Unik, Penampakan Matahari di Langit Kota Pekanbaru

Kemarin Jum'at Siang, 19/08/2016 Warga Kota Pekanbaru dihebohkan Penampakan Matahari yang di kelilingi oleh Pelangi, unik dan takjub sekaligus membuat Warga Pekanbaru geger. Penampakan tersebut tak muncul seperti biasanya, kemunculan Lingkaran Pelangi disekitar matahari juga menimbulkan pertanyaan sebagian warga yang melihatnya. Bahkan ada pula yang mengait-ngaitkan fenomena tersebut muncul akibat kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di beberapa daerah di Riau pada bulan ini. 
Sumber : www.goriau.com
Menurut Rhorom, Peneliti Matahari dari Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa) ini mengatakan "Kejadi tersebut adalah lumrah yang disebut dengan fenomena "Hallo, Matahari", Cahaya optik berupa lingkaran yang mirip dengan warna pelangi kerap muncul pada saat musim kemarau. Disebabkan adanya kristal es dari ketinggian sekian ribu di udara yang kemudian cahaya matahari direfleksikan atau dibiaskan oleh permukaan es tersebut.


Tambahnya, Fenomena langka ini hanya dapat disaksikan oleh daerah lokal, belum tentu dapat dilihat langsung oleh orang lain di daerah lain. "Misalnya di Pekanbaru, belum tentu dapat dilihat langsung oleh warga di Bandung, ujarnya"
Heboh dan gegernya fenomena ini di Langit Kota Bertuah juga membuat sebagian warga yang melihat langsung mengunggah ke sosial media melalui jepretan kamera, hingga banyak yang saling membicarakan di media sosial dan mengabadikan di ponsel pribadi. 

18 komentar:

  1. jadi nama fenomenanya hallo matahari... tapi emang unik sih ya, ada lingkaran2 yang menemani si matahari itu sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, Matahari
      Unik warna pelanginya jev, coba klo bs nengok deket.

      Hapus
  2. Fenomina halo itu yang lebih menjadi kenyakinanku. Sesuai kata lapan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, begitu kata penelitinya mas^^

      Hapus
  3. kyak planet mars, yng ada cincinnya, itu saturnus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya yah, aku malah gak keinget planet itu mas :D

      Hapus
  4. Berarti temenan sama Halo, provider sebelah yaaa. Hahaha...
    Eh aku punya saudara lho di Pekanbaru di sekitar Tampan.
    Rumah dikau di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, bisa aja bunda ini lawaknya^^
      di Panam dong ya bun, dekat RS.Tampan yaa..hehe
      Jauh lagi aku bun, kesini dong bun..

      Hapus
    2. Kalau Tengkerang Timur jauh nggak non, saya juga ada sodara di sana (kakak ipar)

      Hapus
    3. Jauh dari saya kang.
      1 jam kesana kang..
      klo dlu pas sekolah, itu tmpt nyari travel pulang kerumah..hehe

      Hapus
  5. begitulah kalo Tuhan menciptakan...,, sempurnaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warbiyaaasaah mas :)
      cakep adeknya tuh, sempurna ciptaan Tuhan utk dirinya..

      Hapus
  6. Baru tahu ada fenomena Halo Matahari. Wah, seru dong yak liat matahari dikelilingi pelangi gitu. Jelas banget ya keliatan Yu? Iih, jadi penasaran.

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada fenomena Halo Matahari. Wah, seru dong yak liat matahari dikelilingi pelangi gitu. Jelas banget ya keliatan Yu? Iih, jadi penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg kmren baru tau bun namanya Hallo, Matahari. hehe
      Saya gak lihat kmren bun, di dalam rumah aja. waktu heboh di BBM saya malah lg gak koneksi internet..ckck, giliran malam udh hilang fenomenanya.. :D

      Hapus
  8. Haloo matahari, haloo mba Rahayu salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kembali Bunda Rosmala :))

      Hapus
  9. Baru liat nih, ada efeknya nggak kalo liat langsung Hallo Matahari ini???

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design