Cara Mengirim Berkas Lamaran Kerja melalui Email

Sekarang Mengirim Berkas Lamaran Kerja pun bisa melalui Email, berbeda dengan cerita orang-orang dulu yang menjinjing tas berisi dokumen hanya untuk memasukkan berkas lamaran kerja ke Perusahaan, ke kantor atau ke tempat lainnya. Meski di zaman saat ini juga masih ada yang mengirim berkas lamaran kerja langsung datang ke kantornya. 
Hampir setiap jam kerja, setidaknya satu hari ada 2/3 orang Pelanggan meminta bantuan untuk Mengirim Berkas Lamaran Kerja melalui Email. Dengan mengumpulkan semua berkas dan kelengkapan data, maka Surat Permohonan diri dan berkas lainnya yang menjadi bahan pertimbangan Perusahaan pun siap dikirimkan ke Alamat Email yang ditujukan. Namun, ada baiknya jika anda sendiri yang ingin melamar sudah membuat atau sudah memiliki Email yang aktif dan dapat dipergunakan. 
Banyak pilihan domain email yang saat ini dapat digunakan, saya sendiri lebih menyukai aktif menggunakan Email domain Google (Gmail) atau bisa juga domain Yahoo (Ymail, Yahoo), langsung saja buat akun atau daftar terlebih dahulu dengan klik tautan tersebut. 

Cara Mengirim Berkas Lamaran Kerja melalui Email 
Bahan-bahan : 
1. Siapkan Surat Permohonan Lamaran Kerja dalam bentuk .docx atau bisa juga .Pdf
2. Siapkan Daftar Riwayat Hidup dalam bentuk .docx atau bisa juga .Pdf
3. Siapkan Berkas lainnya dalam bentuk gambar (.Jpeg, PNG) atau dikumpul dalam 1 .Pdf
contoh berkas pendukung : Pas Photo, KTP, KK, Ijazah, Transkip Nilai, Sertifikat, Pengalaman Kerja, SKCK, Surat Kesehatan, Surat Kelakuan Baik, SIM dan berkas yang diminta oleh Perusahaan terkait
Note : Jika Berkas diubah menjadi gambar alangkah baiknya di scan terlebih dahulu dengan ukuran umum saja (tidak melebihi 300-500 Kb) atau jika berkas terlalu banyak untuk dimuat/dikirim sebaiknya di kompress dengan RAR dan pengiriman tidak lebih dari 2 atau 5 Mb, karena Pengiriman bisa jadi gagal atau failure by mailer daemon


4. Pastikan Alamat Email yang dituju benar dan aktif, Anda juga memiliki Email
5. Kekuatan do'a dan keyakinan..hehe^^

Langkah-langkah Mengirim Berkas Lamaran Kerja melalui Email 
1. Login Email sobat, misalnya Gmail disini 
2. Pilih Tulis dan isikan Alamat Kepada dan Subjek. Contoh seperti gambar dibawah ini

 
3. Pilih berkas yang ingin anda lampirkan, klik Lampirkan File yang dekat dengan tombol kirim

4. Setelah menurut anda sudah lengkap, klik tombol kirim dan tunggulah proses "Pesan Anda telah dikirim, lihat Pesan" Tunggu sekitar 2-3 menit, jika tidak ada pemberitahuan masuk kemungkinan email sudah sampai ke penerima, jika 2 menit saja sudah ada pemberitahuan masuk/inbox, dipastikan email anda gagal terkirim karena ukuran lampiran melebihi batas atau alamat email tidak valid. 


Keterangan Tambahan :
Hati-hati dengan email masuk yang menyuruh sobat untuk pergi ke kantor tujuan yang tidak dikenal, atau iming-iming biaya dan fasilitas, tunjangan dll akan diganti oleh Perusahaan setelah tiba di kantor-perusahaan terkait. pastikan kontak dan alamat Perusahaan benar, karena bisa dipastikan itu tindakan penipuan. 
Tag : Email, Tips Trik
9 Komentar untuk "Cara Mengirim Berkas Lamaran Kerja melalui Email "

cocok nih buat saya yang baru lulus SMK mba :) jadi kalau melamar kerja gak perlu pergi jauh-jauh ke tempat nya cukup duduk manis aja depan komputer :) hehe

Doa ini yang sering aku panjatkan tapi belum kesampaian juga. Doanya kurang manjur kale ya ?
Aku masih suka pakai yahoo, karena aku pengguna lama.
Dan aku lebih suka pakai pdf.

ohwalah saya kira mau ngelamar doinya tadi..haha

hehe, doanya masih ngantri diatas mas mgkn^^
wah masnya setia am yahoo ya, pasti setia jg sama sih dia..haha

Pernah sih iseng2 ngirim lamaran krja via email, dan tanpa diduga saya dipanggil untuk interview. Namun karena lokasinya teralu jauh saya tidak datang, kebetulan saat itu saya juga sudah bekerja di tempat yg lebih dekat dengan rumah.

Wah keren kang, panggilan kerja tpi ditolak yaa. krna udh pny kerjaan yg tmptnya lebih deket..hehe

Semakin mudah saja yak sekarang. Teknologi kalau dimanfaatkan dengan baik bisa berdampak baik juga yak.

Semakin mudah saja yak sekarang. Teknologi kalau dimanfaatkan dengan baik bisa berdampak baik juga yak.

Yup bunda, genggam Internet bikin kita bisa melek teknologi ya bun

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top