Obat Luka agar cepat kering dengan bahan alami

Beberapa masalah pada setiap orang yang mengalami luka pada kulit baik terkena pisau, sobek, jatuh dari motor/kendaraan maupun kecelakaan kerja dan lainnya yang berhubungan dengan kulit, jika terkena air sudah pasti rasanya nyeri, ngilu dan tak tertahankan. Penyembuhan dari penyakit luka pun menjadi masalah serius untuk cepat ditangani. luka kulit membuat diri kita merasa sulit bergerak, beraktifitas apalagi tidur. Bila luka kulit sangat serius jangan dibiarkan lama-lama, segera obati dan konsultasikan dengan dokter. Namun, jika luka kulit masih bisa diatasi dan diobati sobat bisa menggunakan bahan alami agar luka sobat cepat kering dan pengobatannya pun tidak sulit. Sebelum mengobat luka dengan bahan alami di bawah ini, sebaiknya sobat bersihkan luka dari debu atau pasir yang menempel pada kulit dengan tisu dan cairan NaCl (Natrium Klorida, larutan halit/garam) yang banyak dijual di apotik atau dilap dengan air hangat. Ini dia bahan alaminya sob :

1. Madu
Agar luka cepat kering sobat dapat menggunakan madu. karena manfaat madu sangat cocok dan bagus ntuk kulit. selain dapat mengeringkan luka, madu juga dapat menghilangkan bekas luka di kulit bila mengobatinya secara teratur. Cara mengobatinya cukup mudah yaitu mengoleskan madu ke kulit yang terluka dan diamkan beberapa menit. 

2. Minyak Tawon
Bahan alami berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak tawon. Selain dapat digunakan untuk mengatasi gatal di kulit, sobat juga dapat menggunakan minyak tawon untuk mengeringkan luka. cukup oleskan minyak tawon ke bagian luka. Lakukan sampai mengering dan teratur, bahkan dengan obat minyak tawon ini kulit tidak terasa perih dan tidak terlalu kaku. 

3. Bubuk Kopi
Jika sobat menyukai minum kopi maka tak ada salahnya menyisakan bubuk kopi untuk mengobati luka sobat, kopi juga bisa digunakan mengobati luka agar cepat kering. cukup menaburkan bubuk kopi pada luka, mungkin cara ini akan sedikit menimbulkan rasa perih pada luka sobat. Namun dengan pemakaian teratur 3 kali sehari maka luka akan cepat mengering. Selanjutnya usahakan luka sobat tidak terkena air.

4. Gula dan Tebu
Gula yang rasanya manis juga dapat membantu mengobat luka sobat. bukan gulanya yang ditaburi ke luka sob, melainkan gula dicampur air hangat dan dioleskan ke luka dengan tisu/kain bersih. Jika dirumah sobat banyak tanaman tebu maka sangat bermanfaat untuk mengobati luka sobat dengan air tebu, caranya sama dengan air gula tadi sob. yang penting rutin dan teratur.

5. Konsumsi sayur dan buahan yang mengandung protein
Orang yang mengalami luka tidak boleh makan sembarangan, ada pantangan dan larangan untuk mengatasi luka pada kulit agar tidak infeksi, gatal dan semakin buruk. Agar luka sobat cepat kering, sebaiknya konsumsi sayur dan buahan yang mengandung protein. Karena Protein dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan memperbaiki jaringan pada kulit. Contoh Sayur yang mengandung protein misalnya; bayam, kembang kol, brokoli, kentang, wortel, jagung, labu, sawi. sayur yang mengandung protein direbus atau dibening. Adapun contoh buah yang mengandung protein misalnya; Alpukat, manggis, Jeruk, pisang, jambu air, Apel, kurma, kelapa muda


Setelah luka pada kulit sobat mulai kering dengan bahan alami diatas, lakukan juga dengan bahan alami dibawah ini untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam dan membekas pada kulit sobat, diantaranya dengan :

1. Mentimun
Mentimun/Cucumis sativus mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, kandungan air yang cukup tinggi dalam mentimun sangat menyegarkan. Khasiat mentimun sangat tepat untuk mengatasi kulit; menghilangkan jerawat, kulit berkeriput, luka pasca operasi atau bekas luka/luka hitam. Caranya; Mentimun dicuci hingga bersih, potong dan iris kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. kemudian oleskan lumuran mentimun pada bekas luka dan Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.

2. Teh Hijau
Menurut ahli Kesehatan Teh Hijau memiliki Kandungan antioksidan sebanyak 200 kali lebih hebat dari Vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan pasca operasi maupun luka ringan/berat. Teh hijau ynag banyak dikonsumsi sebagai minuman, daun teh juga bermanfaat sebagai toner. Caranya, basahkan kapas/kain bersih dengan air daun teh hijau yang sudah di ekstrak. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

3. Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya memiliki kandungan lignin dan asam amino yang dapat meregenerasi/menumbuhkan jaringan dan sel kulit. Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Usahakan lendir lidah buaya tidak bercampur dengan getahnya karena dapat menyebabkan rasa gatal pada  kulit sobat. 


