10+ Alasan Drama Korea Jadi Pilihan

Sebagai Penggemar Drama Korea (Drakor) maka saya ingin mengupas sedikit Alasan Apa yang membuat saya tertarik, terpikat, terjatuh, bahkan tergila-gila menonton dan mengoleksi Drama Korea. Baru belakangan ini saya menelusuri semua web movie yang berisi drama korea, kemarin saya lebih menyukai Movie Thailand dan Indonesia. Saya orangnya, setiap 1 Judul drakor yang akan ditonton, saya terlebih dahulu melihat sisi cover film tersebut, kemudian mengenali Nama-nama Pemain (Actor) yang menjadi Bintang Utama dengan menelusuri gambar di google, lanjut mencari sinopsis atau review film tersebut. Ohya, soal tahun rilis (tayang) film pun menjadi point juga - terkadang saya bela-belain nonton film tersebut meski sudah tahun belakang, asal gak jadul-jadul amat..hehe

Nah, buat sobat lainnya yang doyan drama korea pasti juga punya alasan tersendiri Mengapa drama korea lebih diminati, disukai, dicintai? bukan cuma Anak Remaja aja loh, ternyata hampir kalangan Emak - emak (emak gaul) juga doyan mengadopsi sekaligus mengkonsumsi drama korea. hihi

Yuk simak dibawah ini 10+ Alasan Drama Korea Jadi Pilihan, tinggalkan komentarmu ya kalau punya alasan yang sama juga :)

10+ Alasan Drama Korea Jadi Pilihan 

1. Bintang Utama dan Pemainnya Cool/Keren 
Ini alasan paling utama, karena yang membuat jatuh hati oleh penonton itu ialah daya tarik dari wajah, senyum, dan figurenya yang cool. Plusnya lagi, kalau ngeliat di awal scene yang editingnya sengaja dibuat lebih lambat, lebih light itu bikin penonton kagum akan pesona pemain utama. Beneran, disitulah awal ketertarikan penonton semakin ingin melanjutkan episode demi episode. Mereka jadi bisa membayangkan dan menebak-nebak karakter pemain itu seperti apa. Tak boleh ketinggalan, Pemain Utama yang memiliki sisi humor juga menambah aura keren dan menarik. 

2. Judul Film dan Sinopsis/Plot Menarik
Judul yang menarik selalu membuat penasaran, ih pemainnya siapa, ih karakternya gimana, ih alurnya gimana ya, ih endingnya seru gak ya. Yang jelas, plot drama korea itu saling berkaitan dan gak melenceng jauh dari judul. Konflik dari Drama pun banyak diperjelas dalam bentuk Flashback meski tidak tayang dalam 1 Episode.  Tentunya ini menguras emosi pemain untuk segera melanjutkan episode berikutnya. Dan lagi, hampir banyak drama korea memiliki unsur dan jalan cerita berbeda, sepertinya mereka gak pernah kehabisan ide untuk menyajikan drama/film. Sangat berbeda dengan sinetron Indonesia yang sering dijumpai cerita gila serakah harta maupun perdebatan cinta. 

3. Isi Cerita dalam Episode biasanya Sulit Ditebak dan bikin Penasaran
Pernahkah sobat menantikan kelanjutan Episode Drama Korea untuk segera tayang? Sudah pasti menggebu-gebu! Karena Drama Korea yang baru tayang masih On Going biasanya 1 pekan hanya menampilkan 2 Episode. Tentu sobat merasa gelisah, gak tenang, penasaran, mikirin sambil nebak-nebak ngebayangin kelanjutan Episode berikutnya kira-kira gimana ya karena merasa gak puas di scene Episode sebelumnya begini dan begitu. Hahaha! dan setelah itu tidak jarang fans drakor bakal searching spoiler (beberan) drama dari 1 situs ke situs lainnya saking penasaran dan gak bisa nebak.. ohh Aigoo...

