Cara Remote Desktop, PC Server Game Tanpa Monitor dapat diakses Otomatis dari PC Billing

PC Server Game adalah PC Induk khusus kebutuhan game online yang membantu meringankan Update Game ke seluruh Komputer Client melalui 1 perintah yaitu dorong (push) game. PC Server Game yang sudah terhubung dengan Cyberindo Updater maka akan menjalankan Otomatis Update dari RDC (Resource Download Center) dan mendapatkan benefit GCA untuk bermain Game Garena bagi Pemain Game. Adapun PC Server Game dibedakan dengan PC Billing agar kinerja komputer tidak berat dan bentrok, apalagi Pengguna Komputer terbagi menjadi 3 Operator.
PC Billing sendiri ialah PC yang terpasang Aplikasi Billing (Penjualanan) untuk menjual paket internet kepada User/Pelanggan yang ingin menggunakan komputer warnet. Aplikasi Billing yang digunakan adalah Cyberindo Billing. 
Sebelumnya PC Server Game diletakkan diantara Komputer Client sehingga membuat Pelanggan sering menyala dan mematikan PC tersebut tanpa sepengetahuan saya dan menyebabkan PC Server Game terkadang Error (Gagal Booting Windows). Hal ini membuat saya merasa jengkel dan kerepotan untuk mengechek dan memperbaikinya. 
Beruntungnya, dengan adanya Fitur Remote Kontrol dari Aplikasi Cyberindo Updater untuk mengupdate Game Online saya tidak perlu banyak melangkah menuju Komputer Client. dengan jarak 5 langkah antara PC Billing dengan PC Server Game pun saya cukup menggunakan Aplikasi Team Viewer untuk mendorong (push) game ke Komputer Client. maksudnya, PC Server Game di remote control (diakses) dengan bantuan Aplikasi Team Viewer melalui PC Billing, misal saat saya harus mengutamakan Pelanggan yang mengeprint, mencari tugas sekolah, mengetik dokumen, ngeblog dan lainnya. Sembari melakukan kebutuhan pelanggan, saya pun dapat memantau PC Client yang sedang di update gamenya.
Lalu, Aplikasi apa yang digunakan untuk Meremote Desktop PC Server Game?
Bagaimana menerapkannya?
Banyak Aplikasi gratis yang tersedia untuk tujuan remote desktop, seperti : Team Viewer, Real VNC, Chrome Remote Desktop, Any desk dan lain-lain.
Disini, PC Server Game yang diakses dengan bantuan Aplikasi Remote Desktop menggunakan Any Desk, sebelumnya juga menggunakan Team Viewer tetapi lumayan berat digunakan. Selanjutnya untuk dapat koneksi remote, komputer yang akan di remote terlebih dahulu di install (pasang) aplikasi Any desk begitu juga komputer yang akan meremote (PC Billing).
Any desk adalah Aplikasi remote yang termasuk ringan dan multi user (bisa meremote banyak desktop). Untuk dapat terkoneksi remote, kedua (beberapa) User harus tersambung jaringan Internet dan terpasang Any Desk. Untuk mendapatkan Aplikasi Any Desk bisa klik disini.

Langkah Menginstall Any Desk :
*Klik Run (jalankan) Any desk lalu klik Install Any Desk on this computer...
*Klik Accept and Install lalu klik Get Started!
Sekarang, kita dapat melanjutkan proses remote desktop/PC lain dengan mengetikkan address/alamat desktop lain yang telah terpasang aplikasi Any Desk juga. Pada Tampilan yang muncul, status Any Desk-Address pun akan tersedia dengan sendirinya. Ingat, untuk saling koneksi keduanya harus tersambung jaringan Internet ya. Berikut tampilan di bawah ini...

*Ketikkan Alamat/Address Any Desk PC lain pada kolom Remote Desk, selanjutnya klik Connect

*Jika tersambung dan berhasil, Komputer yang di remote akan menampilkan permintaan Persetujuan yaitu Accept/Dismiss. Silakan klik Accept untuk melanjutkan konektivitas remoting desktop dari PC client yang di remote. 
Selanjutnya, kita bisa mengerjakan dan melakukan aktifitas penuh pada Komputer yang sedang di remote sesuai kebutuhan kita. 