4. Daun Pare
Pare yang kita kenal bahwa buahnya sangat pahit ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, daunnya pun bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit seperti; sembelit, cacingan, campak, keluhan haid dan mengatasi penyembuhan luka/bekas luka. Caranya, cuci bersih daun pare yang masih segar kemudian remas-remas/tumbuh hingga halus, tambahkan air panas dan peras. lalu tambah sedikit tepung beras kira-kira 2sdm dan oleskan ke kulit yang membekas luka. lakukan dengan rutin hingga samar-samar dan menghilang bekas luka sobat. 
Tag : Kesehatan
30 Komentar untuk "Obat Luka agar cepat kering dengan bahan alami"

Aku suka menggunakan minyak tawon saat terjatuh atau lecet. Tapi harganya kini lumayan mahal enam ratus ribu perbotolnya.
Daun parea ternyata juga ada manfaatnya. kirain cuma buah parenya saja.

Mudah semua obatnya
Sebab bahan ada
Tak jauh dari kita
Apalagi bubuk kopi selalu teesedia
Untuk sembuhkan luka...

Bubuk kopi, dan gula ternyata tidak hanya bisa dijadikan wedang kopi ya? melainkan bisa menyembuhkan luka agar cepat kering sip sip

Luka karena benda tajam kalau cuma sedikit emang bisa diobati secara alamiah dengan bahan2 yang mudah didapat seperti diatas, kecuai lukanya cukup serius, mau gak mau kita harus ke dokter ya non... hehe...

Lidah buaya, sering saya gunakan untuk mengobati luka, walau agak lama tapi bila dilakukan secara rutin, luka bisa cepat sebuh.

Penyakit gatal juga bisa diobati dengan lidah buaya.

bubuk kopi emang bagus buat mengeringkan luka

Belum tahu kalau bubuk kopi juga dipakai untuk menyembuhkan luka. Waah, berarti saya ketinggalan informasi yak...beuh kudet. Hahaha

yang sering saya lakukan tuh di olesin minyak tawon kalo luka, nah yang baru tau bubuk kopi ternyata bisa juga, tapi takut juga klo mau ngasih ke orang yang ga tau, hahaha....

Ternyata bubuk kopi juga berguna untuk penyembuhan dan pengerinagn luka ya mba. nah setelah minum kopi jangan dulu di buang ampasnya juga berguna lhoo untuk mengatasi gatal pada hidung :)

wah semahal itu ya mas harganya :D
iya mas, batang pare pun ada manfaatnya juga.
buat nahan buah dan dedaunannya :D

iya bun, bahan alaminya diatas mudah ditemukan disekitar kita bun. senang dpt kunjungan dan pantun dri bunda anisayu :))

begitulah kira-kira kang oim :)

iya klo serius mending ke dokter biar dpt perawatan lbh lanjut kang..

nah ini testi lgsg dri mas rofi :)
lidah buaya bermanfaat untk menyembuhkan luka dan peyakit gatal..

sudah prnh mencoba sptnya ya mas rici..

blum ketinggalan bun, keretanya belum jalan kok bun :D hehe

haha. iya bener, bisa-bisa dia bilang kita 'kamu ngeracunin aku ya?" :D

wah saling berkaitan jg ya artikel ini sm artikel mas fendi..hehe

Saya pernah non, dulu waktu masih di kampung, saat belah kayu bakar kaki saya kena kapak, terbohek kira2 4 cm... istirahatnya sampe berbulan-bulan....

Kok bisa terbihek gitu lho mas Maman :)

banyak juga ya obat luka alternatif yang sangat mudah dijumpai disekitar kita, biasanya aku sering pakai minyak tawon hehehe.. oiya,, ini info penting nih, mesti di simpen dulu,

Kalau Sayamah menggunakan kunir,, terus di tempelin ke luka,,, Saya sering mempraktikannya untuk ayam saya kalau abis di adu,,, XD

artikel cara melaporkan penipuan online gak bisa komen neng, saya komen disini ajah.

sebaiknya lampirkan contoh surat mengaduan tersebut neng dalam bentuk teks atau file

biasanya saya pake bubuk kopi aja neng, gak perlu nyari kemana karena sudah tersedia di dapur. kan saya suka ngopi.

wah boleh ini mbak di coba mantap hehehe

jgn sekali semua dicoba ya mas :D

iya klo kang ifrod udh serba ada tuh, jd aman aja :D hehe

gak punya yg asli kang, itu ngutip dri sumber lain tpi aku insert kok namanya. hehe
surat pengaduannya kan dri pihak kepolisian kang..

di print aja mas tempel di dinding yaaah :D

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top