Penyebab paling umum orang suka ngemil

Belakangan ini saya lagi suka ngemil, mulut maunya ngunyah aja dan rasa lapar cepat datang. entah karena efek lebaran kemarin lebih banyak ngabisin kue lebaran atau karena banyaknya aktifitas yang saya kerjakan, mungkin juga merasa tertarik untuk mencicipi makanan atau karena saya merasa suntuk ditempat kerjaan. hihi
Ngemil disela sela jam kerja menjadi tak bisa dihindari, merasa ada yang kurang dan badan terasa lemas. padahal mengunyah juga melelahkan rongga mulut. banyak orang ngemil berdampak kelebihan berat badan/obesitas, namun ada juga sebagian orang justru banyak ngemil tidak bisa menaikkan berat badan alias tetap kurus. Apakah anda bernasib seperti saya suka ngemil? Nah, pengen tau penyebab suka ngemil? Berikut hasil rangkuman saya mengenai Penyebab orang suka ngemil. Yuk, cari tau disini :)


1. Stress, Penat, Depresi
Ternyata saat kita merasa stress dan terbebani masalah, tubuh kita sedang memproduksi kortisol, yaitu hormon stress. Jika seseorang sedang berada di titik stress maka hormon tersebut memicu rasa lapar dan butuh asupan seperti karbohidrat. Hormon stress menempatkan diri kita berada di arena 'melawan dan melarikan diri'. Tak dapat melawan masalah, akhirnya otak menstimulus perut merasa lapar dan menguatkan diri dengan makan agar tubuh merasa lebih baik. salah satu cemilan yang disukai yaitu junk food/makanan cepat saji (kemasan instan). mungkin bisa jadi inilah penyebab anda doyan ngemil. dan sebisa mungkin, kurangi ngemil cokelat/makanan manis karena dapat memicu kesehatan yang buruk bagi tubuh anda.

2. Bosan, Boring, Suntuk
Dikutip dari laman wolipop.detik.com, Para ahli diet mengatakan : ada jutaan orang di dunia yang ngemil berlebihan hanya karena merasa bosan dan tidak ada sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Saat orang merasa jenuh, ia cenderung memilih makanan dengan citarasa lezat. dan sebagian lagi menginginkan makanan manis yang tinggi gula dengan harapan bisa memberikan tambahan energi dan lebih bersemangat.

3. Kebiasaan Begadang
Studi menunjukkan oleh Proceedings of The National Academy of Sciences bahwa orang yang terbiasa begadang akan sering merasa lapar karena memerlukan energi lebih untuk terjaga di malam hari. 

4. Tubuh merasa Lelah
Menurut Pengalaman Pribadi, saat merasa lelah baik tubuh maupun pikiran - maka perut merasa lapar dan badan terasa lemas. meski dibantu dengan istirahat dan minuman isotonik, tubuh perlu camilan yang mengembalikan semangat dan energi maupun inspirasi. biasanya mengemut permen dan makanan ringan. 

57 komentar:

  1. Balasan
    1. lho ...kok sama mas...sya juga kalau lagi pas begadang gak seru kalau gak ada cemilan...

      Hapus
    2. jgn" kalian ........wah wah
      kok bisa samaan gitu :D :D hayo hayo hayo

      Hapus
  2. begadang sering saya lakukan jika lagi ada borongan administrasi sekolah se kecamatan sampe ada 32 sekolah yang minta kesaya dibuatin berkas ini itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 32 SEKOLAH? *djeng djeng...
      klo saya lgsg THE END mas. X_X

      Hapus
    2. Wah kenceng dong objekannya mas...

      Hapus
  3. saat begadang biasanya saya apa yang ada ajah. kadang ngemil, ngopi, ngeteh, rokoan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Guru ternyata suka merokok kalau lagi begadang ya...

      Hapus
    2. Kang Iford : rokoknya gak bisa dipisahkan ya sm ngeteh dan ngopinya..haha


      Kang TrikPos : klo pak pos suka ngerokok jg?

      Hapus
  4. saya pengen ngemil, makanannya habis.. tersiksa deh, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tuh di rumah saya khong guan isi rengginang mba.. mau ?

      Hapus
    2. Teh Santi : stop ngemil klo teh santi, biar aja slim gtu teh. cakepp

      Mas Fendi : khong guan? jgn, kasihan teh santi ntr single trus gegara khong guan selingkuh beritanya mas. :D

      Hapus
    3. kalau gtu hock guan aja deh mba yang anggota keluarga nya lengkap :D

      Hapus
    4. Hah, Hock Guan? Ga ada hubungannya sama pak Ahok kan kang?

      Hapus
  5. ngemil hampir dah jadi hobi kebanyakan orang neng kecuali mereka yng lagi diet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klo itu emng pengecualian bgt mas :))

      Hapus
  6. Point yang ke 3 tuh saya baget, begadang sambil ngopi dan pastinya ngemil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar matanya terang benderang :D ngelembur blog jg have fun ya mas

      Hapus
    2. Pengennya ngemil biar gemuk, tapi tetap aja ndak bisa gemuk he..he..