4. Jumlah Episode Drama Korea gak sebanyak Episode Sinetron Indonesia
Jumlah Sinetron Indonesia itu bisa hingga ratusan, dan bahkan alur ceritanya melebar kian meluas sampe menguras jiwa dan emosional (kesel, marah) penonton. Judul dan Alur cerita sudah makin gak ketemu deh. Berbeda dengan Jumlah Episode Drama Korea, hanya sekitar 15-20 Episode dan gak bikin emosional penggemar benar-benar kacau. Beda loh amarah atau dendamnya orang Indonesia dan Korea dalam Film? Kalau Korea itu halussss banget. hahaha
Dan setiap Episode di drama korea itu saling diperjelas unsur ceritanya "karakternya gimana, semasa kecilnya gimana, masa lalunya gimana, buruk baiknya gimana".

5. Genre Drama Korea hampir tak ketinggalan Romance
Iya kan? Hampir merata jawaban Penggemar Drama Korea pasti suka dengan genre Romance (Romantis). Apa karena semua wanita itu suka yang berbau romantis ya? mungkin benar, bahwa Wanita itu suka diperlakukan romantis dan istimewa. Nah serunya, Drama Korea selalu punya keunikan tersendiri, mereka menyajikan film selalu berbeda plot dalam hal percintaan. Misalnya Film yang telah saya tonton di tahun ini : Lets Fight Ghost (2016); Park Bong Pal, Pengusir Hantu yang bertemu dengan Hantu cantik, Hyun Ji dan akhirnya bersama dipertemukan kembali di dunia nyata bahwa Hyun Ji telah sadar dari keadaan kritisnya setelah 5 tahun. W - Two Worlds (2016); Oh Yun Joo, Dokter Bedah cantik yang jatuh cinta dan masuk ke dunia komik bertemu dengan Kang Chul, Tokoh Utama Komik yang kemudian menjadi pasangan di dunia komik dan akhirnya bisa menyatu menjadi pasangan di dunia sesungguhnya (dunia nyata). Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo/ (2016); Wanita Modern, Go Ha Jin yang terseret ke abad Goryeo (sejarah Kerajaan Korea) saat tenggelam ke sungai ingin menyelamatkan anak kecil dan muncul di pemandian Para Pangeran ganteng memasuki tubuh Hae Soo hingga ia dicintai dan dimiliki oleh Wang So, Pangeran keempat yang menjadi Raja. Hampir banyak Drama Korea selalu menggambarkan fantasi-fantasi unik dan menonjolkan budaya mereka. 

6. Scene dan Adegan Pemain terlihat Menakjubkan dan Mempesona



Pemain yang bener-bener menghayati karakternya dalam film sangat membuat Penggemar berdecak kagum, takjub dan terpesona. Apalagi Pemain yang berlawanan jenis diciptakan saling mencintai dan bersama, dan itu rasanya chemistry mereka saling klop. Pasti penggemar menginginkan mereka untuk menjadi pasangan yang sesungguhnya, tak hanya dalam drama saja. Drama Korea memang selalu menjuarai hati penonton, misalnya beberapa scene yang menampilkan keharmonisan dan keromantisan dengan lawan karakternya, scene saat musim salju datang, adegan bedah operasi dunia kedokteran dalam Film Doctor Stranger (2014), Blood (2015), Doctors (2016) yang membuat pemain utama terlihat semakin cool dan mengagumkan, atau adegan bela diri dalam drama Sageuk (tentang Kerajaan) di Film Arang and The Magistrate (2012), Scholar Who Walks The Nights (2015), Moonlight Drawn By Clouds (2016)

7. Soundtracknya Enak didengar dan Menyentuh Hati
Drama Korea merupakan Drama yang paling sukses bikin penggemarnya baper. Selain Pemainnya keren dan mainnya apik, Ost (Original Soundtrack) di drama korea itu hampir rata-rata enak didengar lho, beneran menyentuh hati juga - yang tadinya mata cuma berkaca-kaca, saat Ost nya kedengaran disitu air mata langsung banjirin pipi. Buat yang suka koleksi Ost Drama Korea atau penggemar K-Pop, boleh deh coba play sound di Film Cinderella and Four Knights (2016) hampir semua Ost nya ini asyik banget; Confession, For You, I Believe, Only One, Without You, My Romeo, If I Meet You Again Someday.

