Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat dilanda Masalah

Sebagian orang mungkin menerima masalah kehidupan bisa membuat dirinya merasa khawatir, tidak tenang, gundah, risau, depresi bahkan mungkin mengalami gangguan jiwa. Masalah yang berat jika tidak diiringi dengan kesabaran, keimanan dan kesibukan justru bisa mengalahkan pikiran dan hati kita pada tingkat emosi tinggi dan perbuatan yang tidak diinginkan seperti yang banyak terjadi saat ini. Untuk itu, berikut rangkuman Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat dilanda Masalah bagi anda yang kini diliputi perasaan tidak menentu. Semoga hati dan pikiran menjadi ringan dan membantu.


1. Berwudhu dan Beribadah
Bagi Anda seorang muslim berwudhu merupakan langkah yang baik. Berwudhu dapat menangkal rasa gundah dan amarah. Air Wudhu yang kita basuh seketika mencairkan suasana hati dan pikiran, sejuk dan melelehkan air mata. Setelah berwudhu, segera mendekatkan diri kepada-Nya. Lakukan ibadah shalat sunnah dan memohon ampun serta mengucap istighfar banyak-banyak. 

2. Curhat kepada-Nya dan orang terdekat
Masalah apapun jika disimpan dalam hati rasanya seperti menyimpan pedang dan hati terasa sembilu, bukan? cobalah untuk sampaikan dan curhat kepada orang terdekat yang dapat anda percaya. Mintalah saran dan pendapatnya untuk menguatkan hati dan memberikan rasa ketenangan diri anda. Namun jika anda merasa tak perlu mengeluarkan isi hati, cobalah untuk curhat kepada-Nya dan hanya dia pemberi pertolongan dan petunjuk terhadap masalah anda. Bacalah ayat-ayatnya juga untuk menenangkan suasana hati dan pikiran anda, resapi maknanya dan menangislah dalam ibadahmu.

3. Mandi 
Hati dan Pikiran yang sedang dilanda masalah biasanya dipenuhi emosi dan amarah, ibarat kayu yang tengah terbakar di siang hari, panasnya sungguh tak tertahankan. cobalah untuk mandi dan menyirami sekujur tubuh anda dengan air agar hati, pikiran dan badan terasa segar dan otot kembali relaks. selanjutnya tampil menarik dan wangi agar suasana diri anda terasa lebih fresh.

4. Mengasingkan diri
Biasanya saat hati dan pikiran dilanda masalah, hati dan pikiran menjadi sulit dikendalikan dan terbalut rasa kalut. sekarang, anda coba untuk mengasingkan diri ke tempat yang bisa membuat anda merasa tenang dan nyaman. Pergi ke masjid, ke pantai, ke rumah teman, nyejuk ke Mall, atau mengurung di kamar mendengarkan musik dan yang menurut anda merasa menemukan inspirasi dan motivasi. gantilah amarah dan emosi anda dengan mencukupkan menangis saja. 

5. Olahraga dan Relaksasi
Melakukan olahraga akan sedikit membantu anda, lakukan olahraga yang ringan saja. selain mengembalikan semangat anda, olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah dan tubuh mendapatkan oksigen lebih banyak dibandingkan saat anda gundah dan fokus pada masalah. misalnya jogging, senam atau menjawab Teka Teki Silang (TTS) termasuk olahraga fikiran. Kemudian relaksasikan diri anda dengan duduk dan berbaring. 

6. Menonton Film/Video Lucu
Salah satu yang membuat kita keluar sesaat dari rasa jenuh dan tidak tenang dengan masalah adalah tertawa. Tertawa merupakan langkah paling ampuh dan membuat kita kembali bugar, otot tidak menjadi tegang. Sering senyum dan tertawa dipercaya seseorang dapat awet muda. Sehingga anda cukup menonton film/video lucu untuk membebaskan rasa kegundahan dan kegelisahan anda. 

7. Istirahat (Tidur)
Banyak orang merasa lelah saat menghadapi masalah, fokus dengan masalah mencari jalan keluar hingga akhirnya pikiran merasa buntu. Bawalah untuk istirahatkan badan dan hati/pikiran anda semaksimal mungkin, barangkali bangun tidur pikiran anda jauh lebih fresh dan tidur membayar rasa lelahmu dengan semangat baru.

8. Mendengarkan musik
Musik dipercaya bisa merelaksasikan pikiran. Musik juga membangun orang menciptakan seni dan kreatifitas baru. Musik bisa mengobati hati yang galau dan resah. Manfaat musik yang menghidupkan kembali suasana hati dan lingkungan anda. Sehingga mendengarkan musik membantu anda menurunkan tingkat jenuh dan emosional. Baca juga : Manfaat Mendengarkan Musik 

9. Dekat dengan Alam 
Berinteraksi dengan alam juga membantu hati dan pikiran anda. Melihat tumbuhan dan pemandangan hijau rasanya merubah suasana hati dan pikiran hati, kan? Lebih segar, harmonis dan damai. Contoh dekat dengan alam bisa anda lakukan dengan mengunjungi kebun storbery, menanam bunga di taman, memetik sayuran, atau mengabadikan moment di hamparan padi nan hijau. dijamin anda juga betah berlama-lama di tempat tersebut. 

