dari 11 cara diatas, yang sering saya pakai adalah mengobatinya dengan madu, caranya simpel dan madunya juga mudah didapat.

Penyebab sariawan yang pertama yaitu mulut tergigit karena makan yang terburu-buru itu gak enak banget mba rasanya gak mau mingkeum, maunya mangap terusss

Hebat mba cabai jadi obat paling manjur untuk mengobati sariawan tapi aga sedikit perih ya mba

Saya paling sering kena sariawan akibat tergigit non, efeknya bisa merembet ke mana-mana, susah makan dan gigi ikut ngilu, obat di atas semoga bisa jadi solusi supaya gak gampang sariawan.

Dari ke 11 obat di atas sepertinya belum pernah saya coba mbak, kalo waktu kecil mah kalo kena sariawan saya mah diobatinnya pake daun saga mbak, tau gak daun saga? apa yah sebutannya itu... :D

sedikit perih gak apa-apa kang yang penting bisa cepet sembuh, iya gak?

bahan2nya mudah di dapat neng, madu saya punya neng. hehe kakak saya peternak lebah madu.

yang sering terjadi pada saya sendiri, penyebab sariawan adalah Konta Ganti Odol dan Kurangnya Minum Air Putih

Kalau saya sariawan biasanya saya dibiarkan saja mbak nanti juga suka sembuh sendiri.

madu memang plihan org nmor 1 ya mas karena alasan rasa manisnya. hehe

haha. mingkem? mangap? :D
iya mas mendingan kuatin makan pedasnya deh biar cpet sembuh..hehe


kang marnes : laki-laki harus tahan banting kang :D

gigi dan bibir jaraknya terlalu dekat ya kang, gara-gara kepeleset ngomong dan kepeleset makan bisa kegigit. :D
iya kang, semoga segera sembuh sariawannya pke obat diatas :)

Daun saga? saya taunya ninja saga. #googlingdaunsaga :D
mirip daun putri malu ya sekilas, kang.

trus daunnya ditelan gtu kang? :P

Kang nurul : kang nurul taunya daun aja ya, emng udh tau kang daun saga gimana? =))

Promosi... bagi dong kang madu nya, harga murah ya kang =))

Kurang minum air putih bibir menjadi kering ya mas, dan akhirnya bakteri dan jamur di dalam mulut berkembang menjadi luka merah (inflamasi) yg disebut sariawan. oke rajin minum air putih klo gtu mas, dan konsumsi buah vit.c sip.. :)

gk mgkn dong kang, pasti ada makan makanan pedas/yg mengandung cabe. nah itu udh termasuk mengobati kang tanpa disadari. apalagi manusia tdk terlepas dri konsumsi air putih kang :D

Terus terang aku angkat tangan (menyerah) kalau disuruh pakai cara terakhir itu, Hayy. :) Tapi, kalau cara lainnya, insyaAllah masih kuat. :))

Iya non jaraknya terlalu deket kali... mau di kasih pembatas takut susah mau ngomong sama ngunyah makanan, wkwkwk...

masa iya om gak suka pedess? :D
oh iya bru inget ya, om irham sukanya makanan yg byk asin ya. hehe

Ternyata kemungkinan terburuknya bisa terkena kanker mulut yah... ?? Untung depan rumah ada pohon pepaya,, jadinya bisa dibuat untuk mengobati sariawan deh hehehe

Iya iya iya juga ya mbak saya jadi gak sadar ternyata itu jenis pengobatan tanpa sadar ya mbak alias hipnotis, ahi hi hi.

banyak juga ya, saya sih pakai tomat sekarang, ampuh :)

Enak-enak banget dah, obatnya yu...

wah kalau cewek yang suka pedas mungkin bakal jauh-jauh ya dari penyakit sariawan ini :D

Baru tau kalau madu itu obat sariawan :)

Nah barusan saya habis baca tuh obat sariawan A' bermasalah. Drg yang share, dan setelah baca ini saya beneran pengen ninggalin si A' itu deh

Kalau saya sariawan di nikmatin aja cenat cenutnya
NLP Surabaya

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!