Penyebab dan Cara Mengatasi Printer EPSON L220 Berkedap-kedip Merah

Merawat Printer secara rutin agaknya memang sulit dilakukan, apalagi kebutuhan printer yang jarang digunakan untuk Individu/Pribadi. Untuk masalah pekerjaan dan umum, printer memang sangat dimanfaatkan oleh Pekerja kantoran, Mahasiswa/Anak Sekolah, maupun Bidang Usaha Percetakan atau Warnet. Printer yang fungsinya untuk mencetak dokument dan gambar ini menjadi kebutuhan yang tak dapat dipisahkan untuk menyelesaikan laporan pekerjaan, jurnal, skripsi, tugas sekolah dan lain-lain. Selain itu Printer yang dilengkapi scanner juga bermanfaat untuk menyimpan dokument menjadi gambar (Jpeg) misalnya untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui email.


Penyebab dan Cara Mengatasi Printer EPSON L220 Berkedap-kedip Merah. Lampu indikator pada Printer yang menunjukkan warna merah dan sifatnya kedap-kedip ini membuat kita merasa terganggu, sedikit kesal, atau juga panik. Masalah Printer berkedap-kedip menunjukkan ada sesuatu yang salah pada printer dan mesinnya. Pernahkah diantara sobat mengalaminya? Jika merasa sulit, tak jarang kita pasti akan membawanya ke Jasa Service Komputer & Printer untuk menangani kasus tersebut, pastinya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan bisa saja kerugian tersebut setengah dari membeli harga printer, bukan? Mungkin untuk masalah Printer Epson L200 berkedap-kedip merah hampir sama dengan printer pada umumnya mulai dari penyebab dan cara mengatasinya. 

Dibawah ini Penyebab dan Cara Mengatasi Printer EPSON L220 Berkedap-kedip Merah menurut Pengalaman Pribadi. Semoga dapat membantu sobat yang kebingungan seperti saya sebelumnya,hehe.

1. Kertas Habis
Penyebab paling umum jika Printer Epson L220 berkedap-kedip merah adalah Kertas habis pada Tray Paper (Tempat menampung kertas). Dialog box pun muncul pada sudut kanan bawah layar komputer menginformasikan bahwa "Kertas Habis" dan bla..bla..bla.. 
Cara Mengatasinya yaitu sobat dapat menekan tombol merah berkedap-kedip tersebut sekira beberapa detik hingga hilang warna lampunya. selanjutnya sobat perlu mengeprint halaman kembali yang belum dicetak. dan jika dari 3 halaman yang sobat print belum keluar 1 lembar pun, cukup klik restart pada status 'document name' caranya : klik devices and printers>double klik pada status printer yang aktif>klik kanan pada status dokument yang tampil>restart. dan tunggulah proses printing dokument sobat. 


2. Kertas Tersangkut (Paper Jam)


Penyebab Kertas Tersangkut atau yang dikenal Paper Jam umumnya karena kertas kusut, berlipat, lengket dengan kertas lainnya, lembap atau tidak tepat meletakkan kertas pada Tray Paper (Tempat penampung kertas) sehingga kertas keluar dari jalur keluarnya kertas. Cara Mengatasinya; Matikan Printer atau tekan tombol power, kemudian bukalah Cover printer (penutup) , ambil kertas yang tersangkut secara hati-hati. Perhatikan kertas yang tersangkut di area mesin printer, biasanya sobekan kertas kecil yang tidak tampak dapat menyebabkan printer masih berkedap-kedip merah. Chek juga kondisi mesin Printer bagian dalam, roller kertas (penggulung, pemutar) dan tabung catridge. Sebisa mungkin sobat juga perlu membersihkan debu atau kotoran kecil yang menempel pada mesin printer dengan tisu, sekecil apapun sampah/kotoran dalam mesin printer juga dapat mempengaruhi Printer Epson L220 berkedap-kedip merah, begitu pula dengan jenis printer lainnya. Setelah dirasa clear, hidupkan kembali Printer sobat dan diamkan beberapa menit printer hingga ready.

3. Kertas tidak Tepat pada Tempatnya (Tray Paper)
Penyebab yang ketiga cukup jelas, yaitu sobat kurang tepat meletakkan kertas pada tempat penampung kertas (Tray Paper) sehingga Printer Epson L220 berkedap-kedip merah, Printer menganggap kertas tidak ada pada wadah kertas. Cara Mengatasinya, chek dan rapikan tempat penampung kertas dengan baik dan teratur sesuai jenis kertas yang akan di print.

Demikian penjelasan sedikit mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Epson L220 berkedap-kedip merah, oke sob yang terpenting itu perawatannya, mau semahal apapun kalo kita kurang merawat juga bisa mudah rusak kok. Semoga referensi ini bermanfaat :) 
21 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Printer EPSON L220 Berkedap-kedip Merah"

Kalau aku biasanya kertas kurang rapi atau tidak pada tempatnya. Kemungkinan ya itu, tatanya kurang teratur.

iya setuju biasanya saya juga gitu mas. maklum ngprint tugas akhir nya terburu-buru jadi taro kertas sembarangan yang penting cepat selesai.

saya tidak pernah mengalami hal tersebut mba karena saya tidak punya printer :) ohm jadi bisa jadi karena kertas tersangkut ya mba ? jadi jangan dulu panik :D

hehe bnerr akibat buru-buru, krena byknya dokument yg mau di print yaa..

asal jangan hati mas ikut kesangkut disini yaa :D

Kalau Sayamah seringnya kertasnya abis,,, sekarang malah printernya juga ikut abis karena Saya jual... XD

haha.
kirain printernya dimakan mas krna habis :D #ehhh

Memang sering terjadi kasus seperti ini, biasanya kami merestart printer terlebih dahulu baru di start lagi, bila masih berkedip-kedip baru melakukan pproses cleaning atau restart komputer secara keseluruhan.

iyaahh bener sekali bak .., saya punya printer tipe ini juga, kelemahannya memang sering masalah di rol kertas nya, suka macet ...

printer nya lelah atau komputer nya yg lelah itu kang? mungkin keduanya jg ya kang..

iya roll kertasnya kecil, mudah patah klo dilihat mas..
bunyi mesinnya jg suka nging nging nging..hehe

Kalau L120, cara mengatasinya juga sama, Hayy?

klo ngeliat gambar printernya di google sama ya om, brrti sama juga om..hehe

tapi kalau bisa di print tapi kertanya nyangkut gimana sulusinya

mas kalo mesin printernya, sudah ndak bisa diatasi dgn cara diatas, kemungkinan penyebabnya itu apa mas?

Selain kertas yang nyangkut apalagi yah? Soalnya masih berkedip terus ...Terima kasih

Selain kertas yang nyangkut apalagi yah? Soalnya masih berkedip terus ...Terima kasih

Selain kertas yang nyangkut apalagi yah? Soalnya masih berkedip terus ...Terima kasih

lampu merah berkedit dan lampu powernya begitu dimatikan belum bisa juga, mohon solusinya.

masalahnya bukan pada hal2 itu,,,jadi printer ketika di hidupkan langsung merah pada lampunya dan gak bisa di pake sama sekali. udah 1 minggu ini bingung mesti di ngapain, jangan sampe mesti lembiru "alias nyari yg baru"
min minta solusinya donk,,,,, makasi

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Back To Top