10. Menata ulang Lingkungan sekitar
Pikiran yang buntu jika melihat sesuatu disekitar yang berantakan dan morat-marit pasti emosi dan hati semakin tak menentu. Untuk itu ada baiknya anda menata ulang lingkungan sekitar anda, dimulai dari merapikan dan menyusun kamar anda, menempatkan hiasan di ruangan tengah atau memperbanyak warna-warni (aksesoris) di dinding rumah anda. dan banyak lagi yang menurut selera anda.

11. Berfikir Positif dan selalu melakukan hubungan baik dengan oranglain
Berfikir positif dapat menstimulasi otak untuk berkeyakinan bahwa masalah akan ada jalan keluarnya. Berfikir positif terhadap apa yang dilihat dan dilakukan. Tidak lupa melakukan hubungan baik dengan siapapun termasuk keluarga dan teman-teman. dengan berfikir positif dan sering bersosialiasi baik dengan oranglain maka besar kemungkinan jika anda punya malasah mereka akan sedia membantu.

12. Menyibukkan diri dengan melakukan aktifitas/sesuai Hobi
Mencari jalan keluar dari masalah yang ada rasanya penuh sesak di kepala. Kepala semakin dikuasai rasa gelisah dan hati menjadi tidak tenang. Sebagai alternatif, ada baiknya anda melakukan kegiatan yang dapat memberikan kesibukan diri anda. Mengerjakan sesuai hati dan hobi dapat meminimalisir pengaruh masalah anda tadi. Barangkali dengan melakukan hobi dapat menemukan ide/jalan keluar dari masalah anda sendiri.

Itulah beberapa Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat dilanda Masalah yang mudah dilakukan. Semoga cara diatas membantu mengusir rasa gelisah dan kegundahan anda. Lakukan mana yang membuat anda merasa rileks dan tenang. Be Positive Thinking anda Happy alwayas! 

54 comments

Serius mba mengambil air wudhu itu sangat menenangkan apalagi di tambah dengan sholat pasti hati dan pikiran kita akan kembali bersih dan suci :)

Iya mas fendi, air wudhu mujarab buat org yg dilanda masalah ya. :))

point nomer satu pass baget ditaruh yang pertama.., karena memang dengan cara mendekatkan diri ama Pencipta membuat kita lebih tenang....

Salah satu solusi lagi ada masalah, Bagusnya memang kita hanya mengadu kepada Sang Pencipta, karna Dialah sang pencipta semua yang ada di bumi, baik itu yang menyenangkan maupun yang susah.

Setuju banget kalau Berwudhu itu bisa menenangkan hati dari segala masalah dan juga godaan setan.

Point yang kedua, juga cocok, saya sendiri sering curhat pada teman dekat bila sedang banyak masalah, walau kadang masalah tidak bisa selesai tapi dengan curhat hati menjadi plog dan lega. Hal itu bisa sedikit menghilangkan stres di pikiran.

Mungkin ini aneh, tapi pilihan saya ada di nomer 3 dan 4. Mandi dan mengasingkan diri. Yah dua cara ini emang paling ampuh, menurut saya.

Tips yang bener-bener keren deh.
Oiya, enaknya saya manggil Rahayu, Ayu, Wian, atau apa yah? Hehe biar lebih enak gitu..

Solusi sederhana untuk mendinginkan hanya mengambil air wudhu dan mengadu segala permasalahan hanya di atas sejadah yang makjeb dan mantaps.

Lagi galau nich ye...

Super sekali tipsnya...

Setiap orang pasti memiliki dan punya masalah. Namun jika tidak diiringi dengan kesabaran, keimanan maka akan menjadikan masalah itu menjadi bertambah. Ulasan di atas sangat bijak untuk diterapkan. Biasanya kalau saya yang mengalami hal itu, sholat adalah obat mujarab..

Saya rasa, poin2 yg ditulis di atas memang benar dapat membuat hati dan pikiran tenang ... terutama poin pertama. Kemudian melakukan hobi juga dapat membuat pikiran tenang ... dalam poin di atas mungkin di nonton dan musik itu ... tips yang bagus mbak...

bukan hanya itu mba airt wudhu juga mujarab buat orang yang di landa kehausan saat berpuasa. rumus mengatakan saat berwudhu kumur 3 kali, buang nya 2 kali di jamin haus akan hilang. :D

Iya mas sebisa mgkn klo ad masalah ingat kepada Sang Pencipta ya bru curhat kepada teman dan point lainnya..

