Heboh dan Langka: Pohon Kurma berbuah di Taman Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Kita tau bahwa Pohon Kurma hanya dapat tumbuh subur dan berbuah di Padang Pasir, Jazirah Arab. Buah Kurma yang manis ini merupakan favorit Nabi Muhammad juga menjadi santapan buka puasa bagi umat muslim saat ini, banyak kalangan menyukainya karena rasa dan manfaat kesehatan serta mengikut sunnah Nabi.


Heboh dan Langka, Pohon Kurma yang identik tumbuh di suhu tinggi ini dapat tumbuh subur dan berbuah di Taman Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru - Riau. Kejadian langka ini menjadi fenomena heboh di sekitar Pekanbaru, Riau. Masyarakat yang penasaran akhirnya mendatangi pohon kurma ini dan mengabadikan moment tersebut. 
Pasalnya, dari beberapa pohon kurma yang ditanam oleh Pengurus Masjid hanya 1 pohon yang tumbuh subur hingga berbuah dan rasanya manis manis kelat seperti kurma produksi tanah arab. Adapun Pohon Kurma ini ditanam hanya sebagai hiasan taman di sekitar Masjid bukan untuk tujuan produksi kurma apalagi di komersilkan.

Sejak beredar gambar Pohon Kurma berbuah ini di media sosial, masyarakat Pekanbaru banyak berdatangan ke Masjid untuk beribadah sekaligus antusias selfi di sekitar pohon kurma tersebut.
Tinggi Pohon kurma tersebut sekitar 2,5 Meter, besar buah kurma seukuran biji kopi, berwarna kuning dan hijau dan jumlahnya kurang lebih 200 biji kurma. 


Sungguh ini merupakan Pemandangan yang langka dan menarik perhatian banyak publik. Namun demikian, Pohon kurma tersebut tidak sembarang dipetik melainkan diberi pagar kawat agar tidak di rusak dan dijangkau oleh pengunjung. 

22 comments

Jangan-jangan ada penunggu jin arab tu sehingga kurmanya rasanya manis kayak kurma yang tumbuh di gurun pasir. Benar-benar heboh.

Jadi penasaran pengen lihat langsung :) soal nya belum pernah lihat pohon kurma secara langsung, hanya sebatas di televisi atau media lain. ya daripada jauh-jauh ke arab ga punya bekal mending ke pekan baru riau :) sampai sekarang masih tumbuh kan mba ? itu qo di beri pagar ya ?

iya masih tmbuh mas, dikasih pagar biar gk dirusak sm pengunjung mas, krena byk org dtng penasaran :D
hihi, yaudah mudik ksni aja mas fendi :)

Waw keren bisa tumbuh kurma tetapi kalau saya gak salah lihat di mesjid dijakarta juga ada mbak tumbuh pohon kurma beserta buahnya juga tetapi saya lupa nama mesjidnya.

didaerah rumahku juga ada, dan berbuah, tapi sayang buahnya ga semanis seperti di arab sana, mungkin pengaruh tanah yang kebanykan air..., hehe

Ini beneran non? Perlu diteliti lebih lanjut nih, siapa tahu bisa diperbanyak dan bisa dikembangkan dan dibudidayakan di negara kita, karena kurma 'kan termasuk tumbuhan yang agak sulit tumbuh disini..

wah bisa ternyata pohon kurma juga bisa hidup ya di daerah kita apa lagi sampai berbuah, sungguh luar biasa

mgkn pohon kurma di indonesia bs tumbuh yg ditanam di taman masjid ya kang, hehe wallahu'alam..

tambah gula mas biar manis, saya blum pernh nyoba yg asli gimana.

beneran kang, temen saya jg kmren berkunjung kesana ngupload fotonya di fesbuk kang. klo soal di budidayakan kmungkinan langka deh kang,hehe

Alhamdulillah, rahasia dan takdir Allah ya mas. pohon kurma bisa berbuah dan rasanya manis.

apa yang diatas saya itu jinnya yah jhahaha...

Rencanya Saya juga di Pangandaran mau nanem pohon kurma,, siapa tahu tumbuh seperti pohon yang ada di pekan baru itu...

Ajaib juga tuh, pohon kurma bisa hidup dan berbuah di Indonesia.

wuuuhhh lah ini keren mbak makin subur saja nih hehe...

Luar biasa, bisa tumbuh di Indonesia. Keren ...

Hehehe.. moga berbuah manis ya mas. ntr bagi aku kurmanya :))

iya mas angki, suburnya berbuah manis lagi

bisa jd mas.. :D
jindanjun =))

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!