8. Make Up Pemain Natural cocok dengan Fashion yang modis
9. Dialek (Pengucapan) Korea enak didengar dan mudah dipelajari
10. Drama Korea selalu mengangkat Nilai Tradisional dan Budaya yang Unik serta mengambil Pemandangan Korea yang bagus, indah dan menawan (berasa pengen ke Korea kan?)
11. Mengandung Filosofi Kehidupan yang kuat dan berani mewujudkan sebuah Mimpi.

Nah, gimana dengan kamu sob? Apakah Alasan diatas sama dengan alasan kamu suka dengan Drama Korea? atau ada tambahan alasan Kenapa Drama Korea jadi Pilihan Sobat? 

46 komentar:

  1. Selain jalan ceritanya, yang membuat drama korea banyak ditonton pasti artisnya yg canti-cantik dan juga ganteng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu yg pling utama memang mas. hehe

      Hapus
    2. kang isrof tau juga yg cantik hehe

      Hapus
  2. walah,, gak pernah nonton drakor mbak. sukanya nonton film sci-fi hollywood.
    jadi nggak bisa komen banyak,, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apa" mas, hoby msing" kan berbeda..
      hehe

      Hapus
    2. pede dikit gak apa apabkan?

      Hapus
  3. Benar sekali mbak, rata-rata penggemarnya cewek, tapi kalu cowok jarang yah penggemarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget mas, mgkn krna cwok gak suka genre drama. cwok lbh suka genre action, thriller atau horror yaa^^

      Hapus
  4. saya juga suka, meskipun saya juga suka anime, holywood drama korea juga,, salah satu contoh drakor yang saya sukai judulnya beautiful mind keren abiss... :), meskipun ada beberapa lagi seperti doctor dan lain-lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh beuatiful mind yg cweknya park so dam main di film Cinderella ya rupanya..
      seru tuh ya mas?

      Hapus
    2. bisa ditebak nih....kalau cewek demen sama film korea....pasti itu cewek suka adegan yg bikin heeeemmmm.....

      Hapus
    3. beutiful itu bahasa apa ya...?

      Hapus
  5. Descendant of the sun itu doang yang saya pernah khatam :D
    dulu suka drakor jadul seperti Full House & endless Love & film korea paling romance tahun 2001 "My Sassy Girl"

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren dong mas udh khatam..
      saya DOTS malah msh separoh nontonnya.
      full house yg versi thailand oke jg loh,hehe
      jhiahh tahun belakang saya gk prnh tau yg my sassy girl malah mas, bru ini jg demam korea mah :D

      Hapus
    2. film My Sassy Girl tahun 2001, rekomen banget dari saya mbak, wajib nonton itu, most romantic movie ever :D
      bdw, My Sassy girl bukan yang versi 2015, tapi versi 2001

      Hapus
  6. Ya sudahlah, kalau begitu aku mau pindah profesi saja lah, jadi Artis korea :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. bolehlah mas.
      jgn lupa udh jd artis, ngajakin aku ke korea yaa :D

      Hapus
  7. Jujur mbak saya belum pernah lihat film korea deh, tapi kayaknya bakal seru kalau ditonton dengan kekasih ya bisa agar tertular romantisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton bareng saya aja kang.. pasti lebih romantis haha...

      Hapus
    2. Nonton sendiri aja kang.
      klo nnton breng pacar mending ke bioskop aja :D

      Hapus
  8. Yang pasti sebagai laki2 tulen, liat film korea itu yakin pasti karena suka sama pemeran ceweknya yang cantiq-cantiq, hehehe...