Enggk aneh mas, kan hbs mandi juga seger. asal mengasingkan diri jgn berbuat nekad aja..hehe
panggil rahayu aja enggk apa mas. :))

yup pakdhe, biar lgsg bening hati dan pikiran kita ya.
boleh jg mendinginkan pikiran masuk freezer. :))

Sipp mas sonny. dekat dan kembali melaksanakan sholat memohon kepada Allah masalah akan ad jalan keluarnya meski menunggu waktu dlu yaa..

semoga mengusir galau, stress dan pikiran buntu ya mas.

Kalau saya mah biasanya selain ibadah biasanya suka mendengarkan musik, tapi mendengarkan musik juga kadang bisa menghibur dan juga bisa menambah penderitaan (efek lagu mungkin).

Setiap orang pasti punya masalah tp klo hnya berdiam diri serasa berat menjalani nya
Tips nya bagus jg tetapi kita jg butuh hiburan buat refresh otak

Kalau saya sendiri paling pergi ke Pantai,, sambil melamun lihat matahari terbit,, pokonya rasanya jadi tenang dan lega...

paling mantap lagi,, kalau langsung nyemplung ke sumurnya kang :D

wahaha bener, pasti ada ya mas. kumur terakhir msuk ke tenggorokan :D mujarabb benerr =))

wkwkw. nyemplung smpe gak tertulung :D

Jgn denger lagu sellow mas, lagu ngerock ajaa yg di putar :D

mungkin bisa merefresh otak dengan melakukan point no.4 mas, mengasingkan diri ke tempat yg menurut kita nyaman. spt ke pantai atau laut :D

kok melamun mas? ntr kesamber ombakk pantai lohh.. X_X =))

Bener sekali... curhat mah sama Allah SWT yak. Pasti tenang, trus aib ngga mesti ke ekspose. Cuma kadang masih suka emosional.. pengennya cerita macem macem ke orang lain abis itu plong.. haha. Masih perlu menahan diri nih.

poin 1,2,9 jika diterapkan secara berurutan pasti dah rasa gelisah galau saat ada masalah langsung hilang dan hati jadi adem lagi,,

oh begitu ya caranya, terima kasih buat pencerahannya

salam kenal
www.travellingaddict.com

Kalau saya lebih tertuju pada Mengasingkan diri sih.. Keren deh artikelnya :D

Tapi kadang pas lagi kalut-kalutnya, suka bingung juga sih mesti harus ngapain :D

asalkan jangan kentut dalam air aja itumah :D

Langsung adem pokoknya mas Zaelani kalau nyemplung kesumur :D

Asal jangan gantung diri aja dipengasingan mas, kan bahaya :D

silahkan boleh di coba mba :D jangan kumur yang terahir mba mencurigakan banget. kumur yang kedua aja yah :D

Mungkin Son Agia bukan hanya sekedar mandi tetapi juga kumur gosok gigi yang tidak di buang lagi :D

Betul mbak, YME adalah kuasa segalanya. Dengan ridho dan kuasanya semua pasti terselesaikan. Tinggal kita berusaha dan sabar dalam menjalaninya..

Cerhat kepada orang terdekat tuh selalu jadi salah arti mba.. bukannya curhat ke temen atau sahabat ini mah ketika saya lagi makan bakso malah curhat ke tukang bakso.. parah banget kan..

Untung tukang baksonya waktu itu saya kang, jadi privacy kang fendi aman, haha...

Mengasingkan diri pernah saya lakukan saat remaja, alias kabur dari rumah.. wkwkwk... hasilnya saya jadi berani dan tahu jalan ke-mana-mana, ke bandung, ke tangerang dll, tanpa tujuan yg jelas, itu dulu lho...

Mungkin kalo curhat ke temen seperlunya aja yaa... jangan sampe kebablasan... karena kadang tenmen juga suka kurang bisa menahan diri untuk menceritakannya ke temen yg lain...

samaan kita ya bun, tpi kegnya naluri wanita emg bgitu ya bun.

klo berurutan dimulai dari 1,2,3,4,5,6,7,8 baru sembilan mas indra :D :D
ih masa dari 2 lgsg ke 9 mas =))

:))
salam kenal kembali mas budy

Mengasingkan diri berapa hari mas farhan? :D

haha. mentang" lg deket duduknya ya sm gerobak bakso. jd curhat ke tempat yg deket :D wkwk.

loh kok kang maman gak bagi" baksonya? tau gtu kmren saya makan bakso yaa..

wahhh,, masa muda kang maman keren jg ya. kabur dari rumah segala. bahaya tuh msh kecil udh jalan kesana sini. untung kang maman gak diculik :D

wuahaha. sptnya sesuai dgn pengalaman pribadi ya mas fendi? ksh sarannya tepat bgt tuh...wkwk

besoknya lgsg dikafani mas :D :D

ujungnya pasti nangis ya mas. saya sih klo gtu..hehe

kalau saya lebih suka cara pertama mbk, dan mandi. karena jadi segeeerrrrr............ lama-lamin deh dikamar mandi :)

heheh...bnyak ngabisin air ya bun jadinya :D

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!