Nah, kebetulan Owner Warnet ingin menempatkan PC Server Game dekat dengan PC Billing yang berada di Meja Operator, karena ruangan sebelumnya ingin ditempatkan 1 unit baru. Jadi perpindahan letak PC Server Game saat ini dekat dengan PC Billing. Adapun posisinya; CPU digantung di dinding tanpa Monitor/Desktop. Jadi selama CPU Server Game menyala/hidup, tugas saya mengupdate game tetap bisa berjalan yaitu dengan cara meremote Server Game melalui PC Billing. Terbayang oleh Anda, Bagaimana Caranya Meremote suatu PC Tanpa Monitor secara Otomatis saat PC (CPU) dihidupkan setelah proses booting windows selesai hingga ke Desktop? saya sendiri awalnya benar-benar Gagal Paham, namun setelah mendapat Petunjuk Artikel dari sih boss/Owner (melalui Messenger) untuk mencoba praktek langsung akhirnya saya ngeh wah.. 
Dengan menyetting Aplikasi Any Desk sebagai Program Startup saat komputer dihidupkan, kita pun dapat langsung meremote PC Server Game tersebut. 
Selanjutnya Any Desk juga harus di setting tanpa meminta Persetujuan, yaitu dengan dibuatnya Password. Agar saat ditampilkan otomatis, Fungsi remote tidak perlu menunggu Accept dari PC yang di remote. 

Cara Membuat Password Any Desk : 
*Pada Tampilan Any Desk, klik Set Password for unattended acces..
*Pada Halaman Settings>Security>Centang Enable unattended acces>buat Password karakter huruf dan angka. Selesai

Langkah Membuat Any Desk sebagai Program Startup Otomatis saat PC dinyalakan : 
Pada PC yang ingin di setting (PC Server Game) :
*Start Menu + Run > ketik Regedit *HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
*Pada halaman sebelah kanan klik New>String Value

*Buat Judul, misal : Any Desk dan isikan Value data berdasarkan lokasi folder program Any Desk berada : C:\Program Files\AnyDesk >OK. Selesai!

Sampai disitu Proses sudah berhasil untuk membuat Program Any Desk menjadi Aplikasi Start up otomatis saat PC dihidupkan. Selanjutnya, Restart PC dan cobalah buka Any Desk dari PC yang meremote. Maka akan muncul tampilan Any Desk yang meminta Password tanpa meminta persetujuan. Dan selanjutnya PC dapat diremote sesuai kebutuhan update dan chek games online, meski PC Server Game menyala tanpa memiliki Monitor sendiri. 
Demikian Artikel kali ini tentang Cara Remote Desktop, PC Server Game Tanpa Monitor dapat diakses Otomatis dari PC Billing yang memudahkan saya untuk mengerjakan Update games langsung dari PC Billing. Dan jika ternyata PC Server Game mengalami Error saat booting windows, maka CPU diturunkan dari atas dinding dan dibersihkan/di chek melalui monitor pc client. Terimakasih atas kunjungan sobat, Happy Weekend ^^

87 komentar:

  1. ini mungkin untuk mempermudah cara memantau pengguna PC sekali gus Client bisa di kontrol jarak jauh tanpa repot, kadang siih waktu sering ke warnet saya sengaja mengakali pemilik warnet dengan cara mengidupkan sebentar lalu saya matikan lagi agar mendapat waktu panjang namun tarip tetap...he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhapp, bettuul sekuualii mas :D

      Hehh?? waduh bahaya yg spt ini..
      bisa jd itu Aplikasi Billingnya yg digunakan gak aman. mesti pke Cyberindo tuh biar gk ad yg ngekill.

      Hapus
    2. aduh mang trik pos mah dibuka rahasia konsumen teh atuh ih....jadi ajah tuh bu owner pemilik warnet jadi bakalan waspada seh ah

      Hapus
    3. Jadi ingata trik saya waktu lagi seneng² maen ke Warnet..hahahaaaa

      Hapus
    4. huh....pak tuwa yang bandel juga rupanya bang icah teh..ih :D

      Hapus
    5. Wuih jail juga tuh mas trik, bisa-bisa tekor tuk pemilik warnet he..he..

      Hapus
    6. biarin tekor juga, yang punya warnetnya cantik sih....eh

      Hapus
    7. kaciah si neng tuh kalo dikibuli mulu sama pelanggan, hati2 neng ya harus diamankan biar gak kecolongan waktu, lagian kan ada pak dhe

      Hapus
    8. manis dan imut pula. awas dimana ada si manis pasti ada banyak semut

      Hapus
  2. ya oky lah nanti kapan kapan kalau ada rizQi buka warnet langsung Remote Desktop, PC Server Game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, mas
      Buka Usaha buat Investasi masa depan anak yaa..

      Hapus
    2. pinjemin modal Yu.....

      Hapus
    3. Bentar chek ATM dulu ya mas.. :D

      Hapus
  3. Wah saya jadi penasaran
    Dan langsung otak-atik penyesalan
    Menemukan remote yang kuinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn menyesal bun.
      hayuk kita Remote masa depan...
      chihahh :D

      Hapus
  4. Jadi pake any desk ya cara remote nya. Terima kasih sangat bermanfaat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pke anydesk emang ringan mas. Sipp, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  5. dikantor pake beginian sama tim IT. jadi mempermudah mengkontrol dan mengecek. jadi ngga bisa macam2 ama Penggunaan PC kantor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih keren tuh pengawasannya ya mas..
      gak berani online dong misal lg jam kerja..hehe

      Hapus
  6. Cukup simple sekali ya Mba..hhee

    BalasHapus
  7. keren keren, selalu ada aplikasi yang bkkin mudah suatu pekerjaan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin keren klo dicoba langsung.hehe

      Hapus
  8. Aku selalu bingung kalo ngomongin ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas perasaan tersebut.. :)

      Hapus
    2. belum bisa dicoba soalnya gk ada medianya :)

      Hapus
    3. Kalau gitu sama seperti saya mbak Anisa Ae.

      Hapus
  9. wuih ternyata dengan PC billing semua jadi dimudahkan dan disimpelkan ya, kayanya kapan ya saya bisa buka warnet

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kaya sih pakdhe, ngapain mikir lg kapan buka warnetnya :D

      Hapus
    2. jangan buka warnet Mang , buka yang lain aja...

      Hapus
    3. mendingan buka warnet atuh, masa saya harus prosotinkolornya mang Trik...emangnya saya cowo apaan, coba?

      Hapus
    4. kalu pak kades dateng pasti mah serrru

      Hapus
    5. Haha. mulai ngalur ngidul yg diatas.. :D

      Hapus
    6. ntar dulu ntar dulu ...maksudnya bukan apaan dulu coba..?

      Hapus
  10. Nah yang ini nih mbak yang sering saya lihat yang juga sering dilakukan oleh operator warnet membantu mempercepat update game dan ini sangat membantu sekali mbak.

    BalasHapus
  11. lagi-lagi tutor buat anak warnet ya hehehehe

    jadi proses update game client bisa dibantu ya mba, kirain dibantu dengan do'a hehehe ternyata bisa dengan tutor diatas ya. boleh lah saya cobain nih mba, ini yang ngewarnet disaya mah emang kerjaannya blogwalking sih jadi saya juga kurang update dengan tips-tips game onlen

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak hanya update game mas, tapi juga bisa mengontrol aplikasi lainnya

      Hapus
    2. Nah betul kata kang ifrod mas hendri, bs mengontrol aplikasi dan lainnya.
      saya jg tidak pandai main game online kok..hehe

      Hapus
    3. mungkin bisa mengontrol si dia neng

      Hapus
    4. yang kudu di kontrol itu stalking mantan kayaknya

      Hapus
  12. makin terasah yah ilmunya si non, jadi pengen buka usaha yang pake billing juga, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msh blum sebanding dgn ilmu sotoshopnya kang maman..hehe

      Hapus
  13. wah ini pemantauan jarak jauh nih jadi bisa di pantau tanpa repot :-) tau banget deh yang jaga OP warnet mah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an si non bisa buka warnet sendiri nanti...

      Hapus
    2. Amin... Semoga kita semua sukses di bidangnya masing-masing ya kang :-)

      Hapus
    3. Mantau PC kesayangan doi jg bs kang, tpi mesti koneksi internet loh yaa dan psng aplikasi remote desktopnya. dri hp jg bisa, teamviewer udh tersedia versi mobilenya..


      untuk do'a kang maman, saya aminkan. Kamsamnida kang..^^
      Sukses jg buat Kang Maman dan Mas Fendi.
      klo kata bahasa Thailandnya, "Su Su" klo bahasa gaul indo "Cemungutddd eaak" :D

      Hapus
    4. Atau warnet ini emang udah miliknya si Non yah, aduh, maafkan saya kalau saya salah yah.... :)

      Hapus
    5. wiw... bisa bahasa Thailand juga, hebat nie sobat kita yang satu ini, segala bisa, cemungguuutddd... hehehe...

      Hapus
  14. Wah bisa nih kalau pas kepikiran bikin warnet ps, iya kan hehehhehe

    BalasHapus
  15. sepertinya aku harus belajar lebih nih tentang ilmu pewarnetan di mbak Rahayu, tutorialnya lengkap beudd XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar mudah, praktenya yang agak mudeng mungkin mas kalo gak punya warnet

      Hapus
    2. Semangat mas indra, ntr buka warnet sekalian buka jasa vector jd mkin laris pelanggannya ya kan..

      prakteknya gak perlu mencoba buka warnet jg kang, ah kang ifrod lbh paham soal itu lah..hehe

      Hapus
  16. banyak sih aplikasi seperti ini neng, saya juga pake aplikasi untuk mengontrol pc di lab komputer sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang byk dan hampir sama fungsinya.
      pke aplikasi TV yah di lab kang?

      Hapus
  17. yang paling top untuk warnet, jangan biarkan pengunjung meng-install aplikasi lain tanpa ketahuan. itu bisa di set kayaknya neng

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saya blur kan address nya kang...
      heeh

      Hapus
  18. Lumayan rumit sih mba mungkin karena kurang terlalu paham, tapi penjelasannya cukup detil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggk kok sebenernya mas, ah cwok mah lbh jago lah soal aplikasi komputer..

      Hapus
  19. Tahunya Real VNC doang kayaknya Yu, saya. Yang kayak ginian bingung. Haha. Tapi dengan aplikasi kontrol jarak jauh ini lebih memudahkan dan keren deh.

    BalasHapus
  20. Tahunya Real VNC doang kayaknya Yu, saya. Yang kayak ginian bingung. Haha. Tapi dengan aplikasi kontrol jarak jauh ini lebih memudahkan dan keren deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun, jd mudah mengontrol komp desktop lain ya kan..
      mgkn gambar diatas yg bkin lieur bun, lgsg nyoba lbh enak bun..hehe

      Hapus
  21. MAntep dah para akhli teknologi ini... Semoga bisa jaga islam dah mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ahli mas.
      saya standar aja. :)

      Hapus
  22. wahh, agak rumit juga ya mbak. ini kayaknya ilmuy yang dibutuhkan oleh para penjaga warnet di seluruh tanah air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. bisa aja seluruh tanah air.
      gak serumit naklukkin hati cewek kok jev..haha

      Hapus
  23. Hmmm, tips bagus untuk para gamers nih.. :D

    BalasHapus
  24. Kalau tidak praktek langsung memang gagal paham nih.

    BalasHapus
  25. Ini jadinya lebih ringan yaa :)

    BalasHapus
  26. sepertinya boleh di coba remote desktop pake any desk ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boeh kang.. tapi bayar wkwk..

      Hapus
  27. kayaknya lebih komplit AnyDesk ya ketimbang TeamViewer??

    BalasHapus
  28. Kalau Teamviewer emang berat juga yah, mendingan pake AnyDesk,,, tapi kalau aplikasi remote yang baik biasanya minta izin dulu ke yang punya kompi untuk lakukan remote... coba kalau yang jahat,, pasti selonong aja...

    BalasHapus
  29. pake any desk ya mba..
    makasih, coba saya pelajari

    BalasHapus
  30. belum ada pos baru ya Mbakyu....apa lagi kebanyakan tamu....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga lagi nunggu nih update terbarunya, udah gak sabar pengen komentar wkwkwkaka...

      Hapus
    2. Lagi senang main youtube. Bosan dengan ngeblog.

      Hapus
  31. sepertinya harus baca berulang kali untuk bisa memahami tutorial ini :3

    BalasHapus
  32. Saat baca dengan teliti nih biar maknyuzz.

    BalasHapus
  33. bahasanya susah dimengerti nih mba buat saya, kalo misalnya pengen mantau anak buah saya nih gimana mba caranya bisa ga yah? Biar saya tau kerjaan anak buah saya tanpa harus duduk dibelakangnya hehe

    BalasHapus
  34. Wahh kerenn ini mbak..bolwh dicoba biar makin kekinian..hehe

    BalasHapus
  35. Wahh kerenn ini mbak..bolwh dicoba biar makin kekinian..hehe

    BalasHapus
  36. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pengembangan Komputer yang bisa anda kunjungi di Informasi Pengembangan Komputer

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design