      Hapus
  7. Mungkin kurang satu lagi penyebab orang suka ngemil, "karena cemilannya enak". Coba kalau gak enak, pasti gak jadi ngemil hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo itu jgn ditanya mas. :D haha

      Hapus
  8. tambah satu lagi Yaitu GANGGUT kata Madura hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganggut itu apa mas? saya kira dangdut :D

      Hapus
    2. Mungkin sejenis JANGGUT kali, hihihi...

      Hapus
  9. kalau alasan sayaa suka ngemil itu karena lapar mba.. gak tau kenapa ya kalau lapar tuh bawaan nya pengen makan mulu.. atau setidak nya ngemil gtu mba.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. laper ya makan nasi atuh mas.
      saya malah gak bis lg laper digantikan ngemil. klo ngemil ttep cari nasi :D

      Hapus
    2. Tapi kadang saya lapar tapi gak mau makan mba.. makanya saya gantikan dengan cemilan..
      Aduhh.. makan mulu dah mba ini...

      Hapus
  10. Kalau alasan saya suka ngemil karena doyan saja kang, kan kalau saya tidak doyan tidak ngemil juga, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh mba maksudnya, ahi hi hi.

      Hapus
    2. doyan ngemil ya krena sebagian point diatas pasti. awalnya pngen ngemil lama-lama jd asyik, nah akhirnya doyan :D

      Hapus
  11. iya nih mba, saya sering begadang... kadang rasa kantuk dan lapar datang ketika jam kerja, dan bawaannya pengen ngemil biar gak ngantuk gitu...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan ngemil malah bisa buat mata makin ngantuk jg sih mas febri..hehe

      Hapus
  12. Kalau Sayamah faktor utamanya karena stress banyak utang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak utang apa banyak uaaang mas ahmad? :D

      Hapus
  13. Saya juga sering ngemil. Mungkin krn sy banyak bengong yah. bingung mau ngapain aja, shg wkt bengongnya diisi dengan ngemil~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bengong karena gak tau apa yg mau dikerjakan ya mas. bengong krena suntuk jg.hehe
      saya jg kdng gtu mas dzaky..hehe

      Hapus
  14. Walaupun saya suka begadang tapi tidak suka ngemil loh mbak, tapi kalau ngopi sehari semalam bisa sampai 8 gelas.. Makanya saya tetap langsing..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah, 8 gelas? keren.
      langsing? wih ngalahin saya :D

      Hapus
  15. Kalau gua sekarang suka ngemil karena sudah berenti ngerokok gan,,, hihi selain itu biar gemuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. baaguss berhenti merokok mas. :))
      udah gak usah gemuk, badan sixpack aja udh ckup mas :P

      Hapus
    2. Katanya takut sama badan yang sixpack :p

      mas zainal hebat bisa berhenti ngerokok nih.. alhamdulilah saya mah bukan berhenti lagi mas tapi belum pernah :D haa

      Hapus
    3. Iya mas fendi saya masih takut.
      itu saya cuma nyaranin aja..wkwkw :D

      Hapus
    4. Iya tapi gajinya belum cukup buat fitnes... hehehe

      Hapus
    5. fitnes senam penguin aja mas...hehe :))

      Hapus
  16. Kayaknya ane lebih condong ke nomor 2 deh. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti sering bosen dan suntuk mas? masa iya bisa? kan mas eksa sering tuh jalan jalan ke gunung, dan pemandangan lain :D hehe

      Hapus
  17. Kalau saya gak suka ngemil, paling makan makanan kecil aja sih, sampe kenyang! xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sama aja kang ngemil namanya etdaah :D

      Hapus
  18. Hahaha, iya banget. Trus bingung gimana mau ngecilin tubuh. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. guee bangett bun.hehe :D
      saat org lain yg kurus bngung besarin tbuh gimana :D

      Hapus
  19. Alhamdulillah bersyukur punya badan elastis hehehe... Aku doyan ngemil mba, apalagi kalo malem begadang sambil ngerjain tugas. Tapi emang udah dasarnya kurus yaa tetep aja ga ada nambah-nambahnya berat badan hihi

    BalasHapus
  20. Kalo saya pas lagi suntuk baru suka ngemil mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terobati dong ya suntuknya mas..
      memang ngemil yg baik saat suntuk, hehe

      Hapus
  21. hahahaha saya juga suka ngemil, sambil ngopi tapi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus juga itu padhe..
      biar ngopi makin asyik, makan cemilan pisng goreng/ubi rebus yaa..hehe

      Hapus
  22. Yang jelas saya suka ngemil karena memang suka sama makanan tersebut, selebihnya saya memang suka makan... :D

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design