    BalasHapus
  9. sepakat jika keudian kita emang memiliki 10 alasan nonton drama korea, yang jadi persoalan buat saya mah sehabis nonton drama korea, suka lantas tergoda mencari situs panas dari Korea....hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah gitu, pasti 'larinya ke mana-mana, hahaha...

      Hapus
  10. Membaca alasannya sepertinya menarik, jadi pengen nonton :D

    BalasHapus
  11. mba.. kita nonton yu, drama korea yang romantiis..

    BalasHapus
  12. saya suka dengan ceritanya, tapi sebagian orang bilang pemainnya cantik dan ganteng, ya begitulah, hehe

    BalasHapus
  13. yang paling disukai sama cewek sama drama korea ini ya artis cowoknya itu yang cool", buktinya banyak cewek yang nyetak foto artis cowok korea di tempat saya. hayo ngaku iya kan?? hehee

    BalasHapus
  14. artisnya bening beniiing ...
    asyiik tipiku nyangkut channel korea : "Arirang".

    BalasHapus
  15. waah kalau neng Ayu demen ma film korea berarti kita se hoby doong..? suka juga suka lho....

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu juga saya mas trik euy :D

      Hapus
  16. poin poinnya sama pendapat dengan saya. sinetron Indonesia baiknya meniru perfilman korea

    BalasHapus
  17. Takutnya kalau abis nonton dram korea jadi ngayal pengen dapet bini kek orang2 korea,,, XD

    BalasHapus
  18. saya lagi prefer ke japan,
    hehe maaf ya,hehehe

    BalasHapus
  19. saya setuju banget sama point ke 4, walaupun gak sering banget nonton.. (cuma love rain sama master's sun). Tapi emang ost nya bagus2 biasanya, yang sekarang2 ini jealously incarnest atau apalah itu ostnya bagus tuh yang english

    BalasHapus
  20. Hahahah, iya bangetlah. Tapi aku tetep suka film, bukan yang drama. Yang sekali habis itu lho

    BalasHapus
  21. setuju sekali, actingnya memaang keran. Tidak merem melek ,coba perhatikan actris Indonesia, elbih sering matanya berkedip-kedip. Alapagi suaranya yang kenceng dan teriak-teriak. Bikin gimana gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum lagi iklan 'baligo jadi-jadian' yang selalu menghiasi... hadeeuuhhh...

      Hapus
  22. Suatu hari saya kaget sebab salah satu drive di komputer saya kok penuh. Lalu saya cek, eee ternyata ada yang numpang nyimpan banyak drama korea di komputer saya :)

    BalasHapus
  23. drama korea memang banyak yang minat salah satunya di kalangan para cewe ya mb rahayu maknyus aja mb, lama ga mampir :D

    BalasHapus
  24. Aku kenapa ya nggak terlalu suka sama drama korea, hmm apa karena aku belum pernah nonton wkwk :p

    BalasHapus
  25. bukannya aku gak suka dengan karya anak bangsa, tapi jujur dibanding sinetron meding liat drama korea...

    BalasHapus
  26. alhamdulillah gak pernah nonton koreaan. paling seneng film action sama nonton berita dan talkshow

    BalasHapus
  27. Pertama kali nonton drama korea pas filmnya BBF sama Jewelindeperes...
    Seru...abis itu udah ngak pernah nonton lagi deh...

    BalasHapus
  28. pokoke drama korea itu beda sama sinetron indonesia yang tamatnya ampe berabad2 :D

    BalasHapus
  29. Bener semua tuh Yu...soundtrack yg oke banget ngena. Udah gitu episodenya dibatasi yak. Ada juga sih yang sampai 100, tapi biasanya tanyang tiap hari, terus ga ada sequelnya...

    BalasHapus

Koment aja sob selagi gratis, tapi jangan nyepam link hidup!

Copyright © Catatan9empat. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design