Kenali Bahaya Kipas Anginan saat Tidur Malam Hari

Merasa gerah dan panas di malam hari terkadang membuat sobat ingin menikmati kipas angin, akhirnya sepanjang tidur sobat bersama kipas angin hingga pagi. Apa selanjutnya yang sobat alami setelah kipas anginan sepanjang tidur malam hari? Adakah bahayanya bagi kesehatan sobat jika tidur pada malam hari selalu menggunakan kipas angin? Yuk kenali bahayanya sob..

1. Tubuh Kekurangan Oksigen
Perubahan negatif yang terjadi pada diri sobat pertama kalinya adalah kurangnya oksigen dalam tubuh. Mengapa bisa demikian?
karena arah kipas angin yang ditujukan ke arah wajah sobat langsung mengenai bagian hidung dan mulut. apalagi di dalam ruangan yang tidak memiliki fentilasi/celah udara. sehingga, kipas angin yang berputar-putar di dalam ruangan kamar tidak saling bertukar membuat oksigen tidak dapat berfungsi dengan baik ketika dihirup oleh tubuh sobat. Oksigen sudah bercampur dengan karbon diokasida dan tidak sepenuhnya yang kita hirup adalah oksigen. Selain itu, udara dari kipas dapat membuat wajah menjadi sedikit bengkak, sulit digerakkan, lumpuh syaraf atau yang dikenal Penyakit Bell Palsy.

2. Tubuh Kekurangan Air (Dehidrasi)
Menurut Dr. Wendra Ali, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa saat tubuh berada di ruangan yang dingin dalam waktu yang lama akan membuat tubuh kita kekurangan air. Sangat berbahaya bukan sob? sedangkan kita tahu bahwa tubuh kita butuh cairan sekitar 70% setiap harinya. Jika kipas angin justru membuat air dalam tubuh kita berkurang maka hal ini akan berdampak buruk terhadap fungsi masing-masing organ kita. Tubuh menjadi kurang bugar, lemas, terlihat lunglai dan kulit kering.

3. Kulit Kering
Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena efek UV/sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Saat terlalu lama menggunakan kipas angin, tubuh akan kekurangan air termasuk kulit. Sejatinya, kulit sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit. jika kulit sudah kering maka kesehatan kulit menjadi permasalahan, misalnya muncul gatal-gatal, jerawat, kulit sensitif dan lain-lain.

4. Mudah Sakit/Penurunan Suhu pada Tubuh
Tubuh yang jarang mengeluarkan keringat lebih mudah jatuh sakit. Suhu pada tubuh menjadi turun dan drastis, mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. dampak ini di rasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel-sel imun lebih aktif. Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-isel mun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika saat kita tidur kita mengirup udara yang mengandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

5. Masuk Angin
Tanpa disadari sepanjang tidur sobat telah banyak tertelan angin yang masuk ke dalam tubuh, masuk ke rongga hidung maupun pori-pori kulit, angin pada malam hari yang tersimpan di dalam tubuh menjadi penyakit dan biasanya memicu tubuh menjadi meriang/gejala demam atau flu. Terkumpulnya gas/angin di tubuh juga dapat membuat sobat merasakan mual, perut kembung, sulit buang kentut, diare dan menggigil.

6. Sesak Nafas
Terlalu sering kipas anginan di malam hari juga dapat membuat seseorang sulit bernafas/sesak nafas dikarenakan sedikitnya mendapatkan pasokan oksigen saat tidur, bahkan bisa menimbulkan gejala asma.

7. Otot Kaku dan Nyeri
Kipas Anginan di malam hari juga dapat membuat sendi dan otot sobat terasa kaku dan nyeri. Saat tubuh merasa mulai kedinginan dan menggigil efek kipas anginan di tengah malam, pola tidur pun berubah agak tertekuk yang mengakibatkan otot dan sendi menjadi nyeri dan kaku.

8. Infeksi Saluran Pernafasan
Udara dari kipas angin yang kita hirup tanpa adanya penyaringan, udara masuk begitu saja ke rongga hidung dan mulut. padahal udara yang kita hirup bisa saja mengandung bakteri, kuman maupun virus yang tak nampak. dan ruangan/kamar yang tertutup menyebabkan karbondioksida lebih banyak terhirup ketimbang oksigen, apabila sobat sering kipas anginan pada malam hari, hal ini bisa mengakibatkan saluran pernafasan menjadi infeksi.

Kipas anginan pada malam hari memang bisa membuat rasa gerah dan panas di tubuh menjadi berkurang, namun jika terlalu lama sepanjang tidur dan lupa mematikan kipas angin maka efeknya mengganggu kesehatan sobat sendiri. Jika sekali, dua kali merasa enak maka ini akan menjadi kebiasaan buruk bagi sobat sendiri tentunya. dan mungkin bahaya yang fatal jika keseringan kipas anginan pada malam hari resiko kematian akan semakin dekat dan cepat. Untuk itu tidur sambil kipas anginan perlu diperhatikan bahaya kesehatannya, atau hendaknya membuat timer pada kipas anginnya dan sebisa mungkin juga tidak perlu kipas anginan, hehehe. Semoga bermanfaat :)
Tag : Kesehatan
12 Komentar untuk "Kenali Bahaya Kipas Anginan saat Tidur Malam Hari"

Ternyata banyak juga ya bahaya kipas angin saat tidur itu mba saya tau nya hanya satu lhoo yaitu bisa membuat masuk angin, jadi takut nih ada kipas angin di kamar saya ya walaupun gak di hidupin sih :) hhee

ya klo gak dihidupin ngapain takut mas fendi.. hehe

Wah saya pikir bahaya nya cuma masuk angin doang, ternyata buanyak banget ya!! Tapi kalo AC gimana tuh mba, saya asean mulu neh, apakah bahaya nya sama??

pernah ada tetangga yang meninggal gara-gara tidur memakai kipas angin, ternyata di diagnosa oleh dokter terkena angin duduk...

Pas hamil kemarin, tiada hari tanpa kipas angin. Hahaha

Takut pas malem-malem kipas angin nya hidup sendiri.. huft

menurut kajian internet sih hampir sama mas.
asal jng keseringan aja mas hendra..^^

nah itu tuh seremm. bahayanya smpe kematian stelah angin duduk ya mas..

ya ampun bundaa, tpi alhmdulillah sehat" keduanya ya bun..

wuhh efek jelenya banyak juga yah.... semoga diberi eksehatan selalu dah aamiin

balik lagi ke kipas angin ini ah :) sekarang di kamar saya sudah tidak ada lagi kipas angin yang membahayakan waktu tidur mba :D

Banya juga efeknya yah, kalautidur pakai kipas angin, untungnya akau ndak pernak pakai kipas angin, paling kalau gerah buka baju aja.

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top