Review Film The Conjuring 2, Valak si Hantu Berkerudung (2016)

Menyempatkan menulis review film ini sebenarnya amatiran, namun karena film ini sedang booming dan ngtrend sampe hot topic di berbagai belahan dunia tak ada salahnya saya membahas. Jujur, saya gak suka horror lebih ke genre romantic atau komedi. But and Because, Pelanggan Warnet meminta saya untuk mengunduh Film The Conjuring 2 ini, akhirnya karena rasa penasaran oleh bayangan Valak Si Hantu Berkerudung itu saya pun memaksakan diri menonton di rumah pada siang hari biar gak histeris ketakutan ngeliat valak,bhroo.. 
Valak? aslinya rupa anak kecil bersayap yang menunggang Naga berkepala dua, namun sang Sutradara menampilkan Valak di Film The Conjuring 2 yaitu Hantu seram berkerudung berwujud biarawati, berwajah putih yang merupakan Raja Iblis/Setan Neraka yang memimpin lebih dari 30 roh jahat (legion/legiun) dan berkekuatan hebat. 


Title : The Conjuring 2
Genre : Horor
Produser : Jim Whitaker, Doroty Aufiero
Sutradara : James Wan
Penulis : Carey Hayes, Chad Hayes
Negara : Amerika Serikat (USA)
Tayang : 10 Juni 2016 di Indonesia

Pemain : 
Lorraine Warren (Fera Varmiga)
Ed Warren (Patrick Wilson)
Peggy Hodgson (Frances O'connor)
Janet Hodgson (Madison Wolfe)
Margaret Hodgson (Lauren Esposito)
Jhonny Hodgson (Patrick McAuley)

Oke, kira-kira begini tangkapan Film The Conjuring 2 yang berhasil saya tamatkan sepanjang durasi 2 jam 7 menit...chekibhroo!

Review :
Di awal pembukaan film ini, sang paranormal terkenal yaitu Lorraine dan Ed berkumpul bersama lainnya menerawang kejadian pada Kediaman Peggy (single mother) karena mereka diminta untuk menyelesaikan kasus tersebut, Lorraine menangkap banyak misteri dan hampir sulit mengembalikan rohnya ke tubuhnya, atas bantuan suaminya - Ed, Lorraine berhasil sadar dan menceritakan kisah menonjol horror itu. 
Kediaman Enfield, Villa di London yang merupakan Kediaman Peggy bersama 4 anaknya adalah rumah berhantu milik seorang kakek tua yang mati karena penyakitnya. 
Janet dan Margaret adalah bocah yang suka bermain 'jelangkung (Tabel roh, anggap aja deh ya jelangkung)' saat sebelum tidur di malam hari, tanpa sadar malam berikutnya roh rumah berhantu tersebut menghantui tidur Janet dan Janet tiba-tiba ditemukan oleh Peggy, Ibunya pada Kursi goyang di sudut ruangan tamu. Janet bilang kalo dirinya tidur berjalan, awalnya Peggy merasa terkejut dan ketakutan. bermula karena Billy teriak dan mendatangi ibunya untuk memeriksa rumah yang dianggap ada orang masuk (dikira billy maling kali ya..)
Berlangsung malam berikut dan seterusnya, Janet makin dihantui oleh rasa ketakutan hingga saat akan tidur selalu mengikatkan tali pada kedua tangannya agar tidak tidur berjalan, Janet akhirnya tidak bersekolah dan dianggap tidak normal karena sering kerasukan oleh hantu milik villa tersebut.
Janet mendapati remote tv yang berpindah sendiri, channel tv yang sulit di kendalikan, bayangan berjalan, lemari bergerak, suara aneh, dan kursi bergoyang sendiri. 
Hingga akhirnya keluarga Peggy Hodgson menginap di rumah tetangga, namun rupanya hantu tersebut tetap berhinggap di tubuh janet, ambulans pun datang karena tubuh janet mengeluarkan busa dan janet jatuh pingsan. 
Disinilah Peggy meminta bantuan polisi untuk mengungkap kejadian rumah berhantu tersebut, namun polisi menyerah dan meminta peggy untuk berkonsultasi dengan pihak gereja. hingga berita ini muncul ke berbagai media dan Janet dimintai keterangan oleh awak media. 
Singkat Cerita, Janet kerasukan lagi dan banyak mengacak-acak isi dapur, piring gelas dan lainnya pecah dan pisau bertebaran dimana-mana. semua pada ketakutan dan berlari saling melindungi satu sama lain. Janet bersembunyi dan akhirnya ditemukan oleh Ed, hantu tua itu keluar karena takut oleh kalung salib dari Ed. 
Sementara saat suasana tiba-tiba mengacau dan pecah karena kejadian ini hanya dianggap pura-pura dengan satu bukti rekaman Janet sengaja memecahkan semua barang, semua tak percaya, semua pulang, dan kembali.... Janet tiba-tiba kerasukan parah dan ini durasi yang paling maksimal, Janet terbang dan matanya merah menyeramkan, menakutkan....
Untunglah, Lorraine dan Ed berhasil kembali ke Enfield dan menyelamatkan Janet serta keluarga Peggy Hodgson. Susah payah Ed mendobrak pintu, mencari celah untuk masuk ke rumah berhantu itu, melewati gelap, air, dan dingin yang mencekam untuk menemukan keberadaan Janet yang terkunci di dalam rumah tua itu. 
Wait...waitt..Anda pasti juga menunggu, dimana sosok Valak itu muncul? penasaran kan detik-detik Valak muncul secara jelas??...


Tiba-tiba angin begitu kencang hebat hingga pohon besar di depan rumah Peggy itu menjadi terbelah dan runcing, Lorraine tak diam...ia teringat pada kitab yang pernah dibaca, secepat kilat ia mengambil kitab tersebut dan menemukan beberapa lembaran menyebutkan V-A-L-A-K... VALAK!!!!
Dengan kekuatan dan keyakinan Tuhan dan sebuah Cinta, Lorraine menghadapi Valak dengan keberanian warbiyasah di ruangan bertingkat itu dan berteriak memanggil Valak dengan segudang keimanannya. Lorraine berkomat-kamit dan Valak langsung menghilang dan musnah. 
Ed yang bergantung di ujung jendela hampir jatuh memegang tubuh Janet pun akhirnya berhasil diselamatkan Lorraine, diujung cerita kekuatan cinta dahsyat Lorraine mampu menyelamatkan Janet dan Ed, lelaki yang paling dicintainya. TAMAT!

29 komentar:

  1. Emang non Rahayu suka film horor? Ihh, seyeemmm.. sayah mah paling jarang nonton film bergenre horor, lbh suka film romantis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya bukana jarang mas, tapi belum pernah sama sekali

      Hapus
    2. Kang maman : gak suka horror kng, sukanya film genre romantis dan komedi.. di paragraf awal saya ad bilang kang :D

      Kang Ifrod : mending gak usah ngeliat horor kang :D

      Mas TP : opo kui artine mas?:P

      Hapus
  2. Lengkap banget nih pembahasan nya mba tapi kurang suka film horor nih mba suka takut ke kamar mandi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya anter kang wkwkwkw...

      Hapus
  3. Saya belum nonton nih. Penasaran pengin lihat film nya langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ketinggalan kereta ....

      Hapus
  4. menurut saya, counjuring 2 emang nggak terlalu seram karena lebih berdrama. adegan exorcismnya pun kelihatan lebih cemen dari counjuring 1. di counjur 2, adegan exorcismnya cuma si lorraine bilang ke valak kalau dia tau namanya valak.. kalau di counjur 1 kan lebih apik.. tapi counjur 2 rada absurd sih ya.. ada setan giginya copot.. terus ada yang hantu pria bengkok itu :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhaaa, benerr bangett jev. gak seseram yang kita bayangkan, cuma covernya aja yg seremm :D
      kesannya cuma nyari tau setan apa dan bilang VALAK terus komat kamit bacaan ngilangin VALAK, lgsg kabur valaknya. :D

      Hapus
  5. besok review film terbaru neng; RUDI HABIBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, klo sempet nontonnya kang. :D

      Hapus
  6. hantu valak sempat heboh kemarin di kampung saya lho neng....g tahunya ee ternyata ada film nya toh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. heboh di valakin kampungnya mgkn mass..ehh :D

      Hapus
  7. Sadis tidak mbak filmnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sesadis film indonesia kang, mending horor begini aja, netral! :D

      Hapus
  8. hmm,, penasaran juga sama si valak ini,, keknya viral bener belakangan ini, coba nonton dulu dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, melejit nama valak akhir ini, sengaja di hebring"kan oleh org byk :D

      Hapus
  9. hantunya solehah ya, belum liat nih yang versi ke 2 nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebalik ya, saya malah yg pertama blum nonton mas, ad sih file movienya tpi males nonton :D

      Hapus
  10. nape yaaa hantunya "berkerudung" ? kan bisa ya pakai topi caping, toping kerucut badut itu juga kesannya menyeramkan.

    Bisa bikin yang baru mau pake kerudung bisajadi "urung" karena takut teringat Conjuring. hiiiiii atuuuut ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, klo pke toping kerucut badut malah jd lucu jg bun :D

      Hapus
  11. yang bikin terkejut cuma musicnya doank :D
    ih hantunya namanya valak...

    oi oi valak kali awaq ia :D

    BalasHapus
  12. iya sih kayanya seruan conjuring 1 yaaa ceritanya lebih teratur :D .. aku kira di conjuring 2 bakal ada flashback conjuring 1 ternyata menyelesaikan kasus lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp bener mbak putri, kasus conjuring 1 dan 2 berbeda yah :D

      Hapus
  13. ah masih sereman film sundel bolong,, tapi kayaknya pasar film horor sekarang di indo lagi sepi jahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerr, sereman film indonesia ketimbang horror luar mas :D tpi ya gtu deh klo film horror gak enak tayagannya bercampur XXX. :-/

      Hapus
  14. hehe hantu kan gak ada mbak.. ada nya tipuan imajinasi palsu negeri Amerika hehe... yah moga kita gak lama" di falakkin amerika